Ternyata Zombie Adalah Pahlawan Islam

Anda mungkin belum menyadari bahwa ternyata zombie adalah pahlawan islam. Anda mungkin ngeri jika memikirkan zombie yang biasanya terdapat di film sebagai makhluk yang berwujud mayat hidup yang akan memburu otak anda. Nah, lalu apa hubungan zombie ini dengan agama islam? Zombie yang dimaksud disini adalah bukanlah zombie yang biasa disebut mayat hidup. Hal ini dikarenakan zombie yang satu ini merupakan nama salah seorang pejuang islam yang memperjuangkan islam di brazil. Oleh karena itu, zombie juga disebut sebagai pahlawan islam. Sekitar tahun 1550 Masehi, Islam mulai memasuki brazil dengan berbagai cara. Brazil ini dipenuhi dengan orang-orang portugis. Orang portugis ini memasukkan banyak budak dari Afrika.

Ternyata Zombie Adalah Pahlawan Islam

Kebanyakan orang Afrika ini beragama islam. Dengan cara ini agama islam mulai menyebar di Brazil, budak dari Afrika ini mulai memperkenalkan agama islam ke masyarakat Brazil. Lambat laun, agama islam di Brazil semakin berkembang. Banyak masyarakat Brazil yang mulai terbuka dengan agama islam. Bukan hanya pendatang tetapi juga penduduk asli yang mulai memeluk agama islam ini. Di Brazil pada saat itu ada pasukan yang dikenal sebagai pasukan salibis. Pasukan ini merasa terancam dengan keberadaan agama islam. Dengan banyaknya masyarakat islam di Brazil membuat pasukan salibis ini tidak senang dan mulai menghancurkan islam sampai ke akarnya sehingga islam tidak dapat berkembang lagi di Brazil. Mereka menghancurkan seluruh umat islam di Brazil pada masa itu, setidaknya seperti itu anggapan mereka.

Lalu, pada tahun 1643 secara mengejutkan muncul seorang pahlawan yang gagah berani yang mengajak dan menyerukan masyarakat juga pemimpin Brazil untuk memeluk agama islam. Nama pahlawan islam yang gagah berani ini adalah zombie. Mendengar kemunculan zombie ini tentunya pasukan salibis ini sangat terkejut. Mereka dengan yakin mengatakan bahwa seluruh umat islam telah berhasil dilumpuhkan dan tidak ada lagi masyarakat Brazil yang memeluk agama islam. Namun nyatanya masih ada pahlawan islam yang satu ini, zombie. Pasukan salibis yang tidak terima dengan kemunculan pahlawan islam ini, segera mentargetkan zombie sebagai musuh mereka. Namun, sampai sekarang zombie juga seakan-akan dibuat menjadi musuh yang harus dibasmi dan dilawan. Zombie juga digambarkan sebagai mayat hidup yang berusaha mengancam hidup manusia. Namun, zombie sesungguhnya merupakan pahlawan yang berjasa bagi umat islam di seluruh dunia. Setelah dijadikan target oleh pasukan sabilis maka zombie bersama umat islam yang berhasil dikumpulkannya ini berperang melawan pasukan sabilis.

Dengan izin Allah SWT perang antara pasukan sabilis dengan pasukan islam yang dipimpin oleh zombie dimenangkan oleh pasukan islam. Pasukan islam semakin berkembang, mereka berhasil menguasai beberapa daerah yang ada di Brazil. Melihat hal tersebut banyak orang yang tidak setuju, salah satunya kekaisaran portugis. Melihat hal ini kekaisaran portugis tidak hanya tinggal diam dengan dibantu angkatan laut kekaisaran Eropa maka pasukan islam yang dipimpin oleh zombie semakin berkurang dan akhirnya runtuh satu persatu. Jika melihat hal ini maka kita tahu seberapa tangguh dan beraninya pasukan islam yang dipimpin oleh zombie ini.

