Ashin Wirathu, Biksu Radikal Dalang Penyiksaan Rohingya

Myanmar merupakan negara yang memiliki penduduk mayoritas memeluk agama Budha, negara ini dihebohkan oleh kemunculan Ashin Wirathu, biksu radikal dalang penyiksaan Rohingya. Pasalnya biksu ini telah menyiksa Rohingya yang mayoritas merupakan kaum muslim, sehingga banyak diantara mereka yang melarikan diri dari negara tersebut karena ketakutan. Tidak hanya itu saja, Ashin Wirathu juga telah menanamkan kebencian kepada seluruh masyarakat Myanmar. Siapakah biksu Ashin Wirathu? Apa motif dibalik sikap radikalnya?

Ashin Wirathu, Biksu Radikal Dalang Penyiksaan Rohingya

Inilah Ashin Wirathu, Biksu Radikal Dalang Penyiksaan Rohingya
Banyak media yang telah menyorot dan menelusuri profil Ashin Wirathu, biksu radikal dalang penyiksaan muslim Rohingya. Berikut adalah profil dan informasi seputar Ashin Wirathu:

1. Asal usul Ashin Wirathu
Ashin Wirathu adalah seorang biksu yang berasal dari Mandalay yang lahir pada tahun 1968. Semasa kecilnya dia tidak mendapatkan pendidikan yang layak karena harus putus sekolah pada usia 14 tahun, sehingga dia memutuskan untuk memperdalam ilmu Budha dan mengabdikan dirinya untuk menjadi biksu.

Pada tahun 2001 Biksu Ashin Wirathu mulai dikenal publik karena bergabung dengan kelompok antimuslim ‘969’. Dia juga sempat dipenjara selama 25 tahun karena aksinya di tahun 2003 dan ternyata dia mendapat keringanan hukuman sehingga pada tahun 2010 biksu ini sudah dibebaskan.

2. Awal karir Ashin Wirathu sebagai tokoh masyarakat
Ashin Wirathu menyebarkan ajarannya dengan berceramah menggunakan media Youtube dan Facebook. Melalui media ini perkembangan ajarannya dapat menyebar dengan cepat hingga mencapai pengikut sekitar 37 ribu orang.

Ashin Wirathu semakin dikenal setelah terjadinya peperangan antara Rohingya dan Buddhis yang terjadi pada tahun 2012 di Provinsi Rakhine yang memakan banyak korban jiwa. Dia sangat berapi-api dan semangat dalam mengobarkan peperangan melawan Rohingnya. Inilah sosok Ashin Wirathu, biksu dalang penyiksaan Rohingya.

3. Alasan Ashin Wirathu membenci Rohingya
Ashin Wirathu sering kali melontarkan alasan yang tidak masuk akal mengapa dia membenci Rohingya. Menurutnya kaum muslim hanya akan meningkatkan tingkat reproduksi sehingga dia membuat peraturan yang melarang wanita Buddhis menikah dengan pria beragama lain khususnya muslim. Biksu ini juga seringkali menyebarkan kebencian kepada kaum muslim dan mengkambinghitamkannya sehingga kaum muslim selalu terpojok tidak berdaya, selain itu dia bahkan memimpin demonstrasi yang mendesak pemerintah untuk memindahkan orang-orang Rohingya kenegara ketiga.

4. Musuh Ashin Wirathu
Ashin Wirathu sangat memusuhi orang yang memiliki pemikiran yang berbeda dengan dirinya dan dia akan gencar menyerang orang-orang yang tidak sependapat dengannya. Sehingga mayoritas penduduk takut dengan biksu ini karena kekejamannya dan dia telah mendapat dukungan penuh karena status kewarganegaraan orang-orang Rohingya.

5. Pendapat biksu lainnya
Banyak biksu yang tidak setuju dengan tindakan yang dilakukan oleh Biksu Ashin Wirathu, dalang penyiksaan muslim Rohingya karena tidak sesuai dengan ajaran Buddha, namun kebanyakan dari mereka hanya diam karena takut akan diserang. Ashin Wirathu telah memimpin para biksu yang berada di biara Mandalay yang berjumlah sekitar 2.500 biksu.

U Ottara adalah seorang biksu yang tidak setuju dengan tindakan Ashin Wirathu, tetapi dia malah mendapatkan kritikan dari biksu lainnya.

6. Mengapa pemerintah Myanmar hanya diam saja?
Myanmar merupakan negara yang belum sempurna menjalankan reformasinya setelah dikuasai oleh militer. Dengan adanya Ashin Wirathu yang memiliki pandangan populer dapat menjadi delegasi pemerintah untuk menyuarakan keinginannya yang selama ini terhambat oleh urusan diplomatik.

7. Pendapat wanita Myanmar
Para wanita di Myanmar merupakan golongan yang sangat menetang keras peraturan Ashin Wirathu yang melarang setiap wanita menikah dengan pria beragama lain. Mereka beranggapan bahwa larangan tersebut bukan untuk melindungi para wanita tetapi untuk mengontrol wanita.
Itulah beberap informasi seputar Ashin Wirathu, biksu radikal dalang penyiksaan Rohingya yang telah menyebarkan kebencian dan ketakutan di masyarakat.
0 Komentar untuk "Ashin Wirathu, Biksu Radikal Dalang Penyiksaan Rohingya"

Back To Top