Nabi Khidir, Nabi Berumur Panjang yang Hidup Hingga Akhir Zaman

Nabi Khidir adalah seorang nabi yang diyakini memiliki umur paling panjang dan masih hidup hingga kini, ternyata rahasia Nabi Khidir bisa berumur panjang telah banyak digali oleh para ahli berdasarkan beberapa cerita. Namun semua cerita itu merupakan sesuatu yang masih masih misteri dan kebenarannya masih dipertanyakan. Seperti apakah ceritanya?

Nabi Khidir, Nabi Berumur Panjang yang Hidup Hingga Akhir Zaman

Ada beberapa fakta yang membuktikan kebenaran Nabi Khidir masih hidup hingga kini yaitu:

1. Syaidina Ali mengaku pernah melihat Nabi Khidir berada di Ka’bah.

2. Salah seorang murid Syeikh Abu Hasan yaitu Al-Murshi mengaku pernah bertemu dengan Nabi Khidir dan bahkan telah bersalaman dengannya. Dia bertanya kepada Nabi Khidir bagaimana keadaan arwah-arwah orang muslim yang telah meninggal dunia, apakah mendapat siksaan atau tidak.

3. Abul Hasan asy-Syadzili mengaku pernah bertemu dengan Nabi Khidir di padang Aidzab.

4. Umar bin Sinan pernah berpapasan dengan Ibrahim al-Khawwash yang menceritakan bahwa dirinya pernah bertemu dengan Nabi Khidir dalam perjalanannya.

Kira-kira berapa usia Nabi Khidir hingga saat ini? Wallahua’lam hanya Allah yang tahu, namun jika diperhitungkan kira-kira sekitar lebih dari enam ribu tahun.

Ainul Hayat, Inilah Rahasia Nabi Khidir Bisa Berumur Panjang
Nabi Khidir adalah nabi yang masih hidup hingga kiamat datang, Nabi ini dinamakan Khidir yang berarti hijau karena kedatangannya selalu membawa kehijauan disekitarnya, rumput yang awalnya kering akan menjadi hijau subur jika didatangi Nabi Khidir. Berikut adalah ulasan singkat cerita/legenda rahasia umur panjang Nabi Khidir AS hingga akhir zaman:

Ada seorang raja penguasa wilayah barat dan timur yaitu Raja Iskandar Zulkarnain, raja ini sangat disegani dan ditakuti karena dapat manaklukan berbagai wilayah dari barat hingga timur. Namun meskipun demikian raja ini tidak sombong dan merupakan salah seorang hamba Allah yang taat. Pada tahun 322 SM, Raja Iskandar Zulkarnain mengadakan perjalanan untuk mengelilingi bumi dan ditemani oleh Malikat Rofi’il. Dalam perjalanannya sang raja bertanya kepada malikat bagimana ibadahnya para penghuni langit dan malaikat pun menjelaskan bahwa para penghuni langit beribadah ada yang bersujud terus hingga akhir zaman dan ada yng bertakbir terus hingga akhir zaman. Mendengar hal itu sang raja ingin seperti para penghuni langit yang bisa beribadah hingga akhir zaman.

Malaikat Rofi’il memberitahu kepada Raja Iskandar Zulkarnain bahwa sesungguhnya Allah telah menciptakan sumber mata air yang suci, jika seseorang meminum air dari mata air itu maka ia akan kekal hingga akhir zaman kecuali jika ingin dimatikan. Namun mata air tersebut berada di bagian belahan bumi yang sangat gelap. Mata air itu bernama Ainul Hayat, inilah mata air rahasia panjang umur dari Nabi Khidir. Raja Iskandar Zulkarnain kemudian mengumpulkan semua ahli yang ada diseluruh negeri untuk menafsirkan dimana letak tepatnya Ainul Hayat berada dan salah seorang diantaranya mengetahui bahwa letaknya adalah dibagian tempat terbitnya matahari.

Raja Iskandar Zulkarnain beserta rombongannya mencari tempat tersebut dan menemukannya, salah satu diantaranya rombongannya adalah Nabi Khidir yang juga pernah menjabat sebagai perdana menteri. Setelah menemukan tempat Ainul Hayat, sang raja membawa pasukan khusus untuk masuk bersamanya dan dalam pasukan itu Nabi Khidir ikut bersamanya. Mereka menempuh perjalanan selama 18 hari didalam gua itu tanpa melihat sinar matahari sekalipun.

Dalam perjalanan itu Nabi Khidir mendapat wahyu dari Allah bahwa Ainul Hayat terletak di tepi kanan jurang dan hanya diperuntukkan untuknya saja. Setelah menerima wahyu itu, Nabi Khidir kemudian menuju ketempat Ainul Hayat sendirian dan meminumnya tanpa sepengetahuan Raja Iskandar Zulkarnain. Itulah sekilas cerita singkat tentang mata air Ainul Hayat yang merupakan rahasia Nabi Khidir bisa berumur panjang hingga akhir zaman.
190 Komentar untuk "Nabi Khidir, Nabi Berumur Panjang yang Hidup Hingga Akhir Zaman"

subhanallah,...jika allah mengijinkan aku ingin bertemu dengan nabi khidir,...insya allah,..aminn.

ada yang tau sumber ceritanya darimana?

Kira2 tinggal dimana ya nabi khidir sekarang

Dimana sekarang tinggal beliau ya.!

Kira2 beliau sekarang tinggal dimana ya

Jadi ingat cerita seorang rekan ttg teytangganya orang tua yg sangat alim dimedan sdg duduk diberanda mushola menjelang magrib didatangi seorang lelakj tua nmun masih gagah jalannya menakai pakaian gamis yg mengaku bernama khidir, apakah lelaki tua itu nabi khidir, terus terang saya batu tau kalo nabi khidir masih hidup wallahualambisawab

dalil nya mana ???

Jika ALLAH berkehendak midah sajalah, tidak ada yg ga mungkin.

Masih belum percaya dengan cerita ini

Adakah Ulama jaman sekarang yg bisa menjumpai/bertemu dengan Nabi Khidir? .?? Jika ada,,,, Bantu lah saya untuk bisa bertemu dg Nabi Khidir.

InsyaAllah ada salah satu murid beliau di indonesia ini..

Apa segala sesuatu harus ber dalil...??

jaman sekarang rasanya tak mungkin bisa melihat apalagi bertemu dengan Beliau Nabi Khidir ... Kecuali Alloh menghendakiNYA

Subhanallah....semoga kita selalu mendapat rahmat Allah Swt...

Ada yang bisa ngasih penjelasan..apa iya..nabi khidzir masih hidup? Padahal rasul dan nabi sudah ditutup dengan adanya nabi Muhammad SAW
dan ketika menjelang kiamat tiba, ILMU itu diangkat sehingga antara salah dan benar itu tidak kentara

ada hadist yang menjelaskan ini gk ......... semua cerita nabi pasti tertera di hadist
jgnlah mengarang belaka

Sebelum jaman iskandar julkarnaen nabi khaidir itu sudah ada pd jaman nabi musa.. setelah nabi musa membelah laut dari situ nabi musa bertemu dengan nabi khidir

Ini zaman modern bukan zaman batu, kalau menyampaikan kebenaran harus pakai dasar yang jelas. Biar kita sama2 terdidik.

