Hukum Memelihara Anjing Dalam Pandangan Islam

Kita tahu anjing adalah hewan yang sangat lucu, namun dalam Islam banyak sekali hal haram yang didapatkan dari bersentuhan dengan anjing tersebut. Kemudian bagaimana dengan hukum memelihara anjing dalam pandangan Islam? Memang kontroversi tentang memelihara anjing dalam pandangan Islam sangatlah banyak, karena itulah kita harus lebih berhati-hati dalam memandang hal tersebut. Kita harus melihat lebih jauh mengenai hal ini tidak hanya dari pandangan orang umum saja, tetapi kita harus melihat mengenai hal memelihara anjing yang terdapat dalam Al-Quran sebagai petunjuk hukum yang tepat. Terlebih lagi ada beberapa hadits yang telah membahas mengenai hal ini, mari kita lihat lebih jauh.

Hukum Memelihara Anjing Dalam Pandangan Islam

Pandangan Al-Quran Mengenai Memelihara Anjing
Suatu saat dikisahkan dalam Al-Quran bahwa malaikat jibril ingin memasuki rumah rasulullah, meskipun sudah diizinkan namun malaikat jibril tetap berlama-lama dan tidak segera masuk. Kemudian saat rasulullah bertanya, malaikat jibril mengatakan bahwa beliau tidak dapat masuk ke dalam rumah yang ada anjing maupun gambarnya. Sebab itulah rasulullah akhirnya memerintahkan abu rafik agar menyingkirkan seluruh anjing di dalam madinah. 

Mengenai hukum memelihara anjing ini terdapat pula beberapa hadits yang menyatakan bahwa jika seorang muslim memelihara anjing maka pahalanya akan berkurang pada setiap harinya sebanyak satu qirath. Dengan pengecualian bahwa anjing tersebut dipelihara untuk menjaga berbagai hewan ternak yang dipelihara, dan untuk dilatih agar dapat membantu berburu maupun untuk menjaga berbagai tanaman. Ada pula hadits lain yang menyatakan bahwa jika seorang muslim memelihara anjing maka amalannya akan berkurang pada setiap harinya sebanyak dua qirath dengan pengecualian yang sama. Maka sudah jelaslah dari apa yang tertulis dalam Al-Quran tersebut bahwa memelihara anjing dalam Islam tidak diperbolehkan.

Pandangan Muhammadiyah serta Nahdlatul Ulama Mengenai Memelihara Anjing
Yang menjadi kontroversi tersendiri adalah mengenai pandangan Muhammadiyah serta Nahdlatul Ulama yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia, ternyata mereka memiliki pandangan yang berbeda dalam hal hukum memelihara anjing tersebut. Tentunya kedua pihak sama-sama melihat ke dalam Al-Quran hanya saja keduanya memiliki penafsiran yang berbeda mengenai hadits yang terdapat di Al-Quran tersebut. Mari kita lihat lebih lanjut mengenai pandangan mereka pada hal memelihara anjing tersebut terutama jika anjing dipelihara untuk menjaga rumah kita.

Hukum memelihara anjing menurut pandangan Muhammadiyah dengan merujuk pada Q.S Al-Maidah yang berisi bahwa buruan yang telah ditangkap dengan baik oleh hewan buas apapun yang sudah dilatih untuk berburu, maka buruan tersebut dapat dimakan serta diharuskan untuk menyebut nama Allah pada saat akan melepaskan hewan buas tersebut untuk berburu. Melihat dari hadits ini maka dari Muhammadiyah sendiri memandang bahwa Anda masih diperbolehkan memelihara anjing, hanya saja anjing tersebut hanya boleh dipelihara diluar rumah. 

Sedangkan mengenai hal memelihara anjing ini menurut pandangan Nahdlatul Ulama yang merujuk pada kisah yang dilakukan oleh rasulullah yang memerintahkan untuk menyingkirkan semua anjing yang ada di dalam madinah adalah hal yang baik. Karena itulah mereka beranggapan bahwa memelihara anjing tidak diperbolehkan. 

