Fakta Besar Tentang Ka'bah yang Coba Disembunyikan Dunia

Berkunjung ke rumah Allah selalu menjadi impian dari seluruh umat Islam di dunia. Karena itulah mereka beramai-ramai untuk pergi ke makkah. Selain itu Ka'bah yang ada di Makkah juga menjadi kiblat bagi umat muslim untuk melakukan sholatnya dengan benar. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada fakta besar tentang ka'bah yang coba disembunyikan dunia dari seluruh umat muslim. Untuk itu marilah kita melihat lebih lanjut mengenai Ka'bah dalam pandangan Islam. 

Fakta Besar Tentang Ka'bah yang Coba Disembunyikan Dunia

Penjelasan Tentang Ka'bah Dalam Al-Quran
Ka'bah sendiri sesungguhnya diambil dari dalam Al-Quran yang bertuliskan “Ka’bu”, kata ini sendiri dipercaya memiliki arti “mata kaki” yaitu pusatnya persendian kaki berputar saat Anda sedang berjalan. Selain itu Al-Quran di ayatnya 5/6 juga menjelaskan hal tersebut sebagai “Ka’bain” yang memiliki arti “dua buah mata kaki”. Ada pula ayatnya 5/95-96 yang menjelaskan bahwa “Ka'bah” sendiri memiliki arti nyata sebagai “mata dari bumi” ataupun “sumbu dari bumi” maupun kutub putaran dari bumi bagian utara.

Penemuan Neil Amstrong Mengenai Makkah
Untuk melihat kebenaran tersebut lebih lanjut, mari kita mempelajari tentang penemuan dari Neil Amstrong saat beliau berhasil pergi ke luar angkasa dan berhasil mengambil foto dari bumi dengan fakta besar tentang ka'bah yang coba disembunyikan dunia. Pada saat itu beliau menjelaskan bahwa bumi terlihat seperti menggantung pada sesuatu dan ada area yang terlihat gelap. Kemudian peneliti mulai mencari lebih lanjut mengenai penjelasan ini sehingga menemukan kenyataan bahwa area yang gelap dari bumi tersebut merupakan semacam radiasi. Hal ini juga segera disebarkan pada masyarakat melalui internet namun sayangnya halaman web tersebut kemudian tidak dapat diakses kembali sekitar 3 minggu kemudian. 

Apakah Hal yang Coba Ditutupi dari Halaman Website Tersebut?
Ternyata halaman website tersebut mengungkapkan fakta besar tentang ka'bah yang coba disembunyikan dunia. Dimana menurut penelitian ternyata radiasi yang dilihat oleh Neil Armstrong tadi berasal dari Makkah atau tepatnya dari Ka'bah. Mereka juga membuktikan melalui foto yang berhasil diambil dari mars bahwa radiasi yang dihasilkan tersebut tidak memiliki ujung atau tanpa batas. Peneliti muslim percaya bahwa radiasi tersebut digunakan untuk menghubungkan Ka'bah yang berlokasi di bumi dengan Ka'bah yang berlokasi di akhirat.

Penelitian yang Membuktikan Makkah Sebagai Pusat Bumi
Ada seorang professor yang bernama Hussain Kamel melakukan penelitian agar dapat mengetahui arah dari Ka'bah dimanapun Anda berada di bumi. Kemudian beliau menarik garis dari kota besar di dunia ke arah Ka'bah. Setelah dilakukan maka ditemukanlah fakta besar tentang ka'bah yang coba disembunyikan dunia bahwa ternyata Makkah adalah pusat dari dunia. Penelitian dilakukan dengan berbagai garis bujur serta garis lintangnya yang dihasilkan dari semua benua di dunia, kemudian menggunakan berbagai macam software dan perhitungan lain selama dua tahun penelitian beliau dapat membuktikan fakta tersebut. 