Yg jelas nabi/rosul di perintahkan dakwah... Meski ada atau ketemu sm kita mungkin kita untuk di jam sekarang wah walohu alm, Yg ada nanti nabi di katakan sesat bahaya... Pelanjut ny semua pasti yg jelas ada y itu para wali/dan para ulama(orang2 soleh) dulu kisah nabi muhamad saw seperti itu di pitnah tukang sihir,sesat,pemberontak dsb bahkan di buru. Mengerikan sobat orang membawa kebenaran itu sebetul nya di halang-halangi meski sampai jaman saat ini juga sama...

Di daerah aceh kawasan Pesantren Mudi Mesra aceh beberapa bulan lalu ada singgah nabi Khidir

Ceritanya belum jelas seharusnya di jelaskan dengan hadist dan al quran.... saya baru dengar...setahu saya nabi khidir hidup di zaman nabi musa..

Bisa jadi gan.., kawan ente bertemu beliau. Dahulu kakek ane sering bertemu dan ngobrol bersama beliau. Tapi sepertinya penampakan hanya dapat dilihat oleh orang2 tertentu saja. Ciri2nya menurut kakek ane adalah lelaki tua tetapi bepenampilan rapi dan bersih. Bila kita menegur beliau dengan ucapan salam dalam hati.., akan didengar dan akan mendatangi kita sambil memberikan salam juga. Ini sudah pernah dibuktikan kakak ane...
Masha Allah.., wallahu a'lam bissawab...

Hidup sampai kiamat berarti masih hidup sampai sekarang ?
Bukanya nabi muhammad nabi yg terakhir

Kalau kuper ya macam mana bisa tau.apalagi bisanya complant saja.

Andaikan ada pasti allah memasukan cerita nabi khidir kedalam al'quran. Seperti nabi2 yang lain.
Kira2 ada gk yaa yg menemukan kisahnya nabil khidir dalam al'quran?

Btw ada yg tau gak yaa yg d maksud qs. Al-khafi 61-65 nabi. Disitu d jelaskan ada pertemuan antara nabi musa dengan seseorang. Seseorang tersebut lebih alim dari nabi musa. Sehingga nabi musa ingin mengikuti seseorang tersebut. Btw again ada yg bis jelaskan jg gk ya tentang isi qs khafi yg lain. Allah merahasiakan pertemuan antara nabi musa dengan seseorang tersebut. Apakah itu benar nabi khidir..wallahu a'lam bissawab...

subhanallah.. antara percaya dan tidak percaya. tetapi jika itu memang kehendak Allah, sebagai umat islam kita harus percaya. Semoga aku bisa dipertemukan dengan beliau, dan hingga disyurga nanti. Aamiinn dahh

Dia lahir sebelum nabi muhammad lahir!

Nabi yg wajib diyakini dan di imani ialah 25, yg terakhir muhammad SAW , ada lg nabi yg tidak wjib di yakini dan di imani seperti contoh nabi khaidir as.

Ya haruslah, tanpa dalil segala sesuatunya akan terasa seperti dongeng

Thun kisah raja zulkarnaein n umur nabi khidir kontradiksi....

Pake alexander the great segala ngarang nya... Wkwkwkwk

yang masih hidup hingga saat ini adalah nabi Isa AS yang di angkat ke langit oleh Allah SWT dan akan di turunkan kembali ke bumi menjelang hari kiamat, selain dari itu semua para nabi telah wafat..

menurut para ulama Nabi Khidir telah wafat sebelum Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana tersebut dalam firmanNya Subhanahu wa Ta’ala.

Artinya: “Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad), maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal?” [Al-Anbiya : 34]

Dan diperkirakan Nabi Khidir masih hidup sampai bertemu dengan Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Adapun sesudah itu, maka ada hadits yang menunjukkan bahwa dia meninggal setelah Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat dengan jarak waktu yang telah ditentukan. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang hal ini dengan bersabda.

Artinya: “Tidaklah kalian melihat pada malam kalian ini, bahwa sesungguhnya siapa yang umurnya (berkepala) seratus tahun tidak (tersisa) pada hari ini di atas permukaan bumi seorang pun.”

Atas dasar ini, maka keadaan Nabi Khidir adalah sebagai orang mati yang tidak dapat mendengar panggilan siapa yang memanggilnya, dan tidak mampu menjawab siapa yang menyerunya, dan tidak mampu menunjukkan jalan kepada siapa yang tersesat jalan ketika meminta petunjuknya.

Adapun perkiraan bahwa ia masih hidup sampai saat ini, maka ini adalah masalah ghaib. Keadaannya seperti masalah-masalah ghaib yang lainnya; tidak boleh kita berdo’a kepadanya dan meminta kebaikan kepadanya dalam keadaan susah maupun senang.

Tapi gan ane pernah di bilangi sama ustadz yang ada di rumah ane nabi kidir itu tinggal nya di laut

Dalil itu di perlukan oleh orang yg merasa kurang yakin imannya

QS : al anbiya ayat 34 : kami tidak meniadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (muhammad) , maka jika kamu mati apakah mereka akan kekal?.

Malaikat Khidir adalah biang manusia yg unsur nya air.. Jd Beliau org tua rohani kita.. Unsur lainnya:api, tanah, dan udara. Knapa sifat manusia beda2.. Ada yg lamban, ada yg sgt semangat.. Krn unsur manusia lain2 tgtg biangnya.. Belajar ilmu kebenaran. Ayat tersirat Al Quran ririn atika.. Jawaban smua psoalan hidup ada, krn Quran bahasa rohani,komunikasi Allah dg Malaikat Jibril, jd byk miss klo dbaca pake bahasa jasmani.. Tp bagi org yg dipilih Allah saja.. Yg ikhlasnya uda tinggi dan ga membatasi ilmu Allah

Baca surat Al kahfi. Ada itu crt ttg nabi khidhr ktm nabi musa

322 SM s/d 2015
322+2015=2337
2337=6000tahun?
gimana cara hitungnya ya?oh iya itu perhitungan dibuat tahun berapa?jangan-jangan perhitungannya juga udah lama dan jadi lebih tidak masuk akal

Meragukan sbb tdk disertai referensi sumber2nya. Sy pertama kali dengar cerita ini. Kalau Nabi Khidir pernah dengar tp ga dibilang tidak mati dan kisahnya sedikit. Ini dr mana ya. Apa kepercayaan org syiah?

