10 Pekerjaan yang Butuh Kemampuan Berbohong untuk Sukses

Berbohong adalah tingkah laku yang seharusnya dihindari oleh setiap orang. Karena dari kecil orang tua mengajarkan agar anaknya tidak berkata bohong pada orang lain. Tetapi pada kondisi tertentu, seseorang membutuhkan kemampuan ini untuk menjaga suatu hubungan ataupun menjaga perasaan orang lain. Terdapat 10 pekerjaan yang butuh kemampuan berbohong dalam menjalankannya.

10 Pekerjaan yang Butuh Kemampuan Berbohong untuk Sukses

10 Pekerjaan yang Butuh Kemampuan Berbohong kepada Orang Lain

1. Aktor atau Aktris
Untuk berperan sebagai tokoh tertentu, mereka harus menjiwai agar terlihat meyakinkan. Meskipun kadang apa yang mereka perankan sangat berlainan dengan kenyataannya. Disinilah letak kebohongan mereka, tapi bukanlah kebohongan yang negatif atau merugikan orang lain, yakni lebih ke tanggung jawab mereka dalam memerankan suatu tokoh.

2. Dokter
Inilah profesi yang membutuhkan kemampuan berbohong demi kebaikan pasiennya. Pada umumya anak kecil takut apabila melihat jarum suntik. Jadi dokter harus membujuk mereka agar mau disuntik. Dokter itu akan bilang bahwa disuntik tidaklah sakit. Meskipun apa yang dikatakan dokter berbeda dengan kenyataannya. Tapi itulah yang harus dilakukan demi kesehatan pasien.

3. Fotografer
Untuk menjadi seorang fotografer yang handal, mereka memerlukan manipulasi agar gambar terlihat sempurna. Manipulasi ini akan lebih maksimal apabila ditambah dengan editing. Disinilah letak kebohongan seorang fotografer, yakni memanipulasi suatu hasil foto.

4. Guru
Guru memberikan pelajaran kepada kita tentang kebaikan. Tapi, tanpa disadari guru juga melakukan kebohongan kepada muridnya, terutama bagi guru TK. Sering kali anak-anak itu menangis saat ditinggal orang tuanya. Untuk menenangkannya, seorang guru akan mencari berbagai alasan agar mereka mau mengikuti pelajaran. Pada umumnya, guru akan berkata “Nak, ibumu tidak pulang. Dia menunggumu di ruang sebelah”. Hal tersebut merupakan suatu kebohongan, meskipun demi kebaikan sang murid.

5. Pramuniaga Baju
Pramuniaga adalah salah satu dari sepuluh pekerjaan yang butuh kemampuan berbohong. Mereka akan menghampiri kita saat kita terlihat menyukai salah satu produknya. Tak jarang mereka langsung menanyakan ukuran atau warna yang kita cari, dan memberikannya kepada kita untuk dicoba terlebih dahulu. Setelah kita coba, mereka akan berkata bahwa kita sangat cocok dengan baju itu dan baju itu paling laris saat ini. Kadang pramuniaga butuh untuk berbohong agar pelanggan yakin untuk membelinya.

6. Penata Rias
Banyak di antara mereka yang merasa tidak nyaman dengan pipi yang besar, hidung pesek, kulit hitam, dll. Agar terlihat sempurna, mereka menggunakan jasa penata rias untuk membuat wajah terlihat ideal dengan make up. Hal inilah yang dimaksud kemampuan berbohong pada penata rias.

7. Resepsionis Hotel
Mungkin Anda terheran-heran saat menemukan 2 kamar yang tersisa, meskipun tidak dalam suasana liburan. Anda akan merasa sangat beruntung dan berpikir bahwa hotel yang Anda pilih adalah hotel yang terkenal. Tapi terkadang hal tersebut adalah trik resepsionis untuk menarik pengunjung.

8. Sales Rumah
Sales adalah salah satu pekerjaan yang butuh kepandaian berbohong. Kemampuan ini diperlukan untuk menyusun cerita agar rumah yang ia tawarkan cepat terjual. Cerita tersebut berguna untuk membuat kesan baik sehingga banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

9. Sekretaris
Sekretaris adalah perantara bagi orang-orang yang ingin menemui atasannya. Seringkali ia berkata bahwa atasannya sedang sibuk meeting. Tapi terkadang perkataan itu adalah suatu kebohongan karena sebenarnya atasannya sedang tidak ingin diganggu.

10. Sopir Taksi
Saat kita memilih taksi sebagai transport, kita harus memperhatikan waktu dan biaya. Karena semakin lama waktu yang kita tempuh, akan semakin mahal pula biaya yang akan kita bayar. Tak jarang para sopir taksi mengatakan bahwa tujuannya sudah dekat, tidak lama lagi akan sampai. Terkadang perkataan itu adalah suatu kebohongan agar kita lebih tenang.

Demikianlah 10 pekerjaan yang butuh kemampuan berbohong kepada orang lain. Meskipun tidak semua kebohongan tersebut negatif, tetaplah berhati-hati agar kita tidak dirugikan.
0 Komentar untuk "10 Pekerjaan yang Butuh Kemampuan Berbohong untuk Sukses"

Back To Top