Namun sangat disayangkan jika zombie yang pada zaman dahulu menjadi pahlawan pasukan islam, pada saat sekarang dijadikan objek yang harus dimusnahkan oleh orang-orang. Memang zombie pasukan islam berbeda dengan zombie yang dimaksud di film namun ini membuat penggambaran sosok zombie terkesan menakutkan dan dijadikan sebagai musuh bersama. Nah, jadi sekarang anda dapat mengetahui fakta bahwa ternyata zombie adalah pahlawan islam.
14 Komentar untuk "Ternyata Zombie Adalah Pahlawan Islam"

subhanallah. keren. baru tahu
terima kasih pegetahuannya

Izin meluruskan fakta.

Latar belakang saya adalah Komunikasi dan Media.
Kebetulan saya juga sedikit paham sejarah Islam di Brasil karena saya praktisi Capoeira sejak 2002.

1. Zombie yang dijadikan referensi umum, terutama oleh Holywood, mengacu kepada Kepercayaan dan kisah rakyat (folklor) di Haiti. Jadi tidak ada hubungannya dengan Zombie di Brasil seperti argumen artikel diatas. http://en.wikipedia.org/wiki/Zombie_(folklore)

2. Referensi yang paling tepat mengenai Zombie di Brasil tersebut adalah Zumbi dos Palmares. http://en.wikipedia.org/wiki/Zumbi.

(*lain kali mohon agak rajin sedikit jika mau nulis artikel di media sosial. Lakukan studi kepustakaan dulu. Bahkan mengutip nama saja salah*)

Mari kita telaah Zombie dan Zumbi dos Palmares dalam konteks keseluruhan artikel diatas

3. Apakah Zumbi seorang Pahlawan / Komandan ?
Ya, benar. Zumbi dos Palmares adalah pemimpin Palmares, suatu daerah yang dibentuk oleh para budak pelarian yang melarikan diri dari para pemilik budak.

4. Apakah benar ada penguatan posisi Islam di Brasil ?
Artikel tersebut tidak diperkuat dengan data. Namun, memang ada revolusi yang dipimpin oleh budak muslim tahun 1835 (http://en.wikipedia.org/wiki/Mal%C3%AA_Revolt)

5. Di saat seperti itu, pada tahun 1643, tiba-tiba muncul seorang pahlawan Islam. Dengan gagah berani ia mendeklarasikan berdirinya Negara Islam di Brazil setelah sebelumnya bergerak mendakwahkan Islam ke berbagai penjuru Brazil dan mengajak para tokoh dan pimpinan di wilayah itu untuk masuk Islam. Nama pahlawan itu adalah Zombie.

Tidak/belum ada fakta sejarah yang bisa membuktikan argumen diatas,
Tidak/belum ada dokumen sejarah yang menyebutkan Zumbi adalah seorang pendakwah.
Fakta yang ada menyebutkan Zumbi adalah seorang Komandan Militer.

6. Apakah Palmares benar merupakan Negara Islam di Brasil ?

Tidak/belum ada fakta lebih lanjut.
Saya lanjutkan kembali bahwa Palmares adalah "daerah aman" yang didirikan oleh para budak pelarian, tentara yang desersi, termasuk juga suku Indian asli Brasil yang termarginalisasi dan juga pemeluk agama Yahudi. http://atlantablackstar.com/2013/11/15/afro-brazilian-story-black-november-zumbi-dos-palmares/

Sebagian besar dari para budak tersebut memang beragama Islam. Tapi sampai saat ini belum saya temukan data yang jelas-jelas menyebutkan bahwa Palmares adalah Negara Islam atau Kelompok Islam.

7. "Ketika posisi Islam di Brazil menguat, Pasukan Salibis menghabisi mereka. Pasukan Salibis berusaha menghancurkan Islam hingga ke akar-akarnya. Dan mereka menganggap program mereka berhasil. Islam telah dilumatkan"

Alasan utama pembentukan Palmares bukan agama, namun perjuangan mencapai kemerdekaan dan perlawanan sosial antar kelas, yaitu kaum termarginal melawan kolonial Portugis yang didukung para pemilik budak yang kebetulan memang beragama Kristen. Jadi penggunaan kata "Salibis" disini terlalu tendensius.

