8 Khasiat Buah Nanas yang Jarang Diketahui Orang

Nanas adalah buah berwarnaa kuning dan memiliki duri di bagian luarnya. Nanas memiliki bahasa latin yaitu pineapple. Buah ini tidak hanya memiliki kesegaran yang tinggi tetapi juga mempunyai beberapa kandungan yang dapat berguna bagi kesehatan tubuh. Terdapat vitamin C dan vitamin A sebagai antioksidan. Selain itu juga mengandung fosfor, magnesium, kalium, kalsium, natrium, besi, sukrosa, dekstrosa, enzim bromelain, dan juga kaya akan serat. Inilah khasiat buah nanas yang jarang diketahui orang.

8 Khasiat Buah Nanas yang Jarang Diketahui Orang

Berikut Ini 8 Khasiat Buah Nanas yang Jarang Diketahui Orang
Buah nanas merupakan buah yang cukup terkenal di tengah masyarakat. Namun, tak banyak orang yang tau mengenai apa saja khasiat buah nanas untuk kesehatan. Selain kaya akan nutrisi, nanas ternyata bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Sehingga bisa dijadikan sebagai obat tradisional. Berikut ini adalah khasiat buah nanas bagi kesehatan tubuh:

1. Membantu kinerja lambung
Manfaat nanas untuk kesehatan didapatkan dari kandungan enzim bromelain yang berfungsi untuk membantu menghaluskan makanan yang sudah masuk dilambung. Sehingga dapat meringankan kinerja lambung. Selain itu, bromelain ternyata juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan dapat digunakan sebagai antiradang. Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Maka mengkonsumsi nanas akan menghindarkan kita dari penyakit berat ini.

2. Menurunkan berat badan
Nanas merupakan salah satu buah yang dapat digunakan dalam proses diet. Karena nanas memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat menurunkan berat badan secara alamiah.

3. Menjaga kesehatan gigi
Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga menyebabkan rasanya yang sedikit asam. Dengan adanya vitamin C dapat mencegah timbulnya plak pada gigi dan penyakit pada gusi.

4. Menaikkan gula darah
Kandungan gula yang cukup tinggi membuatnya sebagai buah yang cocok bagi penderita kekurangan kadar gula. Karena dapat meningkatkan gula dalam darah.

5. Sebagai obat sembelit
Penyakit sembelit dimungkinkan terjadi karena kurangnya serat pada makanan yang kita makan. Sedangkan, nanas kaya akan serat sehingga dapat mengatasi penyakit sembelit. Salah satu cara untuk mengkonsumsinya adalah dengan membuat jus nanas. Nanas yang tidak terlalu matang dan memiliki rasa sedikit asma dapat menjadi pilihan untuk mengatasi penyakit ini.

6. Mengatasi kembung
Perut kembung akan terasa tidak nyaman jika digunakan untuk beraktivitas sehari-hari dan buah nanas adalah solusinya. Buatlah jus nanas murni dan minum minimal 30 menit sebelum makan. Dan lakukan hal ni secara rutin maka perut kita akan terasa nyaman tidak kembung lagi.

7. Mengatasi peradangan kulit
Selain untuk dimakan, manfaat dan khasiat buah nanas bisa untuk kaki yang bersisik dan mengelupas. Caranya adalah dengan memarut buah nanas dan mengoleskannya ke kaki yang kulitnya bersisik atau mengelupas. Lakukan hal ini sebelum tidur dan biarkan hingga semalam. Lalu bersihkan pada keesokan harinya.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh
Nanas memanglah salah satu buah yang memiliki berbagai kandungan yang dapat berguna bagi kesehatan kita. Beberapa kandungannya adalah asam amino non-esensial dan esensial. Kedua kandungan ini diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Sehingga kita tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Demikian inilah khasiat buah nanas yang jarang diketahui orang. Tidak hanya untuk mengganjal perut, ternyata banyak manfaat yang didapatkan dari buah nanas. Mengkonsumsi buah nanas secara rutin dapat menjaga kesehatan kita dari berbagai macam penyakit. Semoga dengan tulisan ini membuat ilmu kita semakin luas dan dapat membantu kita untuk hidup sehat dengan buah nanas.
0 Komentar untuk "8 Khasiat Buah Nanas yang Jarang Diketahui Orang"

Back To Top