Menyadari tentang hal ini beliau lalu menggambar sebuah lingkarang dan menggunakan Ka'bah sebagai titik pusat dari lingkaran tersebut. Hasilnya beliau dapat menggabungkan semua benua di dunia pada garis keliling lingkaran tersebut dengan Makkah sebagai pusatnya. Selain itu dalam Al-Quran juga sudah dijelaskan bahwa Al-Quran tersebut diwahyukan kepada umat muslim agar Ummul Qura yang merupakan ibu dari kota lain yaitu Makkah dapat memberi peringatan pada orang di kota lain. Hal ini menunjukkan fakta besar tentang ka'bah yang coba disembunyikan dunia bahwa menurut Al-Quran Makkah adalah ibu atau pusat dari kota lain didunia.
26 Komentar untuk "Fakta Besar Tentang Ka'bah yang Coba Disembunyikan Dunia"

ini berita lama, tapi kenapa baru sekarang dibeberkan dan bahkan dbantah oleh kebanyakan orang karena tidak sesuai logika, siapa yang membuat otakmu. allah atau kakekmu?
berita ini sudah dicantumkan dalam kitab-kitab sejarah islam dan hadits, jadi sekali lagi bukan berita baru, yang mau membantah silahkan buktikan.

Naskah Raja Vikramadityan yand ditemukan dalam Ka’bah di Mekah merupakan bukti yang tidak dapat disangkal bahwa Jazirah Arabia merupakan BAGIAN DARI KEKAISARAN INDIA di masa lalu, yang sangat menjunjung tinggi Deva Siva lalu membangun kuil Siva yang bernama KA'BAH. Naskah penting Vikramaditya ditemukan tertulis pada sebuah cawan emas di dalam Ka’bah di Mekah, dan tulisan ini dicantumkan di halaman 315 dari buku yang berjudul ‘Sayar-ul-Okul’ yand disimpan di perpustakaan Makhtab-e-Sultania di Istanbul, Turki.
Inilah tulisan Arabnya dalam huruf latin:
"Itrashaphai Santu Ibikramatul Phahalameen Karimun Yartapheeha Wayosassaru Bihillahaya Samaini
Ela Motakabberen Sihillaha Yuhee Quid min howa Yapakhara phajjal asari nahone osirom bayjayhalem.
Yundan blabin Kajan blnaya khtoryaha sadunya kanateph netephi bejehalin Atadari bilamasa- rateen phakef tasabuhu kaunnieja majekaralhada walador. As hmiman burukankad toluho watastaru hihila Yakajibaymana balay kulk amarena phaneya jaunabilamary Bikramatum".
(Page 315 Sayar-ul-okul).[Note: The title ‘Saya-ul-okul’ signifies memorable words.]

Terjemahan bahasa Indonesianya dari buku ‘Sayar-ul-Okul’ di atas:
“Beruntunglah mereka yang lahir dan hidup di masa kekuasaan Raja Vikram. Dia adalah orang yang berbudi, pemimpin yang murah hati, berbakti pada kemakmuran rakyatnya. Tapi pada saat itu kami bangsa Arab tidak mempedulikan Tuhan dan memuaskan kenikmatan berahi. Kejahatan dan penyiksaan terjadi di mana2. Kekelaman dosa melanda negeri kami. Seperti domba berjuang mempertahankan nyawa dari cakaran kejam serigala,
kami bangsa Arab terperangkap dalam dosa. Seluruh negeri dibungkus kegelapan begitu pekat seperti malam bulan baru. Tapi fajar saat ini dan sinar mentari penuh ajaran yang menyejukkan adalah hasil kebaikan sang Raja mulia Vikramaditya yang pimpinan bijaksananya tidak melupakan kami – yang adalah orang2 asing. Dia menyebarkan agamanya yang suci diantara kami dan mengirim ahli2 yang cemerlang bersinar bagaikan matahari dari negerinya kepada kami. Para ahli dan pengajar ini datang ke negeri
kami untuk berkhotbah tentang agama mereka dan menyampaikan pendidikan atas nama Raja Vikramaditya.
Merkea menyampaikan bimbingan sehingga kami sadar kembali akan kehadiran Tuhan, diperkenalkan kepada keberadaanNya yang suci dan ditempatkan di jalan yang Benar.”

Banyak batu2 bagian dari Ka’bah yang menunjukkan kata2 Sanskrit yand ditulis di jaman kaum pagan,

Pa anoymus duluan mna nabi ibrohim dn nabi ismail sama raja india itu ?

SAYA BERIKAN FAKTA SEJARAH..
KITA BISA MENEMUI CATATAN SEJARAH DAN ARKEOLOGI DARI MASYARAKAT DI SEKITAR WILAYAH MEKKAH...TAPI KITA TIDAK DI TEMUKAN CATATAN DAN ARKEOLOGI TENTANG MEKKAH???

