Ilmuwan Ungkap Rahasia Kekuatan Jaring Laba-Laba

Ilmuwan yang berasal dari Amerika Serikat berhasil mengungkap kekuatan jaring laba-laba. Menurut peneliti dari Amerika Serikat, jaring laba-laba mampu menahan barang yang sangat berat sekalipun. Para peneliti dari Amerika Serikat ini yakin bahwa jaring laba-laba bisa dibuat sebagai bahan untuk menahan barang dengan berat yang super. Kekuatan jaring laba-laba ini disebabkan benang sutra yang ada pada jaring laba-laba dan juga karena pola desainnya yang sangat rumit.

Ilmuwan Ungkap Rahasia Kekuatan Jaring Laba-laba

Hal yang paling menarik dari jaring laba-laba adalah jaring ini tidak akan berkurang kekuatannya meskipun salah satu dari pola jaring tersebut putus. Jaring laba-laba yang rusak bukan membuat jaring menjadi lemah tetapi malah membuat jaring laba-laba ini menjadi semakin kuat. Untuk membuat jaring ini maka laba-laba membutuhkan energi yang sangat besar, oleh karena itulah jaring laba-laba sukar putus atau rusak. Para ilmuwan ini telah membandingkan beberapa bahan dengan jaring laba-laba, ternyata bahan sutra dari jaring tersebut 6 kali lebih kuat untuk menahan angin atau ranting pohon yang jatuh. Ketika ada kerusakan pada jaring tersebut maka laba-laba akan segera memperbaiki kerusakan tersebut. 

Peneliti juga mengungkap rahasia yang mengejutkan bahwa jika peneliti mengurangi beban 10 persen dari jaring tersebut maka jaring laba-laba itu malah akan menambah kekuatannya sebesar 10 persen juga. Dengan adanya penelitian ini maka kita bisa mengetahui bahwa selama ini laba-laba yang kita anggap lemah ternyata sangat kuat.

Kekuatan Jaring Laba-Laba Dalam Al-qur’an
Dalam agama islam sendiri kekuatan jaring laba-laba telah diketahui sejak dulu. Dalam Al-qur’an sendiri dijelaskan mengenai keajaiban dari desain dan kekuatan jaring laba-laba. Laba-laba memerlukan waktu satu jam atau lebih untuk menganyam jaring laba-laba tersebut. Laba-laba ini layaknya seorang yang sedang mengatur rancangan dari konstruksi. Dalam Al-qur’an, ayat yang menjelaskan mengenai laba-laba ini yaitu surah al-ankabut. Tidak semua hewan dijelaskan dalam al-qur’an jadi kita bisa mengetahui bahwa laba-laba ini merupakan hewan yang sangat istimewa. Kekuatan laba-laba ini memang tidak bisa kita bandingkan dengan hewan lainnya namun sangat disayangkan karena laba-laba tidak dapat melindungi dirinya sendiri. Laba-laba ini sangatlah giat dalam membangun jaringnya sendiri dan juga laba-laba dapat berorganisasi dengan baik dalam membangun jaringnya. Jadi intinya adalah sarang laba-laba ini akan tetap terlihat lemah di mata manusia namun setelah benang sutra dari laba-laba itu diproses barulah akan tampak kuat di mata manusia.

Pola Jaring Laba-Laba
Kekuatan jaring laba-laba ini ditentukan berdasarkan polanya. Hal ini karena desain pola laba-laba membuat jaring tersebut semakin kuat. Pola jaring laba-laba ini memang terkesan rumit namun ikatan antara jaring tersebut sangatlah kuat sehingga tidak terganggu meskipun ikatan tersebut ada yang putus bahkan bertambah kuat. Jaring-jaring tersebut saling memiliki ikatan yang terpadu dan berkesinambungan satu sama lain. Menurut para ilmuwan, jaring laba-laba ini mengandung dua jenis sutra yaitu sutra kaku dan sutra tipis. Dua jenis benang sutra ini memiliki ciri yang sangat berbeda satu sama lain. Jenis benang sutra yang pertama yaitu kaku dan kering. Sutra yang kaku dan kering merentang dari sisi pusat ke sisi tepian jaring. Sutra yang lainnya yaitu sutra tipis dan lengket. Sutra ini seringkali menangkap musuh laba-laba. Sutra ini biasanya terletak di tengah dan disusun melingkar. Dikarenakan pola inilah yang membuat ilmuwan ungkap rahasia kekuatan jaring laba-laba.
0 Komentar untuk "Ilmuwan Ungkap Rahasia Kekuatan Jaring Laba-Laba"

Back To Top