Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Otak Rusak

Seperti yang Anda ketahui, otak adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting bagi manusia. Banyak hal yang secara sadar maupun tidak sadar fungsinya telah dilakukan oleh perintah dari otak. Selain itu sebagai pusat dari sistem syaraf, syaraf yang ada di dalam otak sudah melebihi 100 milyar banyaknya yang masing-masing dari syaraf tersebut terhubung satu sama lain melalui sekitar 10 ribu syaraf lainnya. Karena itulah bisa dilihat bahwa otak memang sebuah organ yang sangat penting, sebab itulah sebisa mungkin Anda harus menghindari kebiasaan sepele yang membuat otak rusak yang sayangnya jarang diketahui oleh orang sebelumnya.

Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Otak Rusak

Fungsi dari Otak yang Penting bagi Pengendalian Tubuh
Sebelum mengetahui kebiasaan sepele yang membuat otak rusak maka lebih dahulu Anda harus melihat fungsi dari otak yang penting bagi tubuh tersebut. Mungkin Anda tidak menyadarinya bahwa sesungguhnya saat tubuh sedang bergerak atau ingin melakukan gerakan tertentu, hal tersebut dapat terjadi atas perintah yang dikirimkan dari otak. Selain itu ada banyak gerakan tubuh yang secara tidak sadar dilakukan yang perintahnya juga dikirimkan secara otomatis dari otak seperti berdetaknya jantung. Dalam hal yang berhubungan dengan psikologi, otak juga berpengaruh dalam hal pengaturan emosi Anda, selain itu ingatan Anda juga disimpan di dalam otak. Terlihat jelas bahwa fungsi dari otak memang sangat penting bagi berbagai aspek dalam tubuh. 

Kebiasaan Sepele yang Membuat Otak Rusak Namun Tidak Disadari
Sesungguhnya banyak hal-hal yang sering Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang terlihat sepele namun ternyata dapat mengakibatkan kerusakan pada otak, seperti berikut:

1. Tidak memakan sarapan: entah karena memang sudah terbiasa ataupun karena tidak punya waktu untuk memakan sarapan, namun ternyata hal ini dapat memicu kerusakan otak Anda. Hal itu disebabkan karena otak kekurangan nutrisi yang seharusnya dapat diperoleh pada saat sarapan. Dengan kadar gula yang menurun maka otak tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik karena itulah Anda akan merasa lemas oleh kurangnya glukosa yang dibutuhkan oleh otak.

2. Terlalu banyak makan: ternyata suplai makanan yang terlalu banyak pun tidak baik karena pembuluh darah dapat menjadi keras dan bila terjadi dibagian otak akan menyebabkan penurunan mental sehingga otak rusak.

3. Menghisap rokok: kebiasaan sepele yang membuat otak rusak ini memang sudah diketahui oleh hampir semua orang, sayangnya masih saja banyak orang yang tidak peduli dengan adanya banyak kandungan beracun dalam rokok yang dapat merusak otak. 

4. Terlalu banyak makan gula: tubuh yang diberi asupan gula terlalu banyak maka akan menyerap protein lebih sedikit. Akibatnya nutrisi yang sebenarnya sangat dibutuhkan dalam perbaikan serta pengembangan otak tersebut akan berkurang sehingga memicu kerusakan pada otak.

5. Polusi di udara: mungkin masih banyak dari Anda yang tidak menghiraukan polusi yang ada di sekitar terutama polusi udara. Padahal saat anda terlalu banyak menghirupnya maka kandungan oksigen dalam otak menjadi berkurang sehingga menyebabkan kerusakan otak yang cukup berbahaya.

6. Kurang bercakap-cakap: memang ada sebagian orang yang pendiam, namun ternyata hal ini dapat menjadi kebiasaan sepele yang membuat otak rusak karena bercakap-cakap ternyata juga diperlukan agar sel-sel dalam otak terus dibuat aktif. Jika orang jarang bercakap-cakap sel-sel tersebut akan perlahan-lahan mati yang tentunya akan membuat otak menjadi rusak, karena itu lebih baik untuk berdiskusi masalah intelektual sesekali.
0 Komentar untuk "Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Otak Rusak "

Back To Top