Awas, Perokok Pasif Lebih Berbahaya dari Perokok Aktif

Merokok merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang, orang yang merokok adalah perokok aktif sedangkan orang yang berada disekitarnya adalah perokok pasif dan Awas, perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif. Benarkah demikian? Bagaimana penjelasannya?

Awas, Perokok Pasif Lebih Berbahaya dari Perokok Aktif

Awas, Perokok Pasif Lebih Berbahaya, Inilah Penjelasannya
Merokok merupakan kegiatan yang dapat membahayakan kesehatan para pemakainya karena didalam rokok terdapat kandungan zat racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti nikotin, namun ternyata bahaya rokok yang lebih parah adalah terhadap perokok pasif yaitu orang yang berada disekitar perokok namun mereka tidak merokok. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berikut adalah penjelasan bahaya rokok bagi perokok pasif:

1. Asap rokok mengandung banyak racun
Asap rokok yang dihirup oleh perokok pasif mengandung banyak berbagai zat beracun, diantaranya adalah:

- Tar
Tar dalam rokok dapat mengakibatkan iritasi pada paru-paru dan juyga dapat memicu terjadinya kanker. Zat ini sangat berbahaya bagi perokok pasif ketimbang perokok aktif karena perokok pasif dapat menghirup tiga kali lebih banyak konsentrasi tar dari pada perokok aktif.

- Nikotin
Nikotin dalam rokok dapat meningkatkan tekanan darah, penyempitan pembuluh darah, kerusakan saraf, dan menyebabkan ketergantungan.

- Karbon monoksida
Asap rokok yang dihirup mengandung karbon monoksida yang sangat berbahaya bagi tubuh. Zat ini dapat menurunkan kadar oksigen dalam darah sehingga dapat memicu sakit jantung.

- Bahan kimia berbahaya
Bahan kimia yang terdapat dalam rokok dapat memicu timbulnya sel kanker dalam tubuh.

2. Asap rokok menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan. 
Asap rokok yang telah bercampur dengan udara dan kemudian dihirup oleh para perokok pasif dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mematikan.

Berikut adalah bahaya dan dampak negatif perokok pasif diantaranya adalah:

- Kanker paru-paru
Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis penyakit mematikan dan mayoritas penderitanya adalah para perokok pasif. Hal ini terjadi karena asap rokok yang telah dihirup mengandung lebih dari 4.000 zat kimia dan 69 diantaranya adalah zat penyebab kanker.

- Asma
Banyak kasus yang menyebutkan bahwa penykit asma timbul karena ketidaksengajaan menghirup udara yang mengandung asap rokok.

- Jantung koroner
Salah satu bahaya asap rokok bagi perokok pasif adalah berisiko terserang penyakit jantung koroner. Banyak kasus yang menyebutkan bahwa penyakit jantung koroner disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat yaitu lingkungan yang tidak bebas dari asap rokok.

- Keguguran
Banyak kasus yang telah mencatat bahwa banyak wanita mengalami keguguran karena telah banyak menghirup asap rokok yang telah bercampur dengan udara.

- Bayi lahir prematur
Bayi prematur merupakan bayi yang dilahirkan sebelum waktunya karena beberapa faktor. Bayi yang dilahirkan secara prematur banyak disebabkan oleh banyaknya asap rokok yang telah dihirup oleh ibunya selama mengandung.

- SIDS
SIDS adalah kematian pada bayi secara mendadak, hal ini banyak disebabkan oleh efek dari rokok pasif.

- Anak mengalami ketulian
Kasus ketulian yang terjadi pada anak-anak banyak disebabkan oleh asap rokok karena asap rokok ini sangat rentan terhadap infeksi pada telinga bagian tengah dan juga lilin telinga sehingga dapat menyebabkan ketulian.

- Obesitas
Obesitas adalah kelebihan berat badan yang sering dialami oleh banyak orang. Salah satu faktor penyebab obesitas adalah asap rokok karena asap ini mengandung nikotin yang dapat membuat kecanduan. Semakin banyak nikotin yang dihirup oleh tubuh maka semakin besar resiko mengalami obesitas.

- Gangguan pernapasan
Gangguan pernapasan disebabkan karena tubuh tidak bisa menghirup udara dengan bebas. Hal ini disebabkan oleh asap rokok yang telah bercampur dengan udara yang telah dihirup. Gangguan pernapasan ini terjadi pada anak-anak dan dewasa yang umumnya merupakan perokok pasif.

Itulah beberpa informasi tentang bahaya kandungan rokok bagi perokok pasif dan Awas, perokok pasif lebih berbahaya terkena dampak buruk dari pada parokok aktif.
0 Komentar untuk "Awas, Perokok Pasif Lebih Berbahaya dari Perokok Aktif"

Back To Top