Keajaiban Cumi-Cumi & Gurita yang Banyak Orang Belum Tahu

Ada keajaiban cumi-cumi & gurita yang belum banyak diketahui orang dan tentu sebagai dua dari banyaknya makhluk hidup ciptaan Allah, selalu ada keistimewaan yang diberikan saat Allah menciptakan mereka. Seperti yang kita telah ketahui bahwa cumi-cumi dan juga gurita adalah dua hewan air yang memiliki tubuh lunak dan biasanya memiliki kecepatan lebih rendah dalam bergerak yang dimiliki oleh hampir semua hewan yang tidak bertulang belakang, tapi nyatanya kemampuan gerak mereka lebih cepat daripada yang kita bayangkan. Tentu ini bukanlah satu-satunya keajaiban yang kita dapatkan dari cumi-cumi dan gurita, masih ada yang lainnya.

Keajaiban Cumi-Cumi & Gurita yang Banyak Orang Belum Tahu

Segudang Keajaiban Cumi-cumi & Gurita
1. Gerakan cepat yang dimiliki oleh kedua hewan yang tidak dilengkapi dengan tulang belakang oleh Allah bisa menjadi salah satu hal yang membuat kita terheran-heran. Padahal biasanya gerakan cepat hanya dimiliki oleh hewan-hewan yang bertulang belakang. Perlu diketahui bahwa cumi-cumi memiliki tubuh lunak yang ada lapisan jaket tebal untuk menutupinya. Ia memiliki otot-otot yang kuat untuk menyemburkan dan menyedot air yang terletak di bawah lapisan ini sehingga hewan ini memiliki kemampuan untuk bergerak mundur dengan sangat gesit dan baik meski memang telah diketahui kerumitan akan mekanisme pada cumi-cumi.

2. Pada cumi-cumi, jika diperhatikan ia memiliki lubang yang bentuknya seperti kantong di kedua sisi kepala yang berfungsi sebagai penyedot air yang nantinya masuk ke dalam rongga silinder atau tabung yang juga menjadi bagian dari badannya. Ajaibnya cumi-cumi dan gurita meski tidak memiliki tulang belakang dan bertubuh lunak, air pun bisa disemburkan keluar melalui sebuah pipa dengan ukuran kecil dan dalam tekanan tinggi sehingga gaya reaktif membuatnya dalam arah berlawanan mampu bergerak cepat. Hal ini disebut juga sebagai gaya dorong yang memiliki arah berlawanan dengan semburan airnya.

3. Cara berenang cumi-cumi juga ada tekniknya dan daya tahan serta kecepatan yang dipunyainya memang benar-benar sesuai dengan si cumi-cumi. Keajaiban cumi-cumi yang bernama Todarodues pacificus yang berasal dari Jepang ini bisa bergerak dengan kecepatan sekitar 2 kilometer per jam alias 1,3 MPH dengan jarak tempuh migrasi 2000 kilometer atau 1250 mil, sedangkan untuk jarak yang dekat, bisa ditempuh 11 kilometer per jam atau 7 MPH. Spesies lainnya diketahui bisa melalui kecepatan 30 kilometer per jam atau 19 MPH. Dengan kontraksi otot yang cepat, maka aksi meloloskan diri dari musuh juga bisa dilakukan dengan gerakan cepat oleh si cumi-cumi. Sebagai tambahan senjata, awan tinta pekat dan gelap bakal disemprotkan ke musuh sehingga sang musuh akan terkaget.

4. Untuk keajaiban gurita, perlu diketahui bahwa ada banyak lapisan otot yang bersusun-susun yang menumpuk-numpuk dan ada tiga jenis di sini, radial, sirkular, longitudinal. Dengan lapisan otot tersebutlah tubuh gurita bakal menjadi lebih seimbang dan kuat sehingga macam-macam gerakan bisa dilakukan berikut juga untuk menyemburkan air. Otot radial akan memendek setelah menyemburkan air dan menyebabkan lapisan jaket menjadi lebih tipis dan air pun akan masuk lagi untuk mengisi rongga jaket.

Sebenarnya gurita dan cumi-cumi hampir memiliki kesamaan dalam sistem otot, dan hanya satu bedanya, yaitu gurita memiliki otot longitudinal sedangkan cumi-cumi diciptakan dengan mantel atau lapisan urat otot yang sama fungsinya seperti otot longitudinal milik gurita. Kedua hewan ini pun diciptakan sempurna apalagi tentang perkembangbiakannya. Seperti terdapat pada QS. Al-Jaatsiyah 45:4 difirmankan bahwa pada waktu penciptaan isi bumi dan juga binatang-binatang melata di bumi, di situ bisa dilihat kekuasaan Allah untuk yang memercayai dan meyakininya, termasuk keajaiban cumi-cumi & gurita ini.
0 Komentar untuk "Keajaiban Cumi-Cumi & Gurita yang Banyak Orang Belum Tahu"

Back To Top