CATATAN SEJARAH DARI WILAYAH UTARA,, SELATAN,,,DAN TIMUR...

----------ARABIA UTARA Memiliki Banyak Catatan Sejarah
--Prasasti Nabonidus kita ketahui bahwa raja Babylonia Nabonidus menguasai Arabia utara dan tinggal di kota Tema selama sepuluh tahun, 550-540 SM.
--Catatan sejarah lain berwujud grafiti, tulisan2 di dinding, seperti Grafiti Niran di Dedan, di al-Ula, yang menyebut tentang Gashmu I, putra Raja Qedar bernama Sharh I. [70]
[70] Reed, Ancient Records from North Arabia, Toronto, 1970, 50 f., 115-117 dikutip oleh K.A. Kitchen, Documentation For Ancient Arabia, Part I, Liverpool University Press, 1994), hal. 169
--kerajaan Lihyan di Arabia utara. Kita memiliki keterangan berlimpah-ruah akan kerajaan ini. Kecuali keterangan tentang pendiri budaya Lihyanit,
K.A. Kitchen, Documentation For Ancient Arabia, Part I, Liverpool University Press, 1994, hal. 237
-Kerajaan Nabasia, yang daerah kekuasaannya mencakup banyak daerah²
Hijaz.
Catatan² tentang Kerajaan Nabasia sangatlah lengkap, dari dalam maupun luar kerajaan.

--------------SELATAN MEKKAH Memiliki Banyak Catatan Sejarah
--Raja Abkarib I, yang berkuasa tahun 430-415 SM. Dia memulai urutan tak terputus 26 penguasa,
K.A. Kitchen, Documentation For Ancient Arabia, Part I, pages 175-180; 238
--kerajaan kecil pertama yakni Haram, yang urutan penguasanya dimulai dari
Raja Yaharil di 600 SM
C.Robin, Inventair des Inscriptions Sudarabiques, 1ff. Paris/Rome, 1992 ff.1, 67-68, Haram 3 & 4; Repertoire d'Epigraphie Semitique, esp.V-VIII, Paris, 1929-1968, 2751/M.15; quoted by K.A. Kitchen, hal. 180
dan msh bnyk kerajaan lainnya...

------------TIMUR MEKKAH, dan Peninggalan Sejarahnya
--Ibu kota daerah ini adalah Dhu-Kahilum, yang di jaman sekarang dikenal sebagai Qaryat al-Fau, dekat kota tua Yamama, sekitar 500 mil dari Mekah. Kota kuno Dhu-Kahilum mengandung banyak peninggalan arkologi yang menerangkan siapa raja² dan peperangan² mereka.
A.Jamme, W.F., Sabaean Inscriptions from Mahram Bilqis (Ma'rib), the Johns Hopkins Press,Baltimore, 1962, Volume III, hal. 137

JADI DONGENG TENTANG ABRAHAM KE MEKKAH ITU BOHONG BESAR...
MEKKAH ITU BARU DI BANGUN ABAD KE 4 M...
TERBUKTI TIDAK ADA NYA CATATAN SEJARAH DAN ARKEOLOGI TENTANG MEKKAH SEBELUM JAMAN ITU....

Asa‘d Abu Karb adalah Pembangun Ka‘bah yang Sebenarnya di Awal Abad ke-5 M
Asa‟d Abu Karb, yang juga disebut Tubb‟a, menduduki kota Yathrib sebelum datang ke Mekah. [176][176] Ibn Hisham 1, hal. 20

AWAL MULA IMIGRASI ketika terjadi Kerusakan pada bendungan Ma‟rib di Yaman sekitar tahun 150 M menjadi penyebab berbagai keluarga dan suku Yaman berimigrasi ke utara. Salah satu dari keluarga tersebut adalah keluarga AMRU BIN AMER, orang Yaman yang keturunannya menghasilkan banyak suku.
Salah satu suku tersebut adalah
-suku Khuzaa‟h, yang berdiam di Arabia barat tengah. Kelak mereka membangun kota Mekah. Suku Khuzaa‟h tinggal di tempat bernama Mur atau Mur al-Thahran, yang juga tak jauh dari tempat di mana Mekah kelak dibangun. [192][192] Ibn Hisham I, hal. 13