Kita lihat bahwa Muhammadiyah serta Nahdlatul Ulama memiliki pandangan yang berbeda mengenai hukum memelihara anjing tersebut. Karena itulah sebagai umat muslim Anda harus dapat menentukan mana yang menjadi hal baik bagi diri Anda sendiri. Terlebih lagi beberapa aturan tentang anjing yang najis yang harus diikuti terutama mengenai harus membasuh sebanyak tujuh kali serta menggunakan tanah untuk membasuh yang bisa menjadi pertimbangan.
31 Komentar untuk "Hukum Memelihara Anjing Dalam Pandangan Islam"

Bagaimana hukumnya ketika kita shalat dan anjing penjaga tersebut menjilat kakinya???

anjing terkenal sebagai The Man Best Friend, sedangkan kucing terkenal sebagai On Table Thieves, silakan aja pakai dalil agama untuk memilih binatang yang penting tau hasil dan akibatnya: Anjing akan setia sama tuannya sampai mati, semetara kucing setia sama makanan, bahkan meski tidak dikasi makan, dia bisa mencuri sendiri dari atas meja makan wkwkwkwkwk

Analisa kampungan

makanan kucing lebih murah drpd anjing porsinya jg gak banyak,. tp anjing emng lucu sih,. so far tetep mending miara kucing,.. whatever lah , asal jgn babi,..

Sabda Rasulullah: “Apabila salah seorang dari kamu sudah selesai membaca tasyahhud dalam shalatnya hendaklah ia berlindung kepada Allah dari empat perkara yaitu dengan mengucapkan: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari azab neraka Jahannam dan dari adzab kubur dan dari fitnah hidup dan mati dan dari fitnah Dajal.”
(Riwayat Muslim dari Abi Hurairah)

Sabda Rasulullah yang lainnya:
“Sungguh aku benar-benar akan memperingatkan kamu akan bahaya dajjal, tidak ada satu Nabi pun, kecuali ia memperingatkan kaumnya (akan fitnahnya) dan Nuh juga telah memperingatkan kaumnya, akan tetapi aku akan mengatakan kepada kalian suatu perkataan yang belum pernah dikatakan oleh para Nabi sebelum aku terhadap kaum mereka, sesungguhnya ia bermata sebelah dan Allah bukanlah bermata sebelah (bermata satu).”
(Riwayat Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi dari Ibn’Umar)

Fitnah dajal adalah fitnah syahwat dan syubhat (yang hak terlihat sebagai kebatilan dan sebaliknya). Dajal dengan subhat (pemutarbalikan kebenaran dan kebatilan) dan hal-hal luar biasa yang dipunyainya akan memikat hati dan Iman yang lemah dari kaum Muslimin apalagi terhadap kaum Musyrikin dan kaum atheis.

Sabda Rasulullah:

“Semenjak Adam diciptakan sampai berdirinya kiamat tidak ada cobaan yang lebih besar dari dajal.” (Hadis Riwayat Muslim)

“Tidak ada fitnah yang lebih besar dari fitnah dajal.” (Hadis riwayat Ahmad)

“Barang siapa yang mendengar nama dajal hendaklah ia berpaling darinya. Karena, demi Allah, sesungguhnya apabila ia menemuinya dan ia mengira bahwa dirinya adalah seorang Mu’min, maka ia akan mengikutinya (dajal tersebut) dengan segala syubhat (kebatilan) yang ia timbulkan.” (Hadis shahih diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud dan Hakim dari ‘Imran bin Hushain. Dishahihkan oleh Al Albaani dalam Al Misykat, nomer 5488)

“Sungguh orang-orang akan berlarian ke gunung-gunung untuk menjauhkan diri dari fitnah dajal.” (Hadis Riwayat Muslim)

semua yang TUHAN ciptakan di dunia ini halal adanya
tinggal kitanya lagi yang memanfaatkannya

Yang jadi pertanyaan untuk apa anjing ada bila tidak boleh memeliharanya? Sama halnya babi, untuk apa babi ada bila tidak boleh memakannya? Saya muslim. Saya yakin semua ada alasannya di qur'an. Tapi skg ini kita belum sanggup meneliti. Jadi saya ucapkan terimakasih untuk non muslim yang mau merawat anjing dan lebih lagi kalau mereka mengikuti agama islam.

jangan lupa, iblis, jin, juga ciptaan Tuhan, tepi mereka haram diikuti :D semua ciptaan Allah, dan Allah sudah memberikan panduan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, tinggal kitanya aja yang mau mengikuti atau tidak

Bagaimana jika anjing untuk menangkap hewan buruan? Apa dagingnya harus dibasuh air 7x dan sekali dengan tanah?

Saya seorang muslim. Dirumah saya ada anjing, yang memelihara dan merawat anjing itu kakak saya bukan saya. Bagaimana dengan demikian?

