Inilah Alasan Kenapa di Indonesia Banyak Pengangguran

Boleh kita akui betapa pengangguran di Indonesia itu meningkat terus dan inilah alasan kenapa di Indonesia banyak pengangguran dan bahkan jumlah semakin besar saja padahal negara kita ini tidak begitu ketinggalannya bila bicara soal pendidikan. Ada beberapa hal yang menjadi faktor utama banyaknya pengangguran di Indonesia, dan itulah yang akan kita ketahui lebih dalam. Bisa jadi, pendidikan di Indonesia masih jauh untuk dibilang pada tahap oke dan maju, oleh karena itu menjadi salah satu penyebab di mana masyarakat menjadi kurang mendapat pendidikan yang akhirnya membuat mereka kesulitan mendapat pekerjaan apalagi di zaman serba maju dan cepat ini.

Inilah Alasan Kenapa di Indonesia Banyak Pengangguran

Inilah Alasan Kenapa di Indonesia Banyak Pengangguran yang Perlu Kita Telaah

Tidak Meratanya Pendidikan di Indonesia
Pendidikan di Indonesia mungkin tidaklah seburuk itu, tapi memang harus diakui kalau pembagian fasilitas dan kurikulum pendidikan yang belum merata di berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan kualitas tenaga kerja dipengaruhi sedikit banyak oleh hal tersebut apalagi di tiap daerah. Melihat dari satu sisi, jelas para pelajar yang mendapatkan sistem dan kualitas pendidikan yang termasuk bagus maka nantinya mereka akan bekerja di perusahaan yang bereputasi tinggi juga yang akan menjamin hidup mereka melalui gaji tinggi, terutama kalau perusahaan itu perusahaan asing.

Dilihat dari sisi lain, pelajar sebenarnya kurang mendapat fasilitas yang baik apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah dan nantinya pun bakal lebih susah untuk mendapat pekerjaan dan ini salah satu faktor mengapa banyak pengangguran di Indonesia. Ada banyak sekali anak-anak daerah yang tidak bisa menikmati pendidikan layaknya anak-anak yang tinggal di kota, sedangkan perusahaan atau setidaknya penyedia lapangan kerja pun memerlukan tenaga yang dapat diandalkan yang biasanya juga siap pakai. Siap pakai dan bisa diandalkan artinya memiliki ketrampilan dan pendidikan yang baik, padahal tidak banyak tenaga kerja yang seperti itu kenyataannya. Dalam kehidupan nyata, ada lebih banyak orang yang menjadi tenaga kerja padahal pekerjaannya tidak sesuai.

Tidak Efektifnya Pendidikan di Indonesia
Alasan kenapa pengangguran di Indonesia meningkat salah satunya adalah ketidakefektifannya dan mau tidak mau kita pun harus juga akui kalau nilai di atas kertas adalah yang paling ditekankan oleh kebanyakan lembaga pendidikan di tanah air. Pengetahuan teoritis memang perlu tapi untuk menjadi tenaga kerja siap pakai, keterampilan adalah yang paling utama alias banyak praktiknya. Kualitas SDM akhirnya menjadi hal yang tidak begitu diunggulkan karena lapangan tidak mengharapkannya. Bahkan untuk sektor pendidikan pun anggaran yang disediakan juga masih sedikit jadi jangan harap kualitas pendidikan pun bisa sampai level maksimal.

Krisis Ekonomi Global
Kenapa di Indonesia banyak pengangguran, alasannya juga adalah karena krisis ekonomi global yang dialami khususnya oleh para perusahaan dan pemilik bisnis. Tentu secara tidak langsung hal ini menjadikan banyak calon tenaga kerja yang sudah siap malah tidak jadi bekerja dan akhirnya malah menganggur. Ini disebabkan oleh strategi efisiensi terhadap SDM dipilih betul-betul dan bahkan diminimalis oleh pihak perusahaan yang berujung pada pemutusan hubungan kerja. Jumlah tenaga kerja dikurangi dengan tujuan meningkatkan pendapatan dan keuntungan. Ujung-ujungnya, meningkatnya pengangguran di negara kita adalah akibat dari PHK itu tadi.

Pendidikan menjadi hal utama yang perlu lebih diperhatikan oleh pemerintah kita karena selain dari ketidakefektifan dan ketidakmerataannya, pendidikan di tanah air tidaklah membuat manusianya terbentuk menjadi manusia kreatif, yang ada malah menjadi pasrah karena saking pasifnya. Selain itu, jarak antara jumlah angkatan kerja dan kesempatan kerja cukup lebar; inilah alasan kenapa di Indonesia banyak pengangguran dan bahkan jumlahnya pun terus bertambah.
0 Komentar untuk "Inilah Alasan Kenapa di Indonesia Banyak Pengangguran"

Back To Top