Ini Dia yang Dipelajari Bayi Sebelum Lahir ke Dunia

Ibu-ibu yang sedang mengandung, ini dia yang dipelajari bayi sebelum lahir ke dunia! Pastinya beberapa dari Anda mungkin ada yang belum tahu kalau ternyata bayi di rahim dan belum lahir sudah bisa belajar sendiri dan rupanya hal tersebut sudah banyak diteliti. Lalu, pertanyaannya adalah apa saja yang dipelajari oleh bayi tersebut?

Ini Dia yang Dipelajari Bayi Sebelum Lahir ke Dunia

Ini Dia yang Dipelajari Bayi Sebelum Lahir ke Dunia Menurut Studi Prenatal
Studi prenatal (sebelum kelahiran) yang dilakukan oleh beberapa ahli menunjukkan bahwa bayi dalam rahim sudah bisa mengenali getaran, suara, dan rasa yang akan dia bawa sebagai kenangan nanti setelah dilahirkan. Selain itu, bayi dapat mengenal emosi yang berasal dari ibu yang mengandungnya, menarik sekali bukan?

Ada pertanyaan yang muncul tentang mengapa bayi lebih suka mendengar suara ibunya sendiri dibandingkan suara wanita lain? Menurut studi yang dilakukan Psikolog William Fifer yang berasal dari Universitas Columbia, bayi yang memasuki dunia lahir dengan dua preferensi khusus yang dihubungkan dengan 2 suara, yaitu suaranya sendiri serta suara dari detak jantung ibunya. Itulah sebabnya, bayi lebih senang mendengar suara ibunya ketimbang suara orang lain.

Hal yang dipelajari bayi sebelum lahir ke dunia juga akan berpengaruh ke bayi saat dia sudah dilahirkan. Contohnya ada sebuah studi lain yang menemukan bahwa bayi yang baru dilahirkan akan mengenal irama dari nyanyian atau kata-kata ibunya yang disenandungkan berulang-ulang selama masa-masa kehamilan. Oleh karena itu, banyak dokter kandungan yang menyarankan wanita hamil untuk melantunkan nyanyian atau irama favorit mereka berulang kali pada masa kehamilan, agar nanti bayi yang baru lahir dapat merasa lebih nyaman dan berada di tempat yang akrab ketika sang ibu menyanyikan lagu yang sama setelah melahirkan.

3 Hal yang Dipelajari Bayi Sebelum Dilahirkan, Selain Mengenal Suara
1. Bayi mengenal rasa
Menurut Julie Mennella dari Monnel Chemical Senses Center, bayi yang belum lahir juga dapat mengingat rasa makanan yang dimakan oleh ibunya saat dia masih berada dalam rahim. Misalnya, saat ibu memakan bawang putih, maka rasa tersebut akan ada dalam air ketuban sang ibu. Selain itu, berbagai rasa makanan yang dikonsumsi sang ibu juga akan diintegrasikan ke dalam ASI atau Air Susu Ibu. Hal ini nanti akan berguna untuk pengenalan awal rasa yang dapat menjadi dasar pilihan makanan anak saat mereka tumbuh nanti dan akan menentukan makanan apa yang disukai bayi dan tidak. Sarannya adalah sebaiknya ibu perbanyak makan sayur dan buah sehingga saat anak tumbuh nanti tidak sulit makan makanan tersebut.

2. Bayi mengenal getaran
Janin yang berumur 26 minggu akan mengenal getaran yang diberikan ibunya dan mereka akan bergerak. Tetapi, saat getaran yang sama diberikan berulang-ulang, maka bayi tidak akan bergerak lagi dan baru akan bergerak saat ibu memberikan getaran yang baru. Gerakan ini berguna untuk merespon getaran yang diberikan oleh sang ibu sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa bayi memiliki pengalaman.

3. Bayi belajar secara emosional
Sebelum lahir, bayi juga belajar secara emosional dalam menanggapi lingkungan mereka. Saat lahir, bayi akan datang dengan kecenderungan emosional tertentu yang bisa didapatkan tidak hanya dari gen warisan, namun juga lingkungan yang berperan dalam membentuk emosi anak. Makanya, wanita yang sedang mengandung usahakan jangan stress atau depresi berlebihan karena akan berpengaruh pada bayi yang baru lahir nantinya, anak akan cenderung emosional seperti ibunya dan ini dia yang dipelajari bayi sebelum lahir ke dunia. 
0 Komentar untuk "Ini Dia yang Dipelajari Bayi Sebelum Lahir ke Dunia"

Back To Top