7 Pertanyaan Ilmiah yang Belum Bisa Dijawab Oleh Ilmuwan

Biasanya kita merasa yakin bahwa para ilmuwan itu sangat pintar dan sanggup menjawab segala pertanyaan ilmiah yang ada. Namun, rupanya ada 7 pertanyaan ilmiah yang belum bisa dijawab oleh ilmuwan, apa sajakah itu?

Ini Dia 7 Pertanyaan Ilmiah yang Belum Bisa Dijawab oleh Para Ilmuwan
Kalau dibaca, pertanyaan-pertanyaan di bawah ini kedengarannya simpel, tapi bikin pusing para ilmuwan. Ini dia 7 pertanyaan yang sulit dijawab oleh para ilmuwan:

7 Pertanyaan Ilmiah yang Belum Bisa Dijawab Oleh Ilmuwan

1. Mengapa es licin?
Sampai sekarang masih banyak orang yang bingung menjawab pertanyaan ini dan tidak hanya ilmuwan. Para ilmuwan ada yang menyimpulkan bahwa es itu licin sebab berasal dari air, sehingga ketika kita menginjaknya maka es akan “bersikap” lagi menjadi air. Tetapi, ada eksperimen yang membuktikan bahwa tekanan yang dihasilkan manusia tak mampu mengubah es menjadi cairan.

2. Mengapa kita tidur?
Ilmuwan juga belum bisa menjawab mengapa makhluk hidup butuh tidur, meski ada teori yang mengatakan bahwa tidur dibutuhkan untuk memori otak dan proses pembelajaran. Lalu, bagaimana dengan makhluk tanpa otak semacam mikro organisme dan juga tumbuhan? Mengapa mereka memiliki aktivitas serupa seperti tidur? Banyak teori yang dikemukakan oleh para ilmuwan tentang hal ini dimana tidak semuanya setuju.

3. Bagaimana cara kerja sepeda?
Bagaimana sih cara kerja sepeda? Mengapa saat kita naik sepeda, sepeda tersebut bisa berjalan stabil? Saat pertanyaan ini dikemukakan, bahkan para ilmuwan sepeda (yang disebut dengan bikeologist) bingung menjawabnya, dan mereka berkata bahwa tidak ada jawaban pasti.

4. Bagaimana cara kerja gravitasi?
Pertanyaan ini mungkin pernah atau sering Anda dengar pada masa sekolah dulu, namun hal tersebut masih jadi pertanyaan besar bagi para ilmuwan. Mereka kebingungan menjawab ketika baru sadar bahwa gravitasi adalah kekuatan terbesar sekaligus terkecil yang pernah ada karena dapat memastikan planet tetap berada di tempat masing-masing namun juga bisa menjadi kekuatan yang lemah saat ada 2 magnet didekatkan dan magnet tersebut menempel lebih kuat dan cepat dari gaya gravitasi.

5. Berapa jumlah planet di tata surya?
Pertanyaan sains yang belum bisa dijawab oleh para ilmuwan lainnya adalah tentang jumlah planet di tata surya. Sampai sekarang, para ahli di NASA dan juga badan antariksa lain dunia belum bisa sepakat tentang jumlah planet di tata surya. Hal ini disebabkan karena area di belakang planet Uranus terlalu gelap, sedangkan area di antara Matahari dengan Merkurius “terlalu menyilaukan” untuk diteliti.

6. Berapa jumlah spesies binatang?
Para ilmuwan yang mencari dan mencatat jumlah spesies baru yang juga disebut dengan taxonomist sampai sekarang belum dapat menjawab pasti jumlah spesies yang ada di bumi. Sebetulnya mereka sudah mencatat sekitar 2 juta spesies, namun rupanya diperkirakan jumlah spesies di bumi bisa mencapai 5 juta sampai dengan 100 juta spesies, loh! Kesulitannya adalah, para ilmuwan tersebut kebanyakan hanya meneliti bumi bagian utara dan kedua bentuk kehidupan di bumi sekitar 50 sampai 80 persenan banyak ditemukan di bawah lautan.

7. Bagaimana asal muasal kehidupan?
Sampai sekarang masih banyak ilmuwan yang memikirkan hal ini, ada yang menjawab atau berteori bahwa kehidupan berasal dari “prebiotic soup” dan ada juga yang mengira berasal dari bawah tanah. Mikroba tunggal juga diduga merupakan nenek moyang semua makhluk hidup di bumi, bahkan ada juga yang menduga bahwa kita semua adalah makhluk Mars. Semuanya serba tak pasti dan bikin ilmuwan bingung.

Itulah 7 pertanyaan ilmiah yang belum bisa dijawab oleh ilmuwan sampai detik ini, apakah Anda bisa mencoba menjawabnya?
2 Komentar untuk "7 Pertanyaan Ilmiah yang Belum Bisa Dijawab Oleh Ilmuwan"

Mengapa kita tidur? Cara kerja sepeda?… ini pertanyaan bisa dijawab kok tp panjang bgt, contoh... Kita tidur utk istirahat, memulihkan energi, saraf, dll... ilmiahnya kan bukan ttg relaksasi otak saja tp jantung dll

Memang, ada beberapa teori yang menyatakan kalau tidur itu berperan penting untuk proses pembelajaran dan memori otak. Tapi bagaimana dengan makhluk tanpa otak seperti tumbuhan dan mikro organisme? Mengapa mereka juga memiliki kegiatan serupa dengan tidur?

Back To Top