Ternyata Mengepalkan Tangan Bisa Perkuat Ingatan

Ingatan seseorang dapat mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia, namun ada penelitian yang neyebutkan bahwa mengepalkan tangan bisa perkuat ingatan seseorang dan bahkan memperkuat kepalan tangan mampu mempertajam ingatan juga. Penelitian ini telah dilakukan di Amerika Serikat.

Ternyata Mengepalkan Tangan Bisa Perkuat Ingatan

Penelitian Tentang Mengepalkan Tangan Bisa Perkuat Ingatan
Banyak orang menganggap aktifitas mengepalkan tangan merupakan kegiatan yang sepele dan tidak memiliki dampak apapun bagi tubuh manusia. Ternyata aktifitas sederhana ini yaitu kepalkan tangan bisa perkuat ingatan seseorang dengan mudah. Mengapa demikian? di Amerika Serikat telah dilakukan sebuah penelitian tentang kegiatan sederhana ini yang sering dilakukan oleh banyak orang. Penelitian ini dilakukan oleh Dr. Ruth Propper dengan meneliti beberapa sampel. Berikut ulasan tentang penelitian tersebut:

1. Awal penelitian, peneliti membagi partisipan menjadi lima kelompok dan menginstruksikan kepada semua kelompok untuk meremas bola karet dengan kuat sebelum mengingat 72 kata yang diberikan kemudian dilanjutkan lagi meremas bola tersebut selama 2 menit, tetapi perlakuan pada kelima kelompok tersebut berbeda-beda yaitu:

- Kelompok pertama meremas bola karet dengan tangan kanannya pada tahap pertama dan tahap kedua.

- Kelompok kedua meremas bola karet dengan menggunakan tangan kiri pada kedua tahap tersebut.

- Kelompok ketiga, pada tahap pertama meremas dengan menggunakan tangan kanan kemudian pada tahap kedua mereka menggunakan tangan kiri.

- Kelompok keempat melakukan kebalikan dari kelompok ketiga yaitu pada tahap pertama mereka menggunakan tangan kiri kemudian dilanjutkan dengan menggunakan tangan kanan.

- Kelompok kelima hanya memegang bola tersebut tanpa meremasnya.

2. Hasil dari penelitian mengepalkan tangan bisa memperkuat ingatan adalah:

- Pada kelompok pertama hanya dapat mengingat kurang dari kelompok kedua.

- Pada kelompok kedua hasilnya hampir sama dengan kelompok keempat yaitu sangat buruk dari kelima kelompok.

- Pada kelompok ketiga dapat mengingat sebagian besar dari kata-kata yang diberikan.

- Pada kelompok keempat hasilnya sama dengan kelompok kedua yaitu buruk.

- Pada kelompok kelima hasilnya lebih baik jika dibandingkan dengan kelompok kedua dan keempat.

3. Kesimpulannya adalah meremas dengan tangan kanan mampu mengaktifkan otak untuk bekerja menyimpan ingatan, sedangkan meremas dengan tangan kiri mampu mendorong kemampuan otak untuk mendapatkan kembali informasi yang telah diterima. Selain itu gerakan tubuh yang sederhana dapat mengubah cara kerja otak.

Penelitian tersebut belum sempurna karena adanya beberapa kekurangan dalam penelitian itu, kekurangan-kekurangan itu diantaranya adalah:

1. Penelitian itu tidak menggunakan partisipan yang mempunyai kelainan kidal pada tangannya, sehingga butuh dilakukan penelitian lanjutan untuk partisipan bertangan kidal.

2. Partisipan dalam penelitian tersebut rata-rata berusia sekitar 18-84 tahun tidak menggunakan partisipan anak-anak.

3. Mayoritas partisipan dalam penelitian ini berjenis kelamin perempuan sehingga hasil yang diperoleh tidak dapat disimpulkan untuk semua jenis kelamin.

Banyak studi yang telah membahas tentang kerja otak kanan dan kiri berkaitan dengan tangan. Memang benar bahwa gerakan tangan kanan merupakan hasil dari kerja otak kiri sedangkan gerakan tangan kiri merupakan hasil dari kerja otak kanan sehingga gerakan tangan kanan dan tangan kiri sangat erat hubungannya dengan kerja otak manusia dan ternyata dengan mengepalkan tangan kita bisa perkuat ingatan.

Mengepalkan tangan ternyata membawa banyak manfaat bagi tubuh seseorang, manfaat tersebut antara lain:

1. Dapat memperkuat ingatan, hal ini telah dijelaskan di atas.

2. Dapat membuat pengontrolan terhadap diri sendiri ketika mengalami masa-masa yang sulit. Hal ini berdasarkan atas penelitian yang telah dilakukan oleh Iris Huang dan Aparna Labroo dari National University of Singapore dan University of Chicago.

3. Dapat meningkatkan kebulatan tekad seseorang. Hal ini berdasarkan penelitian yang telah ditulis di journal Consumer Research.

Itulah beberapa penelitian yang menyatakan bahwa mengepalkan tangan bisa perkuat ingatan seseorang karena dapat merubah cara kerja otak.
0 Komentar untuk "Ternyata Mengepalkan Tangan Bisa Perkuat Ingatan"

Back To Top