Sya prnah mndgr crita nabi khaidir dri tkg/ustat, nabi khidir berada di laut,( sring di bilang raile),bliau mnampak kn sma kita bisa apa saja,org tua,muda dll..cuma mnbedakn beliau sama org lain a,jari jempol kanan beliau lembek.( sprti gkda tulang) cuma itu yang bisa kita bdakan beliau sama org lain a...

haha, ternyata ada juga yg cerdas dan perhatikan hal ini.... kagum dengan anda, tidak spt yg lain, telan bulat-bulat

Inilah BID'AH yang WAJIB kita INGKARI !!!

Bid'ah ????
Jgn cepat menjudgement sesuatu dg "bid'ah"!!

Kalau asal judgement,semua ALQur'an yg ada didunia ini bid'ah terbesar dlm sejarah Islam...

,subhaanalloh,,,ini sdikit info yng d berikan guru saya,,kalo brtemu nabi khidir baik itu dlam mmpi ataupun nyata,,cobalah bersalaman dengannyamka kau akan tau itu n khidir atau bukan,,,krna jmpol knannya tak bertulang,,,

Yg jelas kita imani saja .adapun msih hidup atau udah wafat hanya Allah yg maha tahu. So kita hanya bisa mencontoh kepribadiannya yg sholeh. Seyuju sobat !!!!

Selama bumi masih HIJAU diselimuti hutan maka mata air dan oksigen akan mengalir. Selama mata air dan oksigen mengalir maka atas izin Allah kehidupan di muka bumi akan tetap berlangsung.

Aamiin Yaa ALLOH YAA Robb BAL.allaamiinn.............

Kenapa Gak Bertemu Sama Allah Swt aja, Lebih hebat, kan Allah yang menciptakan Nabi Khidir

Astaghfirullah.. Subhanallah.. Wallahu a"lam bisshawab.. Laa Haula walaa Quwwata illa billah..

Banyak yg Cerdas banyak yg kurang Info Sej Islam.. ada pula yg sembarang menafsirkan dan menerjemahkan Ayat Quran seenaknya..

Pelajari Quran dan Amalkan.. dalam Quran terdapat Kisah2 para Rasul dan Nabi Allah SWT sebg Hikmah manusia selanjutnya.. sejarah peribadtan para Nabi pun seharusnya menjadi Khazanah dalam memahami perjuangan Para Nabi dalam menegakkan Kalimat "Laa ilaaha illallah".. Syariat Islam bersemayam dalam Dunia Fana ini..

Asbun amat neng.. bukan Malaikat Khidir, Nabi Khidir.. Quran Firman Allah kepada Rasulullah SAW melalui Malaikat Jibril..

Saya percaya koq.. Itu khan garis yg si buat Allah.. Jadi ya memang seperti itu adanya..
Tapi gadget favorit beliau apa ya? Android, ios atau Windows ya

322 sm masih juga asumsi, yg jlas nabi khidir hidup sblm zaman nabi musa krn dia adlah pmbimbing para kekasih Allah baik anbiya dan awuliyallah.

menurut dalam al quran , ada beberapa nabi yang belum wafat sebelum hari kiamat ,,, termasuk nabi ISA a.s . tp yang tau sebenarnya hanya allah , jd kita masyarakat awam mau percaya atau pun tidak , itu urusan lain , karena allah maha tahu segalanya,

Memang ada nabi khidir, dan itu d jelaskan dalam alquran, tapi jikalau hidup sampai akhir zaman... waallahualam...

tidak shahih....jangan dipercaya

Aduh... aduh ...rebutin apaan sih di atas???
^_^"???
Sudah...sudah.... jangan berdebat ga baik mending sama2 belajar mencari ilmu agama dari pada berdebat ^_^/

kayak SUNGOKONG ceritanya....cuma beda arah pergi ama yang di cari aja..waduhh...ASBUN

Cerita yang tak jelas sumber beritanya anggap saja sbg hiburan. Yang jelas hal-hal yang berbau ghaib dan misteri cukup didengarkan saja. Kalau sumber alquran dan hadist tidak hanya didengarkan tapi wajib dipercaya dan dilaksanakan. Itu saja!

1. Khidir adalah seorang anak cucu Nabi Adam yang taat beribadah kepada Allah dan ditangguhkan ajalnya. (Kitab Al Ifrad karya Daruquthani dan Ibnu Asakir riwayat Ibnu Abbas.

2. Ibu Khidir berasal dari Romowi sedangkan bapaknya keturunan bangsa Parsi. (Fathul Bari juz v1, halaman 310, Al Bidayah Wan Nihayah juz 1 hal 326 Ruhul Ma'ani juz xv hal 319).

3. Kata Al Alusi, "Aku tidak membenarkan semua sumber yang menyatakan tentang riwayat asal-usul Khidir. Tetapi An Nawawi menyebutkan bahawa Khidir adalah putera raja". (Fathul Bari juz v1 hal 390.

1. Kalangan Ulama beranggapan bahawa Khidir masih hidup. Pendapat ini tidak ditentang oleh kaum sufi dan ahli makrifat. Mereka sering berbincang tentang pengalaman bertemu, bercakap-cakap dengannya.

2. Banyak Ulama yang menpunyai dalil bukti tentang hidupnya Khidir sampai sekarang. (Syareah Muhaddzab An Nawawi juz v hal 305).

3. Abu Ishaq At Tsa'alibi berkata, "Bahawa Khidir tidak akan mati sampai akhir zaman nanti". (Tahdzibul Asma' Wal Lughat juz 1 hal 177, Fathul Bari juz v1 hal 310).

4. Ibrahim Al Harbi ditanya tentang hidupnya Khidir lalu menjawab, "Barangsiapa yang berkata mustahil terhadap masalah yang tidak diketahuinya, maka ia adalah syitan yang berwujud manusia". (Rahul Ma'ani juz xv hal 320).

mungkin saja bila kita berdoa dan Allah mengabulkannya. :-)

bingung,,, karena menurut sepengetahuan saya yg di beritahu oleh ustadz, ada 5 mahluk yang di tangguhkan ajalnya 1 . Malaikat 2. Iblis 3. Nabi Isa A.S 4. Dajjal 5. ya'juj ma'juj :) #CMIIW

menurut saya kok gak perlu didebat, tapi yang perlu adalah ditauladani kesalehannya...semoga Allah merahmati kita semua...Aamiin YRA

Saya setuju dg ayat n hadist yg diangkat. Tp mari kita juga telisik mengenai cerita nabi Isa AS,, bila cerita yg brkembang hingga saat ini mengatakan bahwa nabi Isa di angkat k langit hingga kelak kembali diturunkan menjelang kiamat,, yang jadi pertanyaan bagi saya adalah apakah benar nabi Isa di angkat k langit? Apanya yg diangkat k langit? Jasad?Ruh? Atau apanya?
Terima kasih

Jumlah nabi dan rasul itu banyak. Tp yh dikisahkan dlm Alquran hanya 25 orang saja

Kalo mau jelas jangan membaca quran terjemahnya saja.. Lebih luas kalo baca /ngaji tafsirnya...
Hadist juga harus hati2 banyak yg palsu bertanyalah pada ahlinya...