Sedikit beertanya juga karna dalam kisah islam hewan yg masuk surga adalah anjing ashabulkahfi dan burok yg di tunggangi rasul, bila kisah islam yg dimana anjing yg masuk surga nah mohon di jawab min gimana hukumnya bila di kaitkan ke kisah ashabul kahfi

saya orang muslim Dan saya sangat menyayangi hewan terutama anjing karna sikap tulus dalam menjaga tuannya. Dri semua binatang, anjing adalah hewan yg dapat mengerti perasaan kita , dan pertanyaan saya kenapa air liur anjing najis padahal ilmu yg saya tau bahwa air liur anjing dapat menyembuhkan luka dengan cepat.

Maka dari itu, memelihara anjing hanya boleh untuk sebagai penjaga, bukan teman di dalam rumah yang bisa mengakibatkan menghalangi kita dalam beribadah / shalat

Kalau anda memelihara anjing karena lucunya pastilah salah karena nantinya pastilah akan anda bawa kedalam rumah yang mana liurnya akan berceceran didalam rumah yang Hal tersebut bisa menghalangi anda ketika beribadah, tp kalau anda memeliharanya karena kesetiannya untuk menjaga dan ditempatkan diluar rumah maka pastinya tidak apa apa, wallahu a'lam

Setuju,, Allah telah memilh anjing untuk menjaga ashabul kahfi dari kejaran Raja yang mengaku sebagai Tuhan yang akan membunuh ashabul kahfi. , berkaitan dg dalil yang telah disampaikan, boleh memelihara dan melatihnya namun bukan untuk teman bermain didalam rumah. Sebagaimana disebutkan dalam surat Al Kahf bahwa sedang anjing mereka menjulurkan tangannya di pintu goa, artinya tidak ikut tidur bersama ashabul kahfi didalam goa. Wallahu a'lam

Mintalah kakak anda untuk tidak membawa anjingnya kedalam rumah, karena liurnya akan tercecer didalam rumah yg Hal tersebut bisa menghalangi ibadah sdr karena terkena najisnya.

tetapi di tempat saya Solo banyak kok orang islam memelihara anjing

Saya tdk melihara anjing, tpi sy suka klo liat anjing sedang berburu. anjing klo dsini disebut ASUUU....!!!

Saya pikir kenapa umat islam dilarang memelihara anjing rumahan. Karena anjing itu secara emosional sangat dekat dengan tuan nya ditambah setia, nurut dan lucu. Ini akan menyebabkan kita begitu amat sayang sama anjing kita. Tau dong.. sifat manusia itu suka terlalu over bila menyukai Sesuatu. Dan Allah melarang dan sangat tidak menyukai sesuatu yang berlebihan.

Liur anjing mengandung bakteri penyakit sudah ada penelitiannya kok broe tinggal di baca

Penelitian sudah ada kok mas/mba,silakan di googling aja, sekarang logikanya manusia diciptakan untuk taat pada TUHANnya, mereka diciptakan salah satunya untuk menguji ketaatan kita, sanggup kah kita mematuhi laranganNYA, menahahan godaan memelihara makhluk yg diciptakan selucu dan sesetia anjing tsb ^^ tp bukan berarti kita ga boleh berbuat baik sm mereka loh ya, memberi makan anjing liar(asal ga menyentuh) atau berdonasi ke shelter juga boleh boleh aja kok

Sangat setuju dengan jawaban ini, ditambah lagi dengan saran untuk googling penelitiannya untuk mendapatkan jawabam yang lebih alamiah. Sebelumnya saya ingin mengutarakan bahwa saya ragu dengan pernyataan mr.unknown yg mengaku seorang muslim, karena bahwasanya jika kita seorang muslim pertanyaan seperti itu tidak perlu lagi dipertanyakan, karena muslim awam pun tau apa alasan orang yg berdalil anjing tidak boleh di pelihara dan babi tidak boleh dimakan. Ya memang benar soal pernyataan "umat muslim tidak boleh memelihara anjing" tetapi kalimat tersebut masih sebatas koma dan belum sampai titik. Lanjutannya adalah "jika bukan untuk alasan keamanan/menjadikan teman bermain di dalam rumah" karena dalam Islam manusia memiliki batasan terhadap kedekatan dengan anjing. Kenapa dibatasi dan tidak diperbolehkan ke dalam rumah? Karna di dalam air liur anjing itu mengandung bakteri penyakit dan bahkan jika digigit bisa menyebabkan rabied, jika anjing masuk ke dalam rumah air liur tersebut akan berceceran di lantai rumah dan dapat menebarkan bakteri di dalam rumah. Maka dari itu air liur anjing dianggap sebagai najis agar manusia bisa menjaga kontak langsung dengan air liur anjing, terutama umat islam. Sedangkan kenapa babi dilarang untuk dimakan? Sebenarnya jawaban ini sangat simple kenapa islam melarangnya. Kita tau sendiri, babi itu hidup, tinggal, dan bermain di tempat yang kotor seperti lumput dsb sehingga di dalam tubuh babi banyak mengandung cacing pita. Lalu jika kita makan babi tersebut cacing pita akan pindah dan masuk ke dalam tubuh kita yang dimana cacing pita tidak baik untuk tubuh manusia, bahkan banyak orang yg ingin mengeluarkan cacing pita dari tubuh dengan pencahar atau obat cacing. Intinya, kita sebagai muslim yg beriman harus tau, apa yang dilarang oleh Islam adalah sesuatu yg tidak baik untuk kita, dan lebih banyak mudharat nya ketimbang kebaikannya. Jadi kita ga perlu pusing2 lagi mikirin kenapa ini dilarang kenapa itu dilarang. :)

