Ini Alasan Mengapa Hari Minggu Jadi Hari Libur di Indonesia

Semua orang sangat senang saat hari Minggu datang karena hari itu Anda bisa berlibur dan melakukan segala hal yang diinginkan. Namun pernahkah Anda perpikir kenapa hari Minggu ditetapkan sebagai hari libur? Sesungguhnya tidak semua negara menetapkan hari Minggu sebagai hari libur contohnya di negara Arab yang menetapkan hari Jumat sebagai hari libur mereka sedangkan di negara Yahudi, hari Sabtu lah yang ditetapkan sebagai hari libur. Kemudian apakah yang istimewa pada hari Minggu sehingga menjadikannya hari libur di hampir semua negara-negara besar di dunia. Ini alasan mengapa hari Minggu jadi hari libur yang mungkin perlu diketahui.

Ini Alasan Mengapa Hari Minggu Jadi Hari Libur di Indonesia

Sejarah Hari Minggu Ditetapkan Jadi Hari Libur
Sesungguhnya penetapan hari Minggu sebagai hari libur sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Hal ini pertama kali dilakukan oleh bangsa Romawi karena bagi bangsa itu hari Minggu adalah hari pertama di setiap pekan, selain itu mereka beribadah pada hari itu sehingga mereka tidak bekerja atau bisa dikatakan mereka libur pada hari Minggu tersebut. Ini alasan mengapa hari Minggu jadi hari libur dengan sejarah yang ternyata sudah berakar cukup jauh sejak beberapa ratus atau bahkan ribuan tahun yang lalu, namun kebiasaan ini tetap bisa bertahan hingga sekarang bahkan dilakukan oleh hampir semua negara di dunia.

Kebiasaan Bangsa Romawi Yang Dilakukan Pada Hari Minggu
Kebiasaan unik dari bangsa Romawi lainnya yang dilakukan pada hari Minggu adalah menandai hari tersebut dengan warna merah pada kalender mereka. Ini alasan mengapa hari Minggu jadi hari libur, selain itu kebiasaan ini dapat kita lihat bahkan pada kalender modern yang kita miliki saat ini. Karena kebiasaan menandai hari Minggu dengan warna merah, mereka juga terbiasa menandai hari libur lain diluar hari Minggu dengan warna merah pula. Karena itulah ada beberapa hari dalam setiap bulan yang juga memiliki warna merah walaupun hari itu bukan hari Minggu seperti yang Anda juga dapatkan pada kalender modern dirumah. 

Penyebaran Kebiasaan Bangsa Romawi ke Berbagai Negara di Dunia
Pertanyaannya adalah bagaimana mungkin kebiasaan dari bangsa Romawi yang dilakukan pada zaman dahulu bisa kita temukan pada kalender modern kita saat ini. Hal tersebut sesungguhnya akibat dari penyebaran kebiasaan bangsa Romawi yang mereka lakukan pada negara-negara yang pernah mereka taklukan pada zaman dahulu di berbagai benua Eropa. Sebagai negara yang sudah ditaklukan tentu saja mereka harus mengikuti berbagai kebiasaan bangsa Romawi yang ada tersebut. Ini alasan mengapa hari Minggu jadi hari libur, karena pada saat itu bangsa Romawi menetapkan hari Minggu sebagai hari libur mereka, maka Negara lain yang sudah ditaklukkan akhirnya juga memberlakukan hal yang sama pula.

Penyebaran Kebiasaan Bangsa Romawi ke Indonesia
Bagaimana dengan Indonesia, kita tentu tahu bahwa Bangsa Romawi sendiri belum pernah sampai ke Indonesia. Namun kita bisa melihat kebiasaan bangsa Romawi tersebut juga ditetapkan di Indonesia. Sebenarnya walaupun Indonesia belum pernah didatangi oleh bangsa Romawi, tetapi negara taklukan mereka yaitu Belanda sudah pernah datang ke Indonesia. Mereka bahkan menjajah bangsa Indonesia selama beberapa abad. Ini alasan mengapa hari Minggu jadi hari libur di Indonesia karena seperti halnya Belanda yang mengikuti kebiasaan bangsa Romawi setelah ditaklukkan, maka Indonesia pun juga mengikuti kebiasaan Belanda saat dijajah dan kebiasaan tersebut terus bertahan hingga sekarang ini.
0 Komentar untuk "Ini Alasan Mengapa Hari Minggu Jadi Hari Libur di Indonesia"

Back To Top