8 Jimat Klasik yang Dimiliki Orang Indonesia

Orang Indonesia merupakan salah satu orang yang memiliki keunikan tersendiri dimata dunia karena beberapa hal, salah satu hal yang menarik dari orang Indonesia adalah mereka mempercayai beberapa barang dan dianggap jimat, ternyata ada 8 jimat klasik yang dimiliki orang Indonesia dan telah terkenal diseluruh dunia. Apa saja jimat klasik orang Indonesia?

8 Jimat Klasik yang Dimiliki Orang Indonesia

Inilah 8 Jimat Klasik yang Dimiliki Orang Indonesia Hingga Saat Ini
Indonesia memang memiliki kekayaan yang sangat melimpah, bukan hanya kekayaan alam dan budayanya, ternyata Indonesia juga menyimpan banyak jimat tradisional yang banyak dipercaya oleh masyarakat luas. Hal ini merupakan salah satu bentuk budaya tradisional meskipun agak menyimpang dari ajaran agama karena orang Indonesia selain mempercayai adanya Tuhan tetapi juga mempercayai benda-benda keramat yang mereka anggap sebagai jimat yang dapat digunakan sebagai pelindung.

Berikut adalah 8 jimat asli orang Indonesia yang telah banyak digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat:

1. Keris mandraguna
Keris merupakan salah satu pusaka yang banyak digunakan oleh orang-orang jaman dahulu atau jaman kerajaan. Sebuah keris biasanya memiliki kekuatan yang sangat besar dan sering dihubungkan dengan ilmu ghaib, sehingga biasanya ada semacam ritual khusus yang diperuntukkan untuk keris tersebut. Selain itu biasanya keris juga dimasuki jin oleh pemiliknya sehingga dapat memperkuat kekuatan pusaka tersebut. Sekarang ini ternyata masih banyak orang Indonesia yang memiliki benda pusaka ini dan digunakan sebagai jimat penangkal atau jimat keselamatan.

2. Tulang dan rambut
Tulang dan rambut biasanya disimpan oleh seseorang dan digunakan sebagai jimat penangkal bahaya. Jimat jenis tulang dan rambut ini biasanya berasal dari tulang dan rambut manusia yang sudah meninggal dunia sehingga kedua benda ini dipercaya memiliki kekuatan ghaib yang dapat menangkal segala macam bahaya. Hal ini merupakan salah satu keunikan jimat bagi orang Indonesia.

3. Tasbih jampi-jampi
Tasbih merupakan alat yang digunakan seseorang untuk beribadah kepada Tuhan, namun tasbih yang digunakan sebagai jimat merupakan tasbih yang sudah diisi dengan jampi-jampi atau doa khusus dan menggunakan ritual untuk mengisinya. Tasbih ini dipercaya dapat digunakan sebagai jimat penangkal atau jimat pelindung sehingga banyak orang Indonesia yang menggunakan jimat jenis ini karena mudah didapatkan.

4. Tongkat jimat berbentuk ular
Tongkat merupakan salah satu benda pelengkap yang sering digunakan oleh seseorang karena suatu alasan. Biasanya orang yang menggunakan tongkat adalah orang-orang yang memiliki kekuatan besar, contohnya adalah Bung Karno yang selalu menggunakan tongkat dalam setiap kegiatannya. Namun ternyata selain sebagai pelengkap benda ini juga dapat digunakan sebagai jimat dan tongkat yang digunakan sebagai jimat biasanya berbentuk tidak lazim seperti bentuk ular lengkap dengan kepalanya.

5. Kepala harimau
Harimau merupakan salah satu binatang yang paling ditakuti karena sangat buas dan memiliki kekuatan yang besar. Banyak orang yang memburu binatang ini untuk diambil kulit dan kepalanya sehingga binatang ini hampir mengalami kepunahan. Kulit harimau biasanya digunakan sebagai bahan dasar pakaian dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi, sedangkan kepalanya digunakan sebagai hiasan rumah atau bahkan dijadikan jimat oleh seseorang karena dianggap memiliki kekuatan ghaib.

6. Rompi rajah
Orang Indonesia dan jimatnya memiliki hubungan yang sangat dekat sehingga ada beberpa jimat yang dibuat khusus untuk kenyamanan penggunanya, salah satunya adalah jimat rompi rajah. Jimat ini berbentuk seperti rompi baju dan bahkan seperti rompi anti peluru yang ditulis rajah. Jimat rompi ini biasanya digunakan sebagai jimat pelindung seseorang agar memiliki kekebalan tubuh yang sangat kuat.

7. Batu, paku, dan keris kecil
Jimat selanjutnya adalah berupa batu, paku, dan keris yang berukuran kecil yang dipercaya memiliki kekuatan ghaib yang dapat melindungi orang yang membawanya.

8. Koin kuno
Jimat koin kuno biasanya digunakan untuk menarik rejeki yang banyak dan juga dapat digunakan sebagai penangkal segala musibah.

Itulah 8 jimat klasik yang dimiliki orang Indonesia dan telah banyak digunakan oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan.
0 Komentar untuk "8 Jimat Klasik yang Dimiliki Orang Indonesia"

Back To Top