Haram Tidak Bertegur Sapa Melebihi 3 Hari

Haram tidak bertegur sapa melebihi 3 hari di dalam ajaran agama Islam bisa sama dengan memutus tali silaturahmi, entah itu dengan saudara atau teman. Namun, sebaiknya melihat secara jelas ulasan mengenai mengapa tidak bertegur sapa saja dianggap haram. Diluar sana padahal ada orang-orang yang mungkin sibuk karena pekerjaan sehingga tidak sempat menghubungi keluarga atau teman dan bisa lebih dari 3 hari.

Haram Tidak Bertegur Sapa Melebihi 3 Hari

Haram Tidak Bertegur Sapa Melebihi 3 Hari dalam Islam
Tidak bertegur sapa dengan sesama orang Islam menjadi haram atau dianggap haram apabila dua atau lebih orang tidak bertegur sapa disebabkan oleh adanya pertengkaran. Ingat bahwa pertengkaran dan pergaduhan tidak diperbolehkan di Islam. Biasanya disebut juga pergaduhan dan pertelingkahan di mana perhaduhan itu memiliki ikatan dengan perkara dunia dan hal tidak bertegur sapa dengan sesama Islam melebihi tiga hari menjadi haram. Adakah dalil yang bisa menguatkan hal tersebut?

1. Rasulullah pernah bersabda dari Anas ra. bahwa sesama orang Islam sebaiknya tidak memutus tali persaudaraan. Tidak boleh saling menghasut satu sama lain, tidak boleh saling membenci, dan tidak boleh saling membelakangi karena menjadi hamba Allah yang bersaudara adalah yang paling diharapkan. Seorang Islam yang mendiamkan (sama dengan tidak menegur sapa) saudaranya lebih dari tiga hari maka tidak akan dihalalkan yang juga diartikan sebagai hal yang haram.

2. Ditambahkan juga oleh Rasulullah dalam sabdanya dari Abu Ayyub ra. bahwa seorang Islam tidak dihalalkan untuk tidak bertegur sapa 3 hari dengan saudaranya dan jika kalau masing-masing tidak mau saling menatap ketika bertemu karena pada dasarnya ketika bertemu saudara hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengucap salam lebih dulu di antara keduanya.

3. Ada sabda Rasulullah juga di salah satu hadits bahwa amal perbuatan umat Islam akan dihadapkan setiap Senin dan Kamis dan setiap dosa mereka yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akhirnya diampuni, namun ada pengecualian di sini. Orang yang tengah bertengkar, berseteru atau berselisih dengan saudaranya tidak akan diampuni sampai mereka berbaikan atau damai kembali.

4. Haram tidak bertegur sapa dengan saudara dikuatkan lagi oleh sabda Rasulullah lainnya tentang bagaimana hubungan baik di antara sesama bangsa Arab akan selalu dirusak oleh setan karena pada dasarnya si setan menyerah untuk menerima penyembahan di Jazirah Arab. Jadi sama saja kalau kita tidak bertegur sapa dengan saudara kita, entah ia yang punya salah atau justru kita yang bersalah, semua itu adalah pekerjaan setan yang membuat hubungan sesama saudara rusak dan tidak baik di mata Allah.

5. Rasulullah tidak berhenti di situ, ada sabda lain yang berbunyi bahwa siapapun yang mendiamkan saudaranya bahkan selama setahun, itu sama dengan ia menumpahkan darahnya.

6. Dari Abu Hurairah ra. pun Rasulullah juga bersabda bahwa tidak dihalalkan untuk orang Islam tidak bertegur selama tiga hari dan bahkan lebih, apabila hal itu terjadi, maka orang tersebut akan mati dan masuk ke neraka.

7. Yang terakhir sabda Rasulullah tentang hal ini adalah bahwa seorang mukmin yang tidak menegur sesama mukmin juga tidak dianggap halal apalagi kalau mendiamkannya lebih dari tiga hari. Rasulullah memerintahkan untuk salah seorang di antara keduanya menemui duluan dan mengucap salam; kalau yang lain menjawab salam tersebut, pahala diberikan kepada mereka, tapi jika tidak menjawab salam, dosanya dan dosa orang yang mengucap salam lebih dulu diborong oleh orang tersebut. Inilah fakta tentang haram tidak bertegur sapa melebihi 3 hari.
0 Komentar untuk "Haram Tidak Bertegur Sapa Melebihi 3 Hari"

Back To Top