Daerah Mekah Dibangun Suku Khuzaa‘h sebagai Gardu/Stasiun Terpencil di Jalur Dagang Rempah-rempah. Mereka menunggu lebih dari 170-200 tahun sebelum akhirnya membangun kota tersebut, sebagai tempat istirahat para kafilah di mana para pedagang bisa beristirahat dan melakukan transaksi dagang.Mereka lalu menamakan gardu/stasiun tersebut sebagai Mekah.
Selama satu setengah abad, suku Khuzaa‟h tinggal di daerah tersebut.
Dikatakan bahwa sebelum Ka‟bah dibangun, orang² Khuzaa‟h membangun sebuah TENDA di tempat Ka‟bah kelak dibangun. [172]
[172] Al-Azruqi, Akhbar Mecca, 1, hal. 6

Kemudian datang Asa‘d Abu Karb, Tampaknya dia menemukan banyak kuil di Yathrib, tapi ketika dia tiba di daerah Mekah, dia tak menemukan kuil apapun. Karena penduduk Mekah adalah para pendatang baru dari Yaman, maka Asa‟d Abu Karb membangun bagi mereka kuil sederhana bergaya Yaman. Dia mendirikan kuil ini agar terjadi hubungan baik antara penduduk Mekah dan dirinya.

catatan abad ke-8 M, menyatakan bahwa Ka‟bah dibangun di awal abad ke-5 M oleh seorang pagan Himyarit ketua suku Yaman bernama Asa‘d Abu Karb. Dia juga dipanggil dengan nama Abu Karb Asa‘d, dan berkuasa atas Yaman di tahun 410-435 M. [173]
[173] A. Jamme, W.F., Sabaean Inscriptions from Mahram Bilqis (Ma'rib), the Johns Hopkins Press,
Baltimore, 1962, Volume III, hal. 387; tulisan diberi nomer oleh G. Ryckmans, G. Ryckmans, Le Museon 66 (1953), hal. 363-7, p1.V; dikutip oleh K.A. Kitchen, Documentation For Ancient Arabia, Part I, Liverpool University Press, 1994, hal. 219

Fakta bahwa sejarawan Islam mengakui Asa‟d Abu Karb sebagai pemimpin pertama dalam sejarah yang menyelubungi Ka‟bah merupakan petunjuk penting bahwa dialah pembangun Ka‟bah yang sebenarnya. [174][174] Al-Azruqi, Akhbar Mecca, 1:173; Yaqut al-Hamawi, Mujam al-Buldan, 4:463

Menyelubungi kuil Ka‟bah dengan gorden/kiswah merupakan tahap KEDUA terpenting setelah selesai membangun kuilnya. Tahap ini mencakup menghias bagian dalam tembok, menempatkan karpet di lantai dan tembok, dan menambah perhiasan di berbagai bagian dalam kuil. (Masyarakat Arab tak akan beribadah di kuil yang tak dihiasi dan diselubungi gorden.). Asa‟d Abu Karb menyuruh Amir dari Azed untuk membangun bagian dalam Ka‟bah. [175][175] Ibn Saad, Tabakat, 1, hal. 64

Hal penting yang membuktikan orang² Yamanlah yang mendirikan Ka‟bah di Mekah dan juga tahun pembuatannya terdapat di kerajaan Himyarit di Yaman. Abu Karb Asa‟d, raja Himyarit, mencoba memperluas kekuasaannya sampai ke Arabia barat tengah guna menguasai rute dagang rempah² dari Yaman ke Arabia Utara, dan lalu ke daerah Bulan Sabit Subur (Fertile Crescent). Abu Karb Asa‟d atau Tubb‟a menguasai kota² Arabia barat tengah di awal abad ke-5 M, termasuk kota Mekah dan Yahtrib (kelak bernama Medina). Sang Penguasa Yaman ini ingin menyatukan berbagai kota tersebut ke dalam kerajaannya dengan memperkuat ibadah agama Yaman, dgn menyebarkannya
di mekkah. Abu Karb Asa‟d berasal dari Yaman, Dia membangun Ka‟bah di Mekah untuk memperkuat kedudukannya di kota itu, dan untuk menyenangkan hati masyarakat Mekah yang sebelumnya tak punya kuil tempat ibadah.