Bgmn untuk para anjing yg menjalankan tugasnya sbgai relawan kanker ato penyakit lainnya.. padahal anjing sangat berperan skali karna kesetiaannya ato kepeduliaannya terhadap tuannya.. dibandingkan sodara ato kerabat pasien itu sndiri .. soalnya tetangga saya muslim .. tapi dia punya seekor anjing.. untuk menjaga ato menghibur anaknya yg sudah lama terkena penyakit kanker.. bahkan kadang anaknya pun tdur dgn anjing itu.. mungki atas ijin Allah lewat anjing tsb.. penyakitnya smakin membaik .. keadaanya pun jauh berbeda skg.. lalu bagaimana tanggapan anda ttg para dokter yg beragama islam saat menjalankan tugasnya sbagai dokter .. sdangkan dia harus profesional kerja dimana memungkinkan skali harus pegang liur atopun kotorannya..

gan saya mau nanya ?
ni anjing saya masih kecil dia sementara masih dirumah ?
nanti saat sudah terbiasa nanti dibawa ke kebun buat jaga kebun.
tu hukumnya haram atau gak

Ya kita memang tidak boleh memelihara anjing,tapi APA kita harus diam saja melihat anjing kecil Yang kesakitab terlantar dkat rumah.to long beri sarannya APA yang harus kita lakukan ??

Jika kamu rela amalan baikmu setiap hari berkurang 2 qirath yaitu 1 qirath sebesar gunung uhud untuk anjingmu tidak masalah kamu sendiri yg merugi karena apa yg sudah jelas dilanggar tetap dilakukan. Jika kamu ingin masuk surga setidaknya jauhi larangan-Nya. karena, pertama saat dihisab diakhirat Sholatlah yg dipertanyakan. tidak memelihara anjing saja kita tidak tahu diterima atau tidak apalagi memelihara anjing yg mana air liurnya itu najis besar.

saya menemukan hal ini di Al-Quran ,khususnya membahas babi. Babi di ciptakan sebagai contoh buruk. Pernah seseorang dikutuk menjadi babi atas kaDzaliman beliau. So Allah SWT mengetahui yang kita tidak ketahuai. :)

Menurut saya haram itu apabila dimakan. Nah sedangkan dilarang memelihara utk umat muslim itu apabila dipelihara didalam rumah air liurnya mengenai karpet dll lalu kita melakukan solat jadi tidak sah karena terkena najisnya. Air liur anjing itu najis besar karena mengandung banyak bakteri penyakit. Jadi tidak dianjurkan didalam rumah melainkan dihalaman dikandang dan juga dipelihara bukan utk dipeluk2 sampai anjing menjilati majikannya.

Assalamu'alaikum wr wb
saya mau tanya dong,
saat ini saya tinggal di kost-kostan yang kebetulan kostnya gabung dengan pemilik kost, saya tinggal di lt. 2 sedangkan pemilik kost di lt.1
pemilik kost saya ini memelihara anjing yang suka berkeliaran di halaman dan lt. 1 tempat saya biasa lewat keluar masuk kamar. Tp si anjing ini tidak pernah naik ke lt.2, jika seperti bagaimana hukumnya ya? Saya belum bisa pindah karena sayang uang sewanya. ndak berani kalo harus minta ortu lg untuk bayar uang kost.

Tidak kecuali Anjing, kucing virus toksoplasma, Unggas flu burung, sapi Antrax.. sy setuju kalau Rasulullah menyuruh 7x air & Pasir tapi untuk bejana(piring, mankok,sendok)tapi beliau tidak memerintahkan Haram, Haram itu dibuat oleh para ulama2 dahulu kala

Back To Top