4 Alasan Kenapa Kuliah itu Sangat Penting

Kuliah banyak diburu oleh semua orang terutama bagi para pelajar yang telah lulus SMA dan ternyata ada 4 alasan kenapa kuliah itu sangat penting. Banyak orang yang mengejar kuliah karena ingin mendapatkan embel-embel gelar dibelakang namanya seperti S.H, S.E, S.Pd, dll. Namun tidak sedikit juga yang berniat kuliah murni hanya untuk belajar dan memperdalam ilmu yang mereka sukai. Sebenarnya apa alasan pentingnya kuliah?

4 Alasan Kenapa Kuliah itu Sangat Penting

Inilah 4 Alasan Kenapa Kuliah itu Sangat Penting
Kuliah merupakan salah satu jenjang pendidikan yang membutuhkan banyak uang, sehingga banyak para orang tua yang tidak mengijinkan anak-anak mereka untuk melanjutkan ke jenjang ini karena faktor biaya. Namun tidak sedikit juga dari mereka yang nekat kuliah sambil bekerja paruh waktu sehingga dapat menutupi masalah pembiayaan dalam kuliah.

Kuliah merupakan jenjang pendidikan yang sangat penting bagi seseorang. Mengapa demikian? Berikut adalah empat alasan kenapa kuliah itu sangat penting:

1. Memperoleh pekerjaan yang bagus atau sukses dalam berkarir.
Selain untuk mendapatkan ilmu, dengan kuliah seseorang dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan profesionalnya sehingga dapat memperbaiki keuangan dan meningkatkan kondisi sosial keluarganya karena pekerjaan-pekerjaan profesional seperti dokter, guru, dan pengacara biasanya diberlakukan hanya untuk orang-orang yang telah mendapatkan gelar dari bangku kuliah mereka. Namun ada juga orang yang berpendapat bahwa banyak sarjana yang menganggur juga, inilah salah satu alasan kenapa kuliah itu tidak penting bagi mereka.

2. Dapat menggaet calon mertua.
Orang tua sekarang dan jaman dulu memang sama, mereka selalu menginginkan memiliki menantu yang sempurna, salah satunya adalah dengan tingginya tingkat pendidikan mereka. Sehingga kuliah merupakan salah satu upaya yang dapat menggaet hati calon mertua nantinya.

3. Melatih kemampuan berorganisasi.
Kuliah merupakan salah satu sarana untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya, selain ilmu dalam bangku kuliah ternyata kuliah juga dapat melatih kemampuan berorganisasi yang dapat bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Kebanyakan orang yang yang mengenyam pendidikan tinggi memiliki kemahiran dalam berorganisasi dan berinteraksi dengan orang lain sehingga hal ini dapat membangun relasi yang baik dalam usaha kedepannya.

4. Bisa jalan-jalan dengan tenang.
Kebanyakan orang selalu memanfaatkan momen sebagai mahasiswa untuk ajang jalan-jalan. Hal ini memang sering terjadi dan malah banyak mahasiswa yang rela bolos kuliah hanya untuk jalan-jalan saja. Sebenarnya ada alasan penting kenapa mahasiswa tidak boleh bolos kuliah. Apa sajakah itu? Berikut adalah alasannya:

- Beberapa dosen sering mengadakan ujian secara dadakan sehingga mahasiswa yang tidak hadir tidak dapat mengikuti ujian.

- Banyak dosen yang memberikan tugas dalam bentuk grup sehingga jika bolos kuliah maka kemungkinan besar tidak akan memperoleh grup.

- Banyak dosen yang selalu mengingat dan menyukai mahasiswa yang rajin datang dalam perkuliahannya sehingga hal ini bisa berpengaruh pada IP.

- Dalam perkuliahan biasanya dosen hanya mengadakan diskusi karena difikir mahasiswa telah belajar sebelumnya dirumah. Jika membolos maka peluang mendapatkan tambahan nilai dalam diskusi akan hilang.

- Banyak dosen yang mengajar dari berbagai sumber bukan hanya dari buku teks yang telah dimiliki mahasiswa sehingga jika membolos maka akan kehilangan kesempatan untuk memperoleh penjelasan tambahan.

- Dosen sering memberikan jawaban ujian dalam perkuliahan yaitu dengan adanya penekanan penjelasan, sehingga jika membolos akan rugi dalam ujian.

Itulah 4 alasan kenapa kuliah itu sangat penting dan dianjurkan bagi setiap orang karena selain dapat menambah ilmu ternyata kuliah juga dapat memberikan kehidupan yang lebih baik bagi kita.
0 Komentar untuk "4 Alasan Kenapa Kuliah itu Sangat Penting"

Back To Top