Muhammad Membenarkan Asal-usul agama Ka‘bah adalah dari Yaman
Muhammad sendiri mengakui dalam beberapa hadis bahwa asal-usul sistem agama Mekah adalah Yaman. Contohnya di hadis al-Bukhari di mana Muhammad berkata,
―Iman dari orang Yaman, fikih dari orang Yaman, hikmah Yaman. hadis lain dia berkata, ―Kepercayaan dan aturan agama dari orang Yaman.‖ [185]
[185] Al-Bukhari 5, hal. 122; Halabiyah I, hal. 259

Ka‟bah di Mekah dibangun bagi agama Keluarga Dewa Bintang Arabia Yaman, dan mengandung semua sifat Ka‟bah² lainnya yang dibangun bagi ibadah agama itu.Kenyataan bahwa kuil Ka‟bah di Mekah dibangun sebagai kuil untuk ibadah agama Bintang Arabia tampak dalam berbagai hal.
Pertama, bentuknya sama persis seperti berbagai Ka‟bah di Arabia. Ka‟bah² ini merupakan kuil² agama Keluarga Dewa Bintang Arabia, di mana Allah dianggap sebagai ketuanya, dan Ellat sebagai istrinya. Semua Ka‟bah memiliki Batu Hitam sebagai benda yang paling keramat. Batu ini mewakili dewa Bintang Arabia. Banyak dari batu² hitam itu yang sebenarnya adalah batu meteor yang dilihat orang² Arab jatuh dari langit ke bumi. Mereka mengira batu² meteor ini adalah utusan² dari bulan, dan mereka menganggap bulan adalah Allah. Hal ini dipercayai sebelum gelar Allah diberikan kepada
Venus, yang menggantikan kedudukan bulan sebagai kepala Keluarga Bintang
Selain itu, pintu utama Ka‟bah Mekah disebut sebagai “pintu jemaat penyembah matahari,” dan matahari adalah istri Allah.[184][184] Halabiyah I, hal. 236
Di Taif juga ada bangunan yg disebut Ka‟bah Ellat atau Ka‟bah Matahari. Ka‟bah ini sangat penting dan lebih tua dari Ka‟bah di Mekah. Semua orang arab, termasuk suku Quraysh-nya Muhammad ikut ritual di Ka‟bah ini. Ka‟bah di Taif persis sama dengan Ka‟bah di Mekah dan punya fungsi religius yg juga persis sama. Seperti Ka‟bah yg di Mekah, yang di Taif juga punya lembah suci dimana tidak boleh ada pembunuhan (binatang/manusia). Ka‟bah Taif juga melakukan ritual yang sama, yang ditiru oleh Ka‟bah Mekah. Ka‟bah Taif juga ditutupi oleh Ishtar, kain penutup seperti yang sekarang kita lihat di Ka‟bah Mekah. Keduanya punya „halaman‟ atau area suci. Tak seorangpun boleh menebang pohon atau membunuh binatang yg ada disana.Siapapun yang masuk kesana sebagai pengungsi akan dilindungi. Keduanya juga punya sumur yang dipakai sebagai tempat menyimpan hadiah/kurban. [2] [2] Ibn al-Kathir 4:253 dikutip oleh Jawad Ali, vi, 228

Ka‟bah di Mekah merupakan satu dari banyak Ka‟bah cabang dari Ka‟bah Pusat di Taif; bentuk bangunannya sama dan juga punya fungsi religius pagan yang sama. Ibnu Abbas, sepupu Muhammad dan juga salah seorang penulis hadis, menceritakan dua rukun haji dari suku Quraysh. Salah satu perjalanan rukun haji itu adalah ke kota Taif. [1]
[1] Ibn Abbas dalam Tabari, Jami‟, xxx, 171. Dikutip oleh Patricia Crone, Meccan Trade, Princeton University Press, 1987, hal. 205