Dalil itu diperlukan agar kita tidak taqlid yg bisa menyebabkan kurafat dan bid'ah. Gunakan akal dan nurani yg dilebihkan Allah kpd manusia, secara berimbang.

Klo Nabi Khidir biangnya manusia, trus Nabi Adam biangnya apa??? Hadeuuhh si eneng...

saya percaya nabi qidir belum wafat :) .. saya bersyukur dilahirkan dan memeluk agama islam, Allah terkadang membuka sedikit rahasia2 yg kdg mgkn tidak masuk akal.. tp tujuannya supaya iman kita meningkat :)

Pemberitaan kya gini emg harus berimbang, beruntung ane baca komen agan ini, jadilah lebih tahu.. :D

tapi semuanya walahualam

Emang m0 ngapain 0m kalo ketemu?

Subhanallah, Alhamdulillah, Walailaha ilallahu Wallahu Akbar,!!!

Nabi dan rasul itu berbeda nabi mendapat wahyu untuk diri sendiri sdangkan rasul mndapat wahyu untuk dirinya dan untuk kaum dizaman mereka hidup......jumlah nabi sangat banyak sedangkan rasul hanya 25......kalaupun nabi khidir masih hidup berarti dia mengikuti ajaran nabi muhammad saw......

Lo gilak ya anonymous
kalok gilak gk ush komen

Pada berdebat sendiri"...
Udah gak usah berdebat.. mending jalanin perintah dan larangan alquran dan hadish sahih... aman hidup kalian

tempat matahari terbit kalau bumi berotasi dan berevolusi pada matahari kira2 dmana ya?
#itu pertanyaan anak kelas 3 SD yang baru belajar tatasurya... :D
#mataair abadi jadi ingat pelm the mummy :D

Bumi ini dikelilingi alam yang hijau...kalau kehijauan sdh hilang maka itulah akhir zaman. Kali aja wujud yg dmaksud itu jaman skrg adalah disebut alam. Jadi marilah qta jaga alam agar umurnya bisa tambah lama dan jauh dr akhir zaman.

Nabi khidir td sy ketemu di pecah kulit lagi beli sendal

Memang ada kisah antara Nabi Khidir AS dan Nabi Musa AS yg melakukan perjalanan bersama. Ketika mereka melakukan perjalanan, Nabi Khidir AS menenggelamkan kapal mewah, merobohkan rumah dan membunuh seorang anak kecil yg membuat Nabi Musa AS tercengang

ya.... ibu q juga pernah cerira gtu....
terus ada juga nabi yg masih hidup... nabi ilyas... katanya si di "ameng-amengan"... g tahu ameng-amnengan itu apa...

Rasulullash SAW kan udah pernah liat Allah SWT

Nabi Khidir masih hidup berarti dia ada No. HP atau PIN BB. Ada yg tau gak PIN dan No HP beliau

kullu nafsin...setiap jiwa akan mati...jadi sudah wafat...kalo belum wafat ..tolong bebasin masjidil aqsa di palestin..

Intinya....
1. Nabi Khidir itu ada di zaman sebelum RASULULLAH.
2.Tidak ada riwayat sahih jika Nabi Khidir pernh bertemu RASULULLAH.
2. Jika Nabi Khidir mash hidp pastilah menemui orangbyg paling mulia dimuka bumi ini.

Klo air yg namanya ainul hayat itu bneran bs bikin kekal hidup slamanya..pstina skrng tu mata air udh ditemukan hitler ato amrik? Ndk mungqn ada air bginian dicuekin smpe bribu2 thn ??! Bnr gk? Xixiix #GagalFokus#ButuhAqua#LagiHaus

Hamba Yang Maha Pengasih
delete

Kalo emang masih hidup trus mau apa??
Kalo emang udah meninggal trus mau apa??
Yang perlu dipikirin tu hidup KITA.
Apa sudah cukup amal kita untuk terhindar dari azab kubur, azab neraka, kehinaan dunia akhirat.
Sudah siap dengan segala fitnah kubur nanti?

Ciri orang bertakwa dalam al qur'an diantaranya adalah mengimani perkara yang gaib, mendirikan shalat, dan menafkan sebagian rezki yang diperolehnya..Berkaitan dengan Nabi Khidir bagi kita cukup kita yakini sebagai salah seorang nabi yang diutus oleh Allah dengan tugas tertentu. Karena ada banyak Nabi yang diutus oleh Allah swt. Ada yang diceritakan kisahnya dalam al Qur'an dan ada yang tidak diceritakan. Perkara Nabi Khidir masih hidup atau sudah wafat hannya Allah SWT yang Maha Mengetahui segala perkara yang gaib. Mungkin saja masih hidup api digaibkan oleh Allah SWT. Wallahu A'lamu bishawwab.....

Yg Anda tanyakan adalah masalah ghoib,
cukuplah menngimani bahwa beliau diangkat ke langit,
entah jasad dan ruh, entah ruh saja tak usah di perdebatkan.
Walloohu A'lam

Subhanallah, Dyto Malik benar........ dari Firman Allah Swt tersebut, menyampaikan kepada umat Nabi Muhammad Saw yang yakin kepada Al Quran Hadits & mengaku tidak ada tuhan selain Allah Swt jangan selalu bertanya akan hal yang ghaib atas keberadaan & semua alam semesta dengan seluruh isi dan mahluk ciptaan Allah yang diluar kemampuan nalar manusia

Setengah orang banyak berpikir hidup itu mengatakan tentang orang yang masih memiliki jasad secara utuh dll. Padahal makna Nabi Khidir AS masih hidup itu ya ajaran yang beliau berikan masih dilestarikan dan itu yang didefinisikan dengan nama hidup. Ketika engkau membaca suatu Al-Qur'an dan Hadits, engkau dituntut untuk mengkajinya. Bukan hanya membacanya dan membaca terjemahannya saja, Sungguh bahasa Al-Quran itu berbeda sekali dengan bahasa arab biasa. Apalagi bahasa Al-Qur'an, bahasa Al-Qur'an itu memiliki banyak uraian walaupun hanya satu huruf hijaiyah. Banyak makna tersyirat didalamnya, makanya bacalah dengan hatimu.

Untuk mereka yang bisa dipertemukan dengan Nabi Khidir AS saya percaya. Dan saya sangat iri kepada mereka, mereka memiliki kedekatan yang bagus dengan Allah SWT sehingga diberi kesempatan bertemu dengan Nabi Khidir AS.

Dia manusia kan? Kok bisa berwujud apasaja?