8. Apakah Zumbi dos Palmares beragama Islam ?
Tidak/belum ada fakta lebih lanjut.

Saya rangkum :

Bahwa benar ada Komandan Militer bernama Zumbi di Brasil yang memimpin Quilombos dos Palmares, yaitu daerah aman yang dibentuk oleh para budak yang mayoritas muslim, bersama-sama dengan kelompok minoritas lainnya dalam memperjuangkan kemerdekaan diri melawan Kolonial Portugis.

Namun argumen apakah benar Zumbi beragama Islam masih sangat bisa diperdebatkan.
Mari kita diskusi lebih jauh dengan pikiran terbuka.

Sip..!! Comment tanpa celah yg menyudutkan sipenulis.. hebat,,

jadi yag sebenarnya seperti apa ya?

Artikel di atas tentang Zombi/Zumbi adalah pahlawan Islam dari brazil adalah benar adanya, sangat benar Insya Allah.

Karena banyak sekali fakta sejarah Islam yg di putar balik oleh kaum salibis dan yahudis untuk menyesatkan ummat Islam, "Pahami itu" !

banyak sekali tokoh dan pahlawan Islam yang namanya di selewengkan dan di putar balik makna dan faktanya oleh kaum salibis dan yahudis

Comment di atas (dari beraswutah) adalah contoh comment seorang salibis yg mengaku mengenal sejarah Islam, padahal sebenarnya tidak.

Kalau anda (Beraswutah) mengaku mengenal sejarah Islam, saran saya pelajari dahulu Islam dari Akarnya (Quran), jadi kalau berbicara itu pakai dalil

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.
QS. al-Baqarah (2) : 120

Wassalam.

Allhamdullillah saya Muslim dan saya paham sejarah Islam di Brazil.

Perhatikan lagi dalil yang saya gunakan adalah historis-akademis, karena konteksnya adalah Sejarah Islam di Brazil.

Silahkan baca dengan seksama paparan saya di link tersebut dibawah

1. http://www.tarbiyah.net/2015/06/ternyata-zombie-adalah-pahlawan-islam.html
2 http://www.kaskus.co.id/thread/5575669d9252333e538b4570/?ref=threadlist-186&med=top_thread/1

1. Apakah pernah ada sosok Pemimpin Militer di Brasil yang namanya mirip zombie ?
Ya, benar ada. Namanya Zumbi dos Palmares. http://en.wikipedia.org/wiki/Zumbi

2. Apakah ia benar pernah memimpin suatu Komunitas/Daerah perlawanan terhadap Kolonial Portugis?
Ya, benar. Ia menjadi pemimpin terakhir Quilombos dos Palmares http://en.wikipedia.org/wiki/Palmare...%28quilombo%29

3. Apakah Zumbi beragama Islam ?
Tidak ada data.

4. Apakah Komunitas/Daerah tersebut merupakan Negara Islam ?
Tidak ada data.

Jadi mohon dipahami gan, bahwa
Poin 1 dan 2 itu Fakta.
Poin 3 dan 4 itu masih Opini, karena tidak didukung oleh Fakta. bahkan sifatnya masih karangan sepihak.

Referensi lain mengenai Zumbi dan Palmares :
1. www.blackhistoryheroes.com/2010/05/zumbi-dos-palmares.html
2. http://blackwomenofbrazil.co/2014/08...te-and-legend/
3. http://www.aaregistry.org/historic_e...freedom-brazil
4. http://www.afroriowalkingtour.com/zu...-palmares.html
5. http://www.nzibo.com/slavery.html

Kalau beliau memang Muslim dan Palmares benar negara/kelompok muslim, maka sepatutnya kita cepat-cepat berbenah diri, mencontoh beliau tanpa perlu buang energi dan pikiran dengan menghujat-hujat atau berpendapat yang menimbulkan kebencian.