Ka‟bah di Mekah juga adalah cabang dari Ka‟bah Taif, banyak faktor menunjukkan hal tersebut:
-Pertama, suku Tamim, yang menempati kota Taif dimana Ka‟bah pusat ini dibangun, berasal dari keturunan Yaman
-Kedua, suku Tamim punya kuasa atas suku² lain didaerah tsb, termasuk suku Quraysh. Kita sudah melihat suku Tamim menjadi hakim jika ada pertengkaran diantara suku² Arab disana. [4] [4] Mecca and Tamim, Kister, hal. 145 ff, dikutip oleh Patricia Crone, Meccan Trade, Princeton University Press, 1987, hal. 156
-Ketiga, pintu Utama Ka‟bah di Mekah disebut dengan “Pintu Pemuja Matahari”, yang menandakan bahwa Ka‟bah Mekah, khususnya dibangun untuk didedikasikan dalam pemujaan matahari, seperti juga ka‟bah di Taif. Tapi, ini tidak berarti bahwa Allah tidak dipuja sebagai Bintang, bersama-sama putri²nya, al‟Uzza dan Manat. Suku Quraysh, khususnya, memuja Ellat, sang dewi matahari.
Mereka memiliki patung Ellat di sebuah tempat yg disebut Nekhlah, yg menjadi bagian terluas di Suk Ukkath (atau Ukkaz), atau pasar Ukkath. [5] [5] Tafsir al-Tabari 27; hal. 35; Al-Allusi, Ruh' al-Maani 27:47

ntar lagi juga kiamat, ngapain pada brantem... mending sama2 perkuat ibadah biar masuk surga, gitu aja kok repot

Gue yakin si anon di atas pasti abis kelindas bajaj deh..

Yah... mendingan kembali lg ke jalan masing2...

klw lhat keadaanny skrng. sdih bget yaa kita masuk jaman jahiliyah yg lbih PARAH dr sebelum klhiran nabi muhammad .

Situs-situs sejarah arab banyak yg tlah dihapus ....

itu otak nya pada salto kali ya.. ngaco semua comment nya.. ntar hari kiamat dtg lu inget2 lagi apa yg pernah lu tulis disini.. trus lu pelototin azab lu.. Janji Allah SWT pasti datang

Belajarlah...agar bisa menerima kebenaran. Tidak perlu marah-marah. Jika ada yg tidak sesuai dengan pemikiran kita, tunjukkan sanggahan serta bukti yg akurat. Misalnya dgn referensi yg reliabel. Yg g mau berfikir sih ujubg2 nya yg muncul kafir, laknat, azab, dsb.

GAK PENTING. yang penting apakah umat muslim yang beragama islam memberi manfaat bagi dunia. bukan menperdebatkan benda benda mati, mistis, klenik.

Coba cari tau banguan untuk ibadah yg di bangun oleh nabi adam, krn itulah bangunan tertua di dunia.
Bisa aja fakta yg di kemukakan di luar Al-quran adalah, adalah sebuah pembahasan salah yang sudah di manipulasi dari orng2 terdahulu.
Knp saya bilang begitu, krn ilmu pengetahuan yang ada di dalam Al-quran ngk pernah ada yg salah dan satu persatu sudah pernah di buktikan. Jadi menurut saya, apa yg di tulis di dalam Al-quran adalah bukti yg sangat otentik

Mas anom : anda kebanyakan berkhayal... Buku sejarah yg anda baca siapa pengarang nya... Kami umat muslim tidak akan terpengaruh dengan dongeng anda... Jadi,pendapat saya... "Selamat berkhayal"

Anonymous, lihat saja siapa yang benar dan siapa yang salah. Saat hari penghakiman, kau akan tahu.

Anonymous, lihat saja nanti. Siapa yang benar dan siapa yang salah, kau akan tahu nanti pada saat hari penghakiman (hari akhir).

bagimu agamamu bagiku agamaku aja deh, ga penting kan nyalah2hin, lgian kita ga njelek2kin agama dia, kok dia repot2 yah

Dihubung2kan dengan india nyata nya india penyembah berhala patung2 mahluk halus yg tinggal di gunung . Klo sekarang embah eyang yg selalu di beri sesaji. Raja vikram hahaha baru denger perasaan india yg banyak di jajah bangsa asing dari masa ke masa. Hehe

Ini seperti theori asal usul manusia.
Intinya sebagai muslim saya myakini Al qur an, karena sudah terbukti kebenarannya dan jika ada yang belum terbukti, juga tidak terbukti ada salah

ada yang bisa jawab duluan mana nabi adam sama dinasaurus
gw bertamasya ngeliat kerangka dinasaurus semua madein luar indonnnesia kok ga ada

ke imanan dan keyakinan bukan berdasarkan logika tp dari hati

semoga allah memberikan pencerahan dan memberikan jalan terbaik untuk yang membuat dan berkomen disini
amin

Back To Top