Sepengetahuan saya... zaman iskandar zulkarnain dan nabi khidir berbeda zaman. Iskandar zulkarnain ada setelah nabi Muhammad SAW wafat, dan nabi Muhammad adalah Nabi terakhir. Sedangkan di dlm cerita diatas disebutkan nabi Khidir hidup di zaman iskandar zulkarnain dan disebutkan sbg pengikut raja iskandar Z?? Dan cerita yg luat biasanya Raja Iskandar z bisa komunikasi dgn malaikat??? Ini yg nulis cerpen ini atau saya yg bego yah??

Sebenarnya yg kita inginkan adalah selamat lahir batin.selamat dunia akhirat.dan kalau pun ada keinginan lain semua ada pada keinginan yg dua tersebut..intinya klalu kita tetap pada jalan yg ditentukan Allah maka selamatlah dunia .akhirat.jadikan pengetahuan yg kita punya sebagai keyakinan .yg benar2 tidak lepas dari syariat islam.dam setiap perdebatan itu adalah rahmat.dapat diartikan mujaqaroh untuk menemukan jalan baik dan benar tanpa menimbulkan perpecahan.kita hanya manusia biasa yg tidak bisa membuka rahasia Allah.kecuali Allah yg membukakan rahasia untuk kita.jadi melangkahlah terus untuk mendapat ridho Allah.imani rukun iman. Dan jalankan rukun islam .itu cukup menyelamatkan kita dari semua keraguan yg jahir maupun batin.semoga kita berda dalam jalan yg lurus ....amin.......!

Kalopun ada ulama yg bisa ketemu nabi khidir apakah mas wartono siap? Krn pernah ada seorang santri ingin ketemu nabi khidir dan terus merengek ke seorang ulama akhirnya ulama tadi menyetujui
ulama : nak kalo mau ketemu nabi khidir apakah kamu siap?
Santri : siap InsyaAllah siap Gus.
ulama : baik nak, tapi apa yg akan kamu lakukan setelah ketemu?
Santri: saya akan peluk cium pipi dan saya cium tangannya.
ulama: nak kalo kamu mau ketemu nabi khidir besok sehabis solat subuh orang yg pertama kali kamu temui setelah keluar dari masjid insyaAllah itu nabi khidir.
santri : baik gus terimakasih.
Besok pagi setelah solat subuh santri ini keluar dari masjid dan siapa yg dia lihat pertama kali ternyata tukang sapu masjid nah disinilah keraguan ini datang dalam pikiran santri bilang lha apa ini nabi khidir? Ah gak mungkin masa nabi khidir nyabu halaman.
akhirnya pergilah santri ini ke kyai lagi

Santri : assalamuallaikum gus?
Ulama : walaikumsalam, ada apa nak?
Santri : gus tadi setelah saya keluar masjid pertama yg saya temu tukang bersih halaman masjid, akhirnya saya tinggal.
ulama : kenapa kamu tidak peluk dan cium seperti yg kamu mau? Itulah nabi khidir?
Santri : terbengong, tapi gus masa dia jadi tukang sapu? baik gus saya minta kesempatan sekali lagi.
Ulama : baik nak saratnya sama ya.
Keesokan harinya...
santri : setelah solat subuh santri keluar dari masjid dan yg ditemui pertama ternyata mertuanya nah dalam hati bilang moso iki mertuaku nabi khidir?
Santri : assalamuallaikum gus
Ulama : waalaikumsalam. Gemana sudah ketemu?
Santri : gus masa iya mertua saya nabi khidir? Tadi yg ketemu pertama kali setelah keluar masjid saya ketemu mertua saya.
ulama : nak itulah nabi khidir memang kenapa kalo berbentuk mertuamu? Sudah ya nak jangan diteruskan nanti bisa2 kami gila sudah ya nak sudah.

Hanya org2 tertentu yg diijinkan Allah untuk bertemu nabi khidir.yg jelas org2 tsb pastilah org2 pilihan,yg kadar keimanannya diatas kita.berbahagialah bagi yg sudah pernah bertemu nabi khidir.wallahu 'alam bisshowab

Subhanallah.....Maha Besar ALLAH

Nabi khidir adalah guru dari nabi musa , dan dari 9 wali ada yg pernah ketemu sama nabi khidir..

Dalam Al-qur'an sudah dijelaskan, bahwa Nabi Muhammad s.a.w adalah penutup dr segala nabi atau Nabi akhir. Untuk lebih jelasnya baiknya ditanyakan ke ulama2 atau guru ngaji yang pandai tafsir Al-qur'an atau kitab. Jaman sekarang jangan mudah untuk percaya pada buku2 karna banyak yang dipalsukan. Kita org muslim harus jelih mslah agama. Jangan sampai salah jalan. Kan sudah bnyak skrg keluar ajaran2 yg menyesatkan. From Aceh

Khaidir itu kehadiran, musa mewakili orang syariat, khaidir mewakili orang hakekat, kalo orang syariat, ga nyambung ketemu orang hakekat. Ada ayat qauliyah ada ayat qauniah, ada yg tersurat ada yg tersirat. Maka dari itu perlu mencari guru yg faham tentang itu.

Saudaraku yang beriman, Janganlah kita menerka dan menerka yang sifatnya Ghaib, karena sesungguhnya segala sesuatu yang Ghaib, Hanya ALLAH SWT yang maha tahu akan kebenarannya. mari kta berfikir secara jernih dan berdasarkan keimanan kita, Bahwa apa yang bisa menjadi sumberkehidupan adalah salah satunya diawalai dari sumber sumber yang Hijau ( Khidir). Seandainya kita bisa menyuburkan Bumi ini menjadi Hijau maka disitu Sumber kehidupan akan ada. sampai hari akhir dari yang telah ditetapkan ALLAH SWT. (Kiamat).untuk itu mari kita jaga bumi ini menjadi surga dunia sebagai sumber kehidupan. Aamiin

Para ulama sufi eg ad yg memperdebatkan tntang nabi khidir. Yg msh awam kug pada ribut

Yang jelas segala sesuatu yang ada di alam semesta ini bisa saja terjadi, karena Allah Maha Menghendaki dan Maha Kuasa Atas Segalanya.
Masalah Nabi Khidir Balya bin Malkan AS masih hidup sampai sekarang itu juga bisa saja mungkin, karena siapakah yang mampu memendekkan dan memanjangkan umur makhluknya selain Allah Yang Maha Kuasa.
Jadi kesimpulannya itu tinggal keyakinan diri kita masing-masing.....
Kalau saya pribadi YAQIN bahwa beliau (S. Khidir AS) ada dan hidup sampai hari kiamat, karena beliau sudah dijadikan kemaqamannya sebagai RIJAL AL GAIB ......(bisa dibaca dalam Kitab Hilyatul An Biyaa atau Kitab Hilyatul Auliya' atua bisa juga bisa dilihat pada Kitab Jami' al Ushul Al Auliyaa')
Wallohu A'lam bish-Showwab.....

