6 Bahaya MSG Bagi Tubuh Manusia

Kesehatan menjadi sangat penting agar kita bisa menjalani hidup dengan nyaman. Sekarang, makanan merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia. Banyak makanan yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya, seperti zat pengawet, pemanis, pewarna, hingga penyedap makanan. Bahan yang paling sering digunakan adalah penyedap rasa atau bisa disebut dengan MSG. MSG mempunyai dampak negatif yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Inilah 6 bahaya MSG bagi tubuh manusia.

6 Bahaya MSG Bagi Tubuh Manusia

Inilah 6 Bahaya MSG bagi Tubuh Manusia

1. Kegemukan
Sebuah penelitian di China yang melibatkan orang sehat berusia 40-59 tahun sebanyak 752, menunjukkan bahwa orang yang memakan makanan MSG mempunyai presentase lebih tinggi untuk mengalami kegemukan. Saat sebagian partisipan diminta untuk makan makanan ber-MSG dan sebagian lain makan makanan tidak ber-MSG, setelah beraktivitas seperti biasa, partisipan dengan makanan ber-MSG mempunyai indeks kegemukan lebih tinggi.

2. Kerusakan otak
MSG merupakan penguat rasa yang dapat meningkatkan nafsu makan. Namun apabila, konsumsi MSG dilakukan secara terus menerus maka otak akan terus memacu nafsu makan yang berlebih sehingga dapat merusak kinerja otak. Pada tahun 1969, Onley melakukan penelitian pada tikus putih muda di St. Louis. Penelitian dilakukan dengan memberikan MSG pada tikus tersebut sebanyak 0,5-4 mg per gram berat badannya. Hasilnya, tikus mengalami kerusakan otak. Kemudian pada penelitian berikutnya, MSG dicampur dengan makanan dan hasilnya tikus tidak menunjukkan gejala kerusakan otak seperti percobaan sebelumnya. Tapi hal ini tidak berarti bahwa MSG dalam makanan tidak merusak otak. Efek MSG ke tubuh manusia akan terlihat dalam jangka panjang.

3. Peradangan Hati
MSG adalah salah satu penyedap rasa yang terbuat dari bahan kimia. Dengan mengkonsumsi bahan kimia secara berlebih, akan menambah racun dalam tubuh. Racun tersebut akan didetoxin dalam hati. Semakin banyak racun, maka akan semakin tinggi pula kinerja hati. Apabila hal tersebut berlangsung secara terus menerus, maka akan menyebabkan peradangan pada hati.

4. Kanker
Hati-hati menggunakan MSG karena berbahaya bagi kesehatan kita. Tidak tanggung-tanggung, MSG dapat memicu timbulnya kanker yang merupakan penyakit ganas. MSG mengandung glutamat yang dapat menghasilkan pirolisis. Pemanasan suhu yang tinggi dan lama dapat menjadikan pirolisis sangat karsinogenik, sehingga sangat dimungkinkan MSG dapat memicu terkenanya kenker. Oleh karena itu, proses memasak juga perlu diperhatikan agar menjadi makanan yang sehat.

5. Merusak sistem syaraf
Seorang mantan ahli bedah syaraf, Russell Blaylock mengatakan bahwa MSG memiliki kandungan zat kimia yang bersifat excitotoxin dimana sifat tersebut dapat merusak sel-sel otak. Sehingga dapat menyebabkan gangguan migrain, disorientasi, depresi, autisme, insomnia, parkinson, dan alzheimer. Tapi gejala dari gangguan ini tidak dihasilkan dalam jangka pendek. Apabila konsumsi dilakukan dalam jangka panjang dan secara terus menerus, maka akan meningkatkan presentase terserangnya penyakit tersebut.

6. Mengganggu kinerja jantung
Akibat menggunakan MSG bagi tubuh manusia juga berdampak pada kinerja jantung. Dampak tersebut dapat berupa gangguan aritmia (detak jantung yang tidak beratur), detak jantung yang lambat, fibrilasi atrium (irama jantung yang kacau atau terlalu cepat), dan tachycardia (jantung berdetak lebih dari 100 kali per menitnya). Tidak hanya itu, MSG juga menyebabkan gejala orang was-was, hati tidak tenang, bahkan tidak jarang menyebabkan dada terasa sesak karena kekurangan suplai darah.

Demikianlah 6 bahaya MSG bagi tubuh manusia. Banyak sekali dampak negatif yang akan diperoleh apabila terlalu sering mengkonsumsi MSG. Akan terasa lebih baik bila kita menjaga gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan membuat kita lebih bijak dalam memilih makanan.
0 Komentar untuk "6 Bahaya MSG Bagi Tubuh Manusia"

Back To Top