Ternyata Lidah Merupakan Otot Terkuat Pada Manusia

Banyak orang yang tidak mengira bahwa sebenarnya lidah adalah otot terkuat pada manusia karena lidah merupakan bagian yang sangat kecil dari tubuh kita. Sebagian besar orang tidak mengira bahwa semua yang berhubungan dengan lidah atau yang sering kali disebut sebagai lingual ini sebenarnya sangatlah kuat. Sesungguhnya lidah tidak hanya terdiri dari satu jenis otot saja. Malahan otot yang terdapat pada lidah sangatlah banyak sehingga sebenarnya terdapat kumpulan otot di dalam lidah. Semua otot tersebut dikelompokkan menjadi dua jenis otot yang tentunya memiliki fungsi yang berbeda pula. Mari kita lihat beberapa otot yang terdapat di lidah yang dianggap sangat kuat tersebut.

Ternyata Lidah Merupakan Otot Terkuat Pada Manusia

Otot Ekstrinsik 
Lidah merupakan otot terkuat pada manusia dengan otot ini yang merupakan jenis otot pertama yang terdiri dari delapan jenis otot dengan fungsi tersendiri. Beberapa otot tersebut antara lain adalah:

1. Musculus genioglossus: fungsi dari otot ini adalah untuk menarik lidah untuk turun kemudian menariknya lagi kebelakang dengan retraksi serta kemudian menekan lidah. 

2. Musculus hypoglossus: fungsi dari otot ini adalah untuk menarik lidah untuk turun, kemudian di bagian posterior otot ini dapat mengeluarkan lidah dengan menjulurkannya. Otot ini juga dapat menekan lidah serta memajukannya. 

3. Musculus palatoglossus: fungsi dari otot ini adalah untuk mengangkat lidah di bagian posterior yang membuat anggapan lidah, otot terkuat pada manusia. 

4. Musculus styloglossus: fungsi dari otot ini sangatlah penting bagi mulut karena ia akan menarik lidah kebelakang yang kemudian akan diangkat. Gerakan inilah yang akan membantu pembentukan pergerakan yang kita gunakan untuk menelan.

Otot Intrinsik
Otot ini adalah jenis yang kedua yang sangat spesial karena ia tidak melekat di bagian tulang tetapi hanya melekat pada bagian lidah saja. Terdapat beberapa otot yang termasuk pada otot jenis ini, antara lain:

1. Musculus longitudinalis
Otot ini memiliki dua jenis pula, yaitu jenis superior dimana ia akan melakukan retraksi dan kemudian melebarkan lidah serta membuat ujung lidah dapat terangkat maupun untuk menurunkannya. Jenis kedua yaitu inferior dimana ia juga akan melakukan retraksi serta melebarkan lidah sekaligus membantu melebarkan lidah serta membuat ujung lidah dapat terangkat maupun untuk menurunkannya. 

2. Musculus transversus serta Musculus verticalis
Kedua jenis otot ini bekerja bersama-sama untuk membentuk lidah menjadi sempit, serta untuk membentuk lidah menjadi lebih panjang yang semakin menekankan anggapan lidah, otot terkuat pada manusia.

Kenapa Lidah dapat Dianggap Sebagai Otot Terkuat bagi Manusia
Kita bisa melihat bahwa lidah sesungguhnya memiliki banyak sekali otot, malahan terdapat sekitar enam belas jenis otot pada bagian lidah kita. Terlebih lagi otot tersebut tidak hanya berfungsi untuk menggerakkan lidah saja, namun otot tersebut juga membantu kita saat sedang minum maupun makan dengan cara mendorong makanan tersebut masuk ke tenggorokan. Terlebih lagi otot lidah tidak pernah sekalipun berhenti untuk bekerja. Meskipun saat ini Anda sedang dalam keadaan tidur, namun otot lidah tersebut terus bekerja. Hal ini agar produksi air ludah di dalam mulut terus dilakukan karena penting bagi kesehatan dan kondisi tubuh itu sendiri. Kita bisa lihat, dengan otot yang selalu bekerja terus menerus maka anggapan lidah, otot terkuat pada manusia adalah benar adanya. Bukankah itu sungguh hal yang mengejutkan karena lidah memiliki bentuk yang sangat kecil tetapi justru terdiri dari otot yang kuat.
0 Komentar untuk "Ternyata Lidah Merupakan Otot Terkuat Pada Manusia"

Back To Top