Laitsa Kamitslihi syai'un, tidak ada yg serupa dengannya.
Tidak ada satupun makhluk yg dapat melihat Allah selama dia hidup di Dunia ini, krn Dzat nya tidak sama dengan apapun yg ada di Dunia ini.
Bahkan jika ada yg mengatakan pernah bertemu dalam mimpi, itu pasti lah fitnah, krn tidak ada satupun indera manusia yg dapat menjangkaunya.
Memang ada pendapat ulama yg mengatakan Rasulullah pernah bertemu Allah, namun itu hanya pada saat Mi'raj.

Mungkin, yg diangkat Allah ke langit adalah jasad dan ruh Nabi Isa As. Karena org yg disalib dan kemudian dituhankan oleh uamt Nasrani itu adalah Judas, manusia sezaman nabi Isa yg oleh Allah seluruh fisiknya dimiripkan dgn Nabi Isa. Wallahualam ...

Banyak yang salah menerjemahkan arti " tidak ada yang kekal" ..mau beliau hidup seratus tahun seribu tahun ato sampai kiamat ndak masalah karena diselesaikan dengan mati itu arti tidak kekal...sesuatu yang di akhiri dengan mati/musnah...itu tidak kekal ato abadi...

Loe kali yang edan!!! Nabi Khaidir itu kadang menyamar jadi pengemis, dll. Jd mungkin aja bisa ketemu

Pie toh...... Nabi Khaidir itu "gurunya" Nabi Musa. Mana dulu Musa apa Rosululloh???

Sesuatu yang Gaib, harus kita imani, pengetahuan yang kita miliki dibandingkan dg Al Khalik ibarat setitik air ditengah samudera. Alhasil akal ndak bakal sanggup menjangkaunya. Saya yakin dgn hal yang Gaib bahwa Qutubburrahim Abul Abbas Al Makki Balya ibnu Mulkan ismi Nabi Allah Khaidir Alaisallam masih berada di dunia yang Fana ini, semoga kita dapat berjumpa dgnnya. Amin Ya Rabbal Alamin

Tinggal blg subhanallah trus krim doa buat nabi khidir.. x ja qt dkasih ksmptan ktm bliau.g ush diributin y prcaya critanya monggo yg ga prcya g ush inilah itulah..

apa yang perlu d prdbatkan..
percaya ato nggak percaya ..
apa untung ruginya???
bisakah untuk merobah perilaku kita dan orang lain ( dakwah )??? ( nyatanya enggak)

yang masalah keimanan tu da jelas kok ( al_qur'an & sunnah )
dari sekian bnyak perintah allah yg d sunnah kan kpd rasul_nya??
sudah kah kita jalani semua??
yakiiin....?????!!!!???

#mohon_tema_yg_dpt_mndidik_merobah_dilakukan

jangan marah a...

Cerita israiliyat dipercaya, Al Quran serta Sunah Nabi saja banyak yg tidak percaya (diingkari) haduuh #mikir

Subhanallah.
S, 7 dengan Akhy Al Wardah ,
Baik masih hidup atau sudah tiadanya nabiyullah Khidir As itu kuasa Allah.

PASTILAH? sombong sekali kau dengan argumen kau. PASTILAH? jgn buat lelucon kawan/ Coba baca kisan nabi khidir dengan Nabi Musa a.s. Pas baca itu g bakal berani berargumen dengan kata PASTILAH apalagi cuma dari logika LOE doang

Mau Ketemu Allah, Sholat aja, Sholat adalah mi'raj nya umat muslim..Allah ga bisa dilihat, tapi dirasa, di ni'mati, karena ni'mat Allah, hanya dirasakan oleh manusia yang banyak bersyukur dan ridha.. Lillahita'ala..

Yoi bro..ini diambil dri komik yg kga laku.. pfffftttt
Klo kita prcaya sma crita diatas brati kita prcaya sma kbodohan
Mreka yg prcaya jd bodoh krn prcya pd cerita bodoh
Bwt kalian yg prcya,coba donk kasi tau smua org dimna alamat si nabi kidir itu??? Emg lo kira nabi itu org2 sakti kya dicerita dongeng??? Yg bisa ngilang kpan aja,muncul kpan aja,bisa brubah wjud jd siapa aja...mikir donk jgn mw dibego2in sma crita bodoh kya bginian

Apabila Rasulullah s.a.w. baru saja wafat, adalah diriwayatkan bahawa ketika Sayyidina Ali Bin Abu Talib r.a meletakkan jasad baginda diatas tempat tidurnya,tiba-tiba terdengar suara ghaib dari penjuru rumah berseru dengan nada tinggi:””Jangan kamu mandikan jenazah Muhammad,kerana ia adalah orang yang suci lagi pula membawa kesucian!”Ali curiga terhadap suara itu seraya ia bertanya:

“Siapakah engkau?Bukankah Rasulullah menyuruh kami memandikannya.?Tiba-tiba terdengar suara ghaib yang lain berseru sebaliknya:

“Hai Ali!Mandikanlah Beliau!Suara ghaib yang pertama itu berasal dari suara iblis yang terkutuk kerana dengki terhadap Muhammad s.a.w. dan ia bermaksud supaya Nabi Muhammad tidak dimasukkan kedalam liang kuburnya dalam keadaan dimandikan.”

Ujar Ali pula:”Semoga Allah membalasi engkau dengan kebajikan dikala engkau memberitahukan,bahawa suara itu berasal dari iblis.Sekarang saiapakah pula sebenarnya engkau sendiri?”

“Aku adalah Khidir.aku datang untuk menzirahi jenazah Muhammad s.a.w.”Jawab suara itu.

Ilmu Allah itu sangatlh luas,tidak ada 1 manusia pun yg bisa menjangkaunya.. Bhkn Allah jg memilki triliyunn rahasia yg bhkn seorang Rasulullah jg tidak begitu tau semua rahasia yg di miliki Allah.Jgnlh terlalu diperdebatkn,kamus hidup yg paling lgkp itu Al-quran nul kariim.Tu aja yg jd pedoman qt sebagai muslim.. :)

Almarhum Kakek ane pernah bertemu dengan Nabi Khidir, kakek ane adalah Ulama (Kakek ane adalah satu guru dari ulama besar di Martapura), nah singkat cerita kakek ane ketemu dengan Nabi Khidir dan Nabi Khidir memberikan saran untuk pergi ke suatu tempat dimana disana sangat parah sekali moral masyarakatnya, sangat jauh dari agama, bahkan sesama saudara kandung saja saling menikah. Saking detailnya Nabi Khidir memberikan saran, bahkan tanah dimana kakek saya harus menetap pun ditentukannya, hingga saat ini tanah kakek ane itu udh dibagi-bagi sebagai warisan ke anak cucunya, dan tanah itu Alhamdulillah memiliki berkah tersendiri.

