Ternyata Ngabuburit Bukan Ajaran Islam

Ngabuburit merupakan satu istilah yang sering di ucapakan para kalangan remaja yang artinya menunggu matahari sore terbenam / menunggu datangnya waktu maghrib. Ngabuburit ini sudah bertahun tahun kebiasaan ini dilakukan oleh masyarakat Sunda (Jawa Barat), dan orang yang sudah berumah tangga dan mempunyai anak tak mau kalah dengan anak muda sekarang.

Ternyata Ngabuburit Bukan Ajaran Islam

Mereka anak-anak muda menuggu menjelang waktu berbuka puasa akan keluar dengan cara jalan-jalan bersama teman-temannya dan mampir di tempat keramaian. Bagi para ibu mungkin hanya sekedar keluar rumah dan bertandang di halaman rumah tetangga. Nah kebiasaan inilah yang disebut ngabuburit.

Kembali tentang ngabuburit, di kalangan masyarakat Sunda masa dulu, anak-anak desa masa dulu pada umumnya selalu bersemangat pergi ke Mesjid dengan berombong-rombongan untuk melaksanakan sholat maghrib berjama’ah, dan mengaji yang dibimbing oleh  guru ngaji, dan setelah sholat ‘isya berjamaah.

Awal Mula Adanya Ngabuburit untuk Menunggu Waktu Buka Puasa
Pada tahun terakhir ini istilah itu seperti Ngabuburit sudah terbiasa di bibir semua warga Indonesia, terutama anak-anak muda perkotaan. Dan istilah itu sangat sering di ucapkan pada saat datangnya bulan Ramadhan (bulan puasa).

Awalnya kenapa ngabuburit itu sekarang mudah di ucapkan pada bulan ramadhan?
Ini berkaitan dengan adanya acara infotaimen di televisi. Pada saat-saat Ramadhan beberapa tahun lalu, mereka mewawancarai artis-artis tentang kegiatan apa yang dilakukan artis pada bulan Ramadhan, dan satu contoh artis yang diwawancara adalah artis-artis berasal dari Jawa Barat, Yaitu Artis ND yang masih sering muncul di acara-acara TV. Yang namanya artis memang tidak akan jauh kegiatannya hanya seputar hiburan,berkumpul-kumpul dan bersenang-senang. Dan ND itu bilang, bahwa ia untuk menunggu datangnya buka puasa itu ngabuburit.

Di Koran Republika juga pernah membahas tentang ngabuburit. Tetapi mungkin dampaknya tidak seperti dari nonton TV. Masyarakat kita sangat murah mengikuti perkembangn zaman, terutama anak-anak muda, apa lagi itu datangnya dari artis-arti. Maka tak heran sewaktu si artis berbincang dengan kegiatannya pada saat menunggu buka puasa adalah ngabuburit, baik ke mal-mal atau berjalan-jalan soreh, yang mempengaruhi masyarakat muslim, terutama anak-anak muda. Manfaat dan adab puasa sudah dirusak!

Dampak Ngabuburit Jika Dibiarkan
Dampak Ngabuburit jika didiamkan saja, akan membuat generasi berikutnya atau generasi yang akan datang merasa ngabuburit itu bagian penting saat puasa yaitu menunggu buka puasa (ngabuburit puasa) tidak berdosa berduaan jalan-jalan menunggu buka puasa dengan nonton TV , menghabiskan waktu dengan sia-sia (atau malah melakukan dosa tanpa terasa) itu tidak mengapa.Padahal Islam tak pernah mengajarkan menunggu buka puasa dengan bersenang-senang, berduaan, jalan-jalan,    dan menyia-nyiakan waktu.

Hadist Rasulullah SAW yang berbunyi:
"Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta serta kedunguan maka Allah tidak butuh terhadap puasanya dari makan dan minum”. (HR. Al-Bukhari, Ahmad dan lainnya).

Dalam hadist hasan shahih yang berbunyi :
”Betapa banyak orang puasa, bagian dari puasanya (hanya) lapar dan dahaga”. (HR. Ahmad,).
Lebih baik masyarakat muslim melakukan ibadah puasa pada umumnya, juga anak-anak muda lebih baik berdiam diri di dalam rumah masing-masing.Dengan mendengarkan ceramah agama, berzikir, membaca Al-Qur’an, dan membagi makanan (sedekah) untuk buka puasa kepada tetangga atau kerabat dekat,bukan hanya menahan lapar saja.

