Inilah Pandangan Non-Muslim Terhadap Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW dalam pandangan non-muslim itu kira-kira seperti apa ya? Banyak dari kita mungkin peduli akan pandangan non-muslim terhadap Nabi Muhammad SAW dan ingin tahu seperti apa tanggapan para tokoh terkenal dan legendaris agama lain, apakah baik atau buruk. Kali ini kita akan mengulas beberapa pandangan oleh tokoh agama lain yang memuji Nabi Muhammad dan semoga hal ini membuka wawasan kita lebih lagi soal karakter Nabi Muhammad SAW sendiri.

Inilah Pandangan Non-Muslim Terhadap Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW dalam Pandangan Non-Muslim, Ini Kompilasinya
1. Pandangan Michael H. Hart akan Nabi Muhammad SAW pun sangat baik dan dikatakannya bahwa meski dengan jumlah yang lebih banyak ketika berbicara soal populasi umat Kristen jika dibandingkan dengan umat Islam di dunia ini, ia melihat bahwa Muhammad berada di urutan lebih tinggi dari Yesus dan memang sekilas pun hal ini terlihat aneh. Namun, untuk pandangannya ini, ada dua alasan yang diberikan.

Alasan pertama adalah karena pengembangan Islam tidak lepas dari peran besar Muhammad dan tentu perannya ini lebih penting kalau mau dibandingkan dengan pengembangan Kristen oleh Yesus. Memang betul bahwa moral dan tata susila Kristen ada di bawah tanggung jawab Yesus, tapi pengembangan agama Kristen sendiri dilakukan oleh St. Paul yang tidak hanya menjadi penyebar saja tapi juga sebagai penulis akan Kitab Perjanjian Baru.

Alasan kedua yang dibawa olehnya mengenai penggambaran Muhammad adalah bahwa Islam ada di bawah tanggung jawab Muhammad, berikut juga prinsip moral dan tata susila. Peradaban Islam tidaklah terbangun dengan sendirinya, tapi dibangun oleh Nabi Muhammad, dan penyebaran agama Islam pun tidak secara otomatis, tapi Nabi Muhammad-lah yang berperan untuk kesemuanya itu. Dengan melihat peran Nabi Muhammad dalam perkembangan Islam, maka tidaklah mengherankan kalau urutannya lebih tinggi dari Yesus karena ada banyak hal dan usaha yang dilakukannya.

2. Mahatma Gandhi pun tidak luput untuk dibahas mengenai pandangan non-muslim terhadap Nabi Muhammad SAW. Gandhi menyatakan bahwa beliau ingin sekali mengenal lebih baik akan sosok terbaik yang ada di dalam hati jutaan umat manusia di dunia alias Nabi Muhammad. Beliau pun mengatakan meyakini bahwa bukan pedanglah yang membuat Islam jaya di masa itu, melainkan oleh karena Muhammad seorang nabi yang datang dengan kerendahan hati serta kesederhanaan.

Dedikasi dan sifatnya yang selalu menepati janji kepada pengikut dan sahabatnya, serta keyakinannya terhadap Tuhan dan keberaniannya akan melaksanakan misinya, itulah yang membuat pengikutnya mau mengikutinya dan segala halangan pun dapat diruntuhkan. Gandhi pun mengatakan bahwa ia merasa sedih ketika menyadari bahwa jilid kedua dari sejarah sang Nabi harus selesai karena saking luar biasanya hidup Muhammad hingga Gandhi ingin terus membacanya.

3. Will Durant pun yang seorang ahli sejarah dan seorang filosof asal Amerika punya ungkapan tersendiri yang menjadi salah satu dari pandangan dunia terhadap Rasulullah Muhammad dan Islam. Dikatakannya bahwa Muhammad adalah orang yang paling agung jika melihat sepanjang sejarah karena begitu besar pengaruhnya terhadap manusia dan dari situlah keagungan dinilai.

4. Menurut John William Drapper, Muhammad adalah orang kedua setelah kematian Justinian empat tahun sebelumnya, 569 M. Muhammad yang kelahirannya di Mekkah tanah Arab telah berhasil menjadi seorang yang berharga dan dihormati oleh banyak umat manusia di dunia karena pengaruh besar yang diberikannya.

Tidak diragukan lagi betapa besarnya pengaruh Muhammad dalam perkembangan Islam yang menjadi sangat pesat di dunia. Itulah Nabi Muhammad SAW dalam pandangan non-muslim yang ternyata meninggalkan kesan berharga untuk mereka yang non-muslim juga.
1 Komentar untuk "Inilah Pandangan Non-Muslim Terhadap Nabi Muhammad SAW"

Back To Top