Nabi Khidir datang kepada orang tertentu (yg pasti agamanya kuat baik itu iman dan ibadahnya dan juga keilmuannya), paling utama itu orang yg memiliki ilmu agama yg tinggi maka Nabi Khidir akan menemuinya, entah itu menguji, memberikan saran, memberikan ilmu dan hikmah, dsb

Tidak ada tuh yg namanya Nabi Khidir menyamar jadi Pengemis, Nabi Khidir ini masih misteri, tapi ada ciri khas dari beliau yg ane sendiri gk tau, lupa apa ciri-ciri beliau, entah ciri fisik dan ciri kondisi keadaan sekitarnya jika beliau hadir.

Memang gk sembarang orang bisa bertemu dan ditemui oleh Nabi Khidir, dan dimana beliau sekarang tidak ada yg tau, belum tentu ada di Indonesia loh sodara-sodara, bisa di mana saja, di seluruh dunia ini.

Klo sy sih percy klo nabi khidir as masih hidup...menurut cerita beliau mendapt wahyu dari Allah swt pada zaman kerajaan iskandar dimana sang raja ini sdng mencari mata air ainul hayat..pada saat itu nabi khidir ikut serta dlm pencarian mata air itu,nmun saat berjln dlm gua selama 18 hari tanpa cahaya matahari,nabi khidir mendapat wahyu dari Allah swt,bahwa mata air ainul hayat terletak di tepi jurang bagian barat dan hanya di peruntukkan hanya untuk dia...akhirnya tanpa sepengetahuan sang raja beliau mendatangi mata air itu sendirian dan meminumnya....hal ini bahwa siapa yg meminum mata air itu akan berumur panjang...wallahu a'lam itu sy baca dari artikel bahwa nabi khidir as masih hidup hingga saat ini karna air ainul hayat tadi...

Dari pada berdebat, mari kita semua memperbnyak ibadah dengan berdoa. Jangan lupa doakan saudara-saudara kita yang masih berjuang dalam perang di Timur tengah

Wallahualam. Memang ksah beliau bnyak ada di kisah2 org2 suni terdahulu.

itu sumbernya berasal dari mana saja?
Al Qur'an dan Hadist
kalo Hadist shaqih gak?

semua yang kalian perdebatkan itu benar, pada ukuran/kapasitas keimanan diri kalian masing2... akhir kata inalilahi wa inailaihirojiun.

Maka berjalanlah keduanya, hingga tatkala keduanya menaiki perahu lalu Khidhr melobanginya. Musa berkata: "Mengapa kamu melobangi perahu itu akibatnya kamu menenggelamkan penumpangnya?" Sesungguhnya kamu telah berbuat sesuatu kesalahan yang besar. [Quran Surah Al-Kahf 71]

hamba Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang mempunyai mukjizat seperti Khidhr yang disebutkan dalam alQuran itu anda anggap bukanlah seorang Nabi Allah?
belajarlah dengan baik nak.

Perkiraan umur 6000. thn
Saat minum ainul hayat sekitar tahun 322 SM
Sekarang tahun 2015
2015 + 322 = 2337 tahun
6000 - 2337 = 3663
Yg 3663 tahun kemana boss?????

android insya Alloh

Subhanalloh..bila sudah di takdirkan bisa bertemu Nabi hidir... pernah dengar biasanya yg bertemu mereka para ahli sholawat..

Pernah dapat keterangan... yang Ahli sholawat bisa ketemu nabi Hidir...

Debatin cerita nabi,, mending d3batin cerita diri kita S3ndiri, udah banyak bekal belom buat hidup abadi di akherat kelak. Terlalu banyak tau cerita, tp cerita hidup diri s3ndiri ngak tau. Manusia selalu bgitu.

Kalo mnurut yg prnah saya baca.. tapi buku tafsir di toko buku . NABI khidir adalah malaikat yg mnjelma mnjadi manusia..

dengan meningkatkan iman lebih baik, dan juga mengimaninya

Klo cerita ky gini mah buat anak SD baru percaya, atau jangan" yg bikin anak SD kali, ga da manusia yg hidup kekal, iblis lah bisa, karena di ijinkan oleh Allah, cm nabi isa yg di angkat ke langit nanti di turunkan pas hari kiamat

Ada hubungannya sama haji lulung gk ya..?

Khidir itu teman saya. Nama sebutan. Aslinya Kodir. Orangnya baik kok.....

Itu kn sebelum masehi.... Emng tau SM smpe brpa tahun ??? Jngn mrsa pinter dluan...

Nabi Khidr, الخضر, Khadr, Khader, Khadir saya pribadi meyakini dia ada sebagaimana kisahnya dengan Nabi Musa tertuang dalam Surah Al-Kahfi ayat 65-82.

kayanya bener beliau sekarang bekerja di kawasan sini, mungkin sedang menyamar

Nabi yg 25 itu semua hdup mati hanyalah jasad nya
begitu mrnurut pamendak mail

Saya mengimaninya ,, jgn bilang gk mungkin ketika allah udah berkata terjadi, maka terjadilah,,
Orang yg selalu bilang gk mungkin berarti orang yg gk beriman kpd allah,,
Ilmu islam itu luas ,semua jagadraya ada dlm ilmu islam
Kaji lah setiap apa yg dirasakan,didengar dan dilihat
Dan allah berkata aku menurut prasangka hambaku,
Berprasangkalah dengan baik agar kebaikanlah yg akan datang..
Saya mendengar cerita ini dari kakak saya, ma'rifatullah ilmunya,, mungkin hanya dapat dimengerti oleh orang² yg ilmunya telah sampai ketingkatannya ,,
Islam itu tidak diperdebatkan akan tetapi mencari kata kesependapatan,,


Assalamualaikum.. hanya mengingatkan, perdebatan boleh saja di lakukan, di amini oleh siapa saja...

Nabi Khidir seperti semua nabi yang Allah SWT. Pilih, itu ada, saya pribadi mengamini, tapi selayaknya dan setegas mungkin, Nabi dan Rosul yang wajib kita kenal hanya 25, Bagaimana saudara-Saudari sekalian bisa memperdebatkan Nabi Khidir AS. Sejauh ini? sedangkan, tuntunan Al-Qur'an, Al-Hadist, dan As-Sunnah saja masih kita semua lalai?

Lebih baik, perdebatkan hal yang nampak,
Sesungguhnya, Kita tidak mengetahui apa-apa.. dan sebaliknya Allah SWT. Mengetahui apa yang kita tidak ketahui.. apa yang baik dan yang buruk bagi kita..

:)

S7�� .... saya percaya 1000% haqqul yakin !?