Pada bulan Ramadhan sudah Allah tetapkan di dalam Al-Qur’an Surat (Al-Baqarah Ayat 183) yang berbunyi:
”Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (Al-Baqarah: 183).

Sebagai orang Islam, seharusnya sangat mengetahui juga rukun puasa, manfaat puasa, keutamaan puasa, yang membatalkan puasa sampai adab berpuasa.

Bagi para muslim yang sudah tahu tentang istilah ngabuburit sebaiknya saling mengingatkan Orang yang belum tahu istilah Ngabuburit. Orang tua wajib mengingatkan anak-anaknya, suami wajib mengingatkan istrinya. Mari kitapun mengingatkan bahwa ngabuburit itu tidak bermanfaat bagi puasa kita.
14 Komentar untuk "Ternyata Ngabuburit Bukan Ajaran Islam"

ceramah pake mikrofon juga gak ada ajarannya pak..pake motor apalagi..

ni artikel apaan? yang ngaji sambil nunggu buka puasa juga ngakunya "ngabuburit"..itu mah cuma bahasa aja...bikin artikel yang jelas cu!!

Nalar ente cetek brur mas anony..yg di maksud di larang itu bukan ngabuburit nya,,tapi kegiatan yg dulakuin di waktu nganbuburit...itu dah melenceng dari versi awal

Kenapa sih masyarakat indonesia suka sekali membuat polemik?Dalam masalah ngabuburit ini,admin jangan serta merta mengkategorikannya haram,dan dalil yg di tulispun itu bukan dalil larangan ngabuburit.
Apa bedanya ngabuburit dengan interaksi sosial kita sehari hari,yg jg dapat menimbulkan maksiat?berarti kita jg tidak boleh bekerja,berdagang,ataupun sekedar mengucapkan salam?
Coba di koreksi artikel ini

Intinya cara penyampaian/nulis artikelnya salah,,seolah2 mencap negatif istilah ngaBuburit..
Kami warga Jawa barat santai2 aja tuh dgn ngabuburit cuma menunggu saat2 buka puasa biasa aja,, klo semisal ada yg pacaran,jalan2, toh itu kembali kpd pribadi masing2,. artikel ini seolah2 menyamakan ngabuburit dengan istilah Dugeum atau hal2 yg berbau negati..
Cape deeeh....

yg salah bukan ngabuburitnya, tapi beberapa aktivitas mereka yg mungkin ga bermanfaat. jgn digeneralisir donk.

budaya kafir sangat berkembang di indonesia yg rakyatnya miskin akidah

Budaya kafir sangat berkembang pesat di indonesia karena rakyat indonesia sangat miskin akidah, terbiasa hidup konsumtif hedonis ala orba.

Budaya kafir berkembang sangat pesat di indonesia karena rakyat indonesia miskin akidah, terbiasa hidup konsumtif hedonis model orba

Jangan Terlalu Fanatik Fanatik Juga Boleh Dalam Ajaran ISLAM , Ngabuburit Itu CUman Istilah Saya Ngabuburit Ga jalan Tapi Nonton FIlm Bersama Anak Istri Itu Juga Ngabuburit Artikel Ini Secara Global Mencap Jelek Ngabuburit , Koreksi Tuh Artikel....

jika pendapat saya, ngabuburit itu boleh boleh saja, hanya saja kita tidak melakukan, yang bertentangan dalam ajaran Islam..
Thu Pendapat saya...
Mari kita Perangi Hawa Nafsu.... (bisa diartikan sendiri, maksut untuk perangi hawa nafsu)

Pemahaman agama ente payah... artikel terburuk yg pernah saya baca. Fuck this.

Saya mengerti maksud yang ingin Anda sampaikan, penulis yang budiman, Hanya saja perlu diperhatikan istilah "ngabuburit" itu artinya mengisi waktu sore hari dengan beraktivitas. Sebaiknya koreksi artikel ini terutama bagian akhirnya, karena bisa menimbulkan perusakan bahasa dan makna bahasa aslinya, lebih parah lagi bisa menimbulkan konflik yang tidak perlu.

Ngabuburit emang tidak ada, tapi tidak ada salahnya kita melakukan kegiatan menunggu berbuka, asalkan itu kegiatan yg positif

Back To Top