Kalau beliau bukan Muslim dan Palmares bukan negara/kelompok muslim, maka jadikan ini pelajaran untuk kita semua untuk lebih cerdas dalam menerima informasi yaitu dengan mengecek kebenaran berita dengan referensi rujukan otentik buku/kajian akademis/bukti sejarah.

Ibaratnya baca riwayat, maka artikel tersebut (karangan penulis asal Palestina Jihad Al Turbani, (bukan Turbanli) judulnya Miatu min Udzoma' Ummah al- Islam Ghoiru Majro at-tarikh) - ini sanad-nya lemah

Kenapa ?

Artikel dan argumen yang disampaikan Jihad Al Turbani tidak dilengkapi oleh argumen, fakta dan bukti otentik sejarah/kajian akademis.

Selanjutnya disadur ke artikel media lasdipo.co.id dan tarbiyah.net menggunakan gaya bahasa yang cenderung SARA .

Alhamdulillah.
- Ternyata kang beraswutah beragama Islam,
- Dengan tidak mengurangi rasa hormat, beraswutah telah mendukung argumennya dengan sumber-sumber berupa beberapa tautan laman, yang meskipun memang ada namun kredibilitasnya masih terbuka untuk dipertanyakan (rantai sanadnya masih berisi periwayat yang belum jelas). Namun ini masih lebih baik daripada hanya dengan landasan semangat saja. Namun saya masih sangat patut menauladani metodologi beraswutah.

Apalagi kesimpulan anda: "Saya rangkum :

Bahwa benar ada Komandan Militer bernama Zumbi di Brasil yang memimpin Quilombos dos Palmares, yaitu daerah aman yang dibentuk oleh para budak yang mayoritas muslim, bersama-sama dengan kelompok minoritas lainnya dalam memperjuangkan kemerdekaan diri melawan Kolonial Portugis.

Namun argumen apakah benar Zumbi beragama Islam masih sangat bisa diperdebatkan.
Mari kita diskusi lebih jauh dengan pikiran terbuka."

menurut saya cukup bisa diterima oleh mereka yang berpikiran terbuka, dan saya bisa menerimanya.

Akhirnya, saya ingin bertanya: "memangnya kenapa kalau Zombie itu pahlawan Islam?" dan argumen terbaliknya "memang kenapa kalau Zombie memang bukan pahlawan Islam?"

Sudah cukup banyak tauladan (yg rantai periwayatannya telah teruji validitasnya) dari perjuangan para pejuang Islam dari jaman shahabat, tabi-in, dan generasi sesudah itu - baik yang berjuang secara fisik dan ilmu yang matang, yg bisa kita ambil sebagai pelajaran dan motivasi.

Allahu'alam.

subhanallah, saya sangat terkejut. thanks for you information.....

Bangsa kafir memang bisa nya memutar balikan fakta,membelokan sejarah...
Zumbie tapi orang kristen pangil zombie bodoh kali kau...jelas bahwa bangsa zionis memang sengaja injak injak agama islam..

Artinya mayoritas muslim itu faktanyakn jdi orng muslim tentu menunjuk pemimpin adalah muslim juga mereka tidak rela dipimpin oleh kaum kafir

Assalamualaikum, mujahidin saya perhatikan kata2 anda agak kasar menjurus sara, terus menduga beraswutah adalah nonmuslim itu sama dengan fitnah
beraswutah saya suka anda berkomentar dan alhamdulillah anda muslim
maafkan saya kpd mujahidin bukan beraksud mensudutkan, wassalamualaikum

Kasian tuh si Zombie d bikin bingung, sudahlah Lahaula saja, tidak usah mengurus orang lain, perbaiki diri aja lah tidak bisa dipungkiri kita pasti belum benar sepenuhnya, yang penting kita (Muslim) percaya Allah maha tau segalanya, jadi tidak usah membandingkan fakta dan opini.. salam sejahtera Muslimin Muslimat, Wassalam

sy pun sama,.apa mslhx dia islam apa bkn,yg pasti dia bkn mayat hidup yg mngerikan

Back To Top