Ah yang boneng lu gan

Nabi yg ada itu berjumlah 12000 dan yg wajib di ktahui hanya 25 krn dikisahkan dalam al quran,,,,maka bagi anda yg tidak tau cari lah ilmu dengan baca jangan komentar ga MUTU


Jangan kaya luwak,nikmatin kopi langsung dimakan sama biji bijinye,keluarnye biji lagi

Anonymus sepertinya pengen cepet menghadap sang khalik :p

kalau di telaah kembali sih ada yang aneh di cerita ini., nabi khidir pernah bertemu dengan nabi musa., sedangkan nabi musa AS itu diperkirakan hidup di tahun 1572 SM, sedangkan ini di ceritakan meminum air pada tahun 322 SM., kalau di lihat lagi itu berdekatan dengan masa dari nabi sulaiman yakni 400thn SM, nah di sini perbedaan nya jauh sekali.,

benar kalau di telaah lagi memang ceritanya agak menyimpang., nabi khidr ini bertemu nabi musa pada tahun 1527 SM sedangkan baru minum pada tahun 322 SM ini lah ke anehan nya.,

Saya s7uh,sama pendapat,My Journey

kun fa yaa kun.. apa yg menjadi ketentuan sang kholik tidak ada yg tidak mungkin pasti terjadi tertulis ko di kitab suci Al-Qur'an.

hahahahaha....sotoy ente. Nabi Musa aja gak sanggup!! Padahal alloh blom menampakan zatnya, nabi musa as tidak sanggup menatap bias Nur (blom zatnya)alloh swt. Palagi kita manusia biasa yg hina ini.... Jangan pake anus klo mikir nte... wkwkwkwkkkkk

Assalamualaikum, jgn salah mengartikaan dan mengambil pengetahuan dari suumber yg tidak jelas ntar sesat n bisa membenci agamamu sendiri, tapi meenurut dari beberapa sumber dan kitab atau tafsir nabi khaidir itu memang ada, dia yg akan terus menyisiri pantai dari seluruh duunia dia bisa berupa aulia allah atau seperti pemberi tanda yg berpindah" dengan cara raif, dan dia selalu ada ditepian pantai atau pesisir hingga laut, apabila dia berpindah dan melangkah dia akan mengejapkan sebelah telapak kakinya dan disekeliling telapak itu akan subur dengan rerumputan seperti yg terjadi di kampung saya wilayah aceh pesisir tamiang kec.seruway desa gelung disebuah pantai dan telapak kakinya masih ada sampai saat ini yg menyerupai kaki manusia berukuran raksaksa , saat dia melangkah dengan mengejapkan kaki kirinya di timur maka kaki kanannya akan mengejap dibarat, dan Iya akan memberi musibah kepada org yg berniaat buruk dilaut ini berdasarkan dari apa yg dilihat atau kajian dari org tua dikampung saya, Maaf sebelumnya kalau ada cara penyampaian yg salah, mari kita membandingkan dari beberapa sumber atau mengkaji lebih dalam lagi dan jgn saling menyalahkan atau menghakimi seseorang, Perang itu sering diawali oleh perdebatan, dan saya juga masih belajar dan cuma bisa menjelaskan sedikit dari pembahasan ini dan ingat yg sayaa sebutkan juga belum tentu benar karna kebenaran atau yg maha mengetahui adalah sang pencipta yaitu ALLAH SWT, wassalam

Subhanallah, ini fitnah. Tidak ada Nabi sebelum Rasulullah SAW yang masih hidup kecuali menjadi pengikut beliau.

[HR. Ahmad dalam Al-Musnad (3/387)]
“Andaikan Musa hidup, tentunya tidak mungkin baginya, kecuali harus mengikutiku”.

[QS 21:34]
“Kami tidak menjadikan kehidupan abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (Muhammad). Maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal”.

[QS 3:81]
“Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil perjanjian dari para nabi: “Sungguh, apa saja yang Aku berikan kepadamu berupa kitab dan hikmah, kemudian datang kepadamu seorang rasul yang membenarkan apa yang ada padamu, niscaya kamu akan sungguh-sungguh beriman kepadanya dan menolongnya”. Allah berfirman, “Apakah kamu mengakui dan menerima perjanjian-Ku terhadap yang demikian itu?” Mereka menjawab,“Kami mengakui”. Allah berfirman, “Kalau begitu saksikanlah (hai para nabi) dan Aku menjadi saksi (pula) bersama kamu”.

[Tafsir Ibnu Katsir (1/565)]
Al-Hafizh Ibnu Katsir menukil dari Ibnu Abbas RA, ia berkata saat menafsirkan ayat ini, “Allah tidak mengutus seorang nabi di antara para nabi, kecuali Dia mengambil perjanjian padanya. Jika Allah mengutus Muhammad SAW sedang nabi itu hidup-, maka ia (nabi itu) betul-betul harus beriman kepada beliau, dan menolongnya”.

Jika Khidir AS masih hidup, tentunya ia tidak boleh menunda-nunda keimanannya kepada Rasulullah SAW. Ia harus mengikuti Nabi SAW, berjihad bersamanya dan menyampaikan dakwah beliau. Ini merupakan perjanjian Allah kepada seluruh para nabi dan rasul sebagaimana yang tersebut dalam QS. Al-Imran ayat 81 di atas.

Allahu A'lam

Anonymous. Anda seperti nya paham islam tapi kok aneh bicaranya seperti.nyeleneh. Ketahui lah nabi muhammmad pun tidak pernah melihat Allah Tuhan semesta alam sekalipun nabi muhammad menghadap Allah di sidratulmuntahandi langit ke 7. Di saat hisab di hari kiamat nanti wallahu'alam manusia.mungkin.bs melihat wujud Allah Tuhan semesta alam.

weee arga rizki lo bukan orang islam yahh.
kalau bukan mendingan lo diem aja kalau gak ngerti apa apa.
ok.

Alloh SWT, menghendaki siapa siapa dr hambanya untuk diberikan ILMU (nyata\ghaib). Tentunya tingkatan iman dan taqwa yang paling tinggi. Tidak ada yang mustahil bagi Alloh SWT.

Jgn asal ngomong nanti kualat, mending ngaji yg bener

Makanya ngaji

Udah kaya debat capres, seruuuu Hhaha, truskan teruskan, Hahaha

Banyak orang berilmu sebatas syariat, padahal tingkatan berilmu ada syariat, tarekat, hakekat,makrifat. Kalau ilmu cuma sampai syariat. Dikit2 ya berdalil dan mana dalilnya. Membunuh orang? Jelas berdosa kalau sesuai syariat. Tp di dalam Al-qur'an Nabi khidir membunuh anak kecil di hadapan Musa? Bukankah membunuh 1 orang sama halnya membunuh seluruh umat manusia? Terus nabi khidir dosa? Masuk neraka? Apa yg kalian anggap tidak mungkin, apa susahnya Alloh menjadikan mungkin. Jangankan nabi khidir, nabi isa sampai skarang masih hidup. Mana dalilnya? Hahaha perbanyak lagi ngajinya. Terus kalian bilang tidak mungkin? Upgrade pemikiran kalian dr syariat ke tarekat. Ngaji cuma sekedar copas, abis copas udah. Terus buat apa?? Siapa yg ngajarin seperti itu,? Dalilnya mana? Dalil copas ayat al-quran itu mana? Ngajimu cuma sebatas al-qur'an terjemah ko belagak sepeti ahli tafsir saja.

Mantap bang....

Back To Top