Ini Dia Penyebab Feses Berwarna Hitam

Feses merupakan produk buangan saluran pencernaan dan dapat dijadikan indikasi kesehatan seseorang. Pada umumnya, feses berwarna coklat atau kuning, tapi pada kondisi tertentu juga bisa berwarna hitam. Warna pada feses ini dipengaruhi oleh jenis makanan yang kita konsumsi. Apabila feses berwarna hitam itu berarti terdapat kandungan darah di dalamnya. Darah ini juga berasal dari bagian saluran pencernaan. Untuk itu simaklah artikel ini, penting! Ini dia penyebab feses berwarna hitam.

Ini Dia Penyebab Feses Berwarna Hitam

Hal Penting! Ini Dia Penyebab Feses Berwarna Hitam

1. Peptic ulcer
Dalam bahasa sehari-hari, penyakit ini lebih dikenal dengan tukak lambung atau bisul perut. Penyebab dari penyakit ini adalah Helicobacter pylori. Selain itu juga obat nyeri yang berlebihan, merokok, dan juga alkohol. Hal ini menyebabkan luka terbuka pada perut, usus halus, bahkan kerongkongan. Sehingga salah satu penyebab feses warna hitam karena luka yang semakin memburuk.

2. Gastritis
Penyakit ini lebih dikenal dengan radang perut dimana terdapat radang di dalam selaput perut. Pada umumnya, penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri, konsumsi alkohol dan obat tertentu secara berlebihan, dan merokok. Apabila Anda terinfeksi penyakit ini segeralah untuk mengonsultasikannya dengan dokter untuk mencari penyambuhan yang paling tepat. Apabila hal ini semakin memburuk, tidak hanya berpengaruh pada warna feses yang hitam. Tapi juga dapat menyebabkan mual, muntah darah, dan hilangnya nafsu makan.

3. Air mata Mallory-Weiss
Penyakit ini memang jarang ditemui, tapi tetap harus di waspadai. Air mata ini dihasilkan oleh mukosa, yakni di bagian esophagus yang memenuhi perut. Air mata ini akan keluar apabila terjadi batuh yang berlebih dan dengan tenaga yang kuat, bisa juga karena kejang atau muntah. Selain menyebabkan feses berwarna hitam, penyakit ini juga menyebabkan penderitanya muntah darah. Biasanya, penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya sekitar 10 hari. Jika tidak segera sembuh, maka penderita akan mengeluarkan banyak darah sehingga diperlukan transfusi darah untuk menggantinya.

4. Divertikulitis
Diverticula merupakan menggembungnya titik-titik yang berbeda pada dinding usus. Penyebab dari penyakit ini belumlah pasti, tapi dimungkinkan karena gaya hidup yang tidak sehat, merokok, diet serat pada usia 40 ke atas. Selain itu juga adanya infeksi bakteri yang menyebabkan divertikula meradang dan pecah sehingga memicu pendarahan di bagian dubur dan membuat feses berwarna hitam.

5. Penyakit Crohn
Penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi di saluran usus. Meskipun semua dari sistem pencernaan juga bisa terserang, biasanya usus besar dan kecil membengkak. Bahkan peradangan bisa sampai ke jaringan usus. Penyebab dari penyakit ini belum jelas, tapi dimungkinkan karena riwayat keluarga dan kebiasaan merokok.

6. Kanker usus besar
Biasanya kanker ini di awali dengan adanya tumor di usus besar. Tumor ini menyebabkan pendarahan pada usus besar dan membuat feses berwarna hitam menyakitkan. Penyakit kanker usus besar merupakan penyakit yang berat sehingga perlu adanya pengobatan yang sesuai dan segera.

7. Fisura anal
Penyakit ini merupakan kondisi dimana terjadinya kerusakan pada lapisan anus. Lebih jelasnya, terjadi perobekan pada lapisan anus dan semakin parah saat dilalui oleh feses. Sehingga terjadi perdarahan dan itulah kenapa feses berwarna hitam. Penyebab utama penyakit ini adalah sembelit kronis dimana feses terlalu keras saat dikeluarkan.

8. Wasir
Terjadi pembengkakan pada pembuluh darah di bagian lubang anus. Peradangan dapat berlanjut hingga pecah. Perdarahan ini sebagai penyebab BAB berwarna hitam. Penyebab utamanya adalah terlalu sering duduk, aktifitas yang terlalu berat, dan kehamilan.

Demikian adalah info penting! Ini dia penyebab feses berwarna hitam. Hal ini dapat dijadikan indikasi bahwa ada yang salah dengan kesehatan kita.
0 Komentar untuk "Ini Dia Penyebab Feses Berwarna Hitam"

Back To Top