Bahaya Makan Mie Instant Mentah yang Tidak Dimasak

Banyak orang yang hobi makan mie instant, entah itu anak-anak atau orang dewasa. Apalagi jika sedang kepepet dan tidak punya makanan, biasanya orang langsung masak mie instant yang notabene murah meriah dan juga enak. Selain itu, anak-anak biasanya suka makan mie instant mentah tanpa dimasak. Mie instant diremas-remas, kemudian diberi bumbu dan rasanya sangat enak. Tetapi, ternyata ada bahaya makan mie instant mentah dan hal ini harus diwaspadai jika Anda ingin tetap sehat dan panjang umur serta bebas dari penyakit.

Bahaya Makan Mie Instant Mentah yang Tidak Dimasak

Ini Dia Bahaya Makan Mie Instant Mentah yang Harus Diwaspadai
Makan mie instant yang sudah dimasak saja bahaya, apalagi jika Anda hobi makan mie instant yang masih mentah. Mungkin memang rasanya enak, tetapi amat bahaya jika dikonsumsi. Lalu apa bahaya makan mie instan mentah yang tidak dimasak?

Rupanya mie instant dilapisi oleh lilin yang tidak hanya melapisi bagian stereofoam, tetapi juga mie itu sendiri! Lilin tersebut sengaja ditambahkan agar mie tidak lengket ketika dimasak. Nah, sekarang coba bayangkan saja, ketika Anda memasak mie dan rupanya di mie tersebut masih ada sisa-sisa lilin yang masih menempel, walau sudah dimasak dan terbuang bersama airnya. Apalagi mie mentah yang tidak dimasak dan lilin tersebut masih ada dan masuk ke dalam tubuh ketika dikonsumsi. Tentu hal ini menjadi sumber penyakit.

Banyak sekali kasus orang-orang yang sakit kanker gara-gara terlalu sering mengkonsumsi mie instant, entah apapun mereknya. Mereka beralasan karena tidak sempat masak atau beli makanan lain yang lebih menyehatkan, akhirnya pilihan terakhir makan mie instant saja yang cepat jadi. Ternyata mie instant ini juga mengandung zat pengawet dan tidak hanya lilin, zat tersebut bisa memicu penyakit mematikan tadi, seperti tumor dan kanker.

Bahaya-Bahaya Makan Mie Instant
Entah dimakan mentah-mentah atau sudah dimasak, berikut ini beberapa bahaya makan mie instant yang wajib Anda waspadai:
  1. Menyebabkan sakit kanker.
  2. Tidak baik bagi ibu yang sedang hamil karena bisa memicu keguguran.
  3. Menghambat penyerapan nutrisi, apalagi bagi anak-anak. Jadi jangan berikan mie instant khususnya untuk anak-anak usia 5 tahun ke bawah, mie dapat mencegah penyerapan nutrisi dan menjadikan anak kerdil, kurang gizi, dan perkembangannya melambat.
  4. Tidak bagus untuk pencernaan, apalagi dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari. Anda bisa susah BAB dan merasa begah.
  5. Bahaya kandungan MSG-nya terutama bagi mereka yang alergi pada MSG.
  6. Ada zat propylene glycol yang mencegah mie jadi kering, dan jika terserap dalam tubuh akan menumpuk di ginjal, hati, dan liver.
  7. Menyebabkan kegemukan.
  8. Mengacaukan sistem metabolisme tubuh.
Tips Mengkonsumsi Mie Instant
  1. Yang jelas jangan dimakan mentah-mentah karena tidak baik bagi tubuh dan bahayanya lebih besar daripada makan mie yang sudah dimasak.
  2. Jangan makan terlalu sering dan beri jangka waktu minimal 3 hari sebelum Anda konsumsi lagi.
  3. Jika masak mie goreng, air rebusan langsung dibuang lalu mie masih perlu dibilas lagi dengan air matang agar lilin bisa terbuang. Saat memasak mie instant berkuah, jangan menambahkan bumbunya saat memasak dan langsung dimakan. Buang dulu airnya dan ganti dengan air panas matang yang masih baru.
  4. Lebih baik makan mie instant dengan sayuran, tahu, telur, atau daging untuk menambah nutrisinya karena mie instant hanya kaya akan lemak dan karbohidrat.
Itulah bahaya makan mie instant mentah dan tips memakan mie instant!
4 Komentar untuk "Bahaya Makan Mie Instant Mentah yang Tidak Dimasak"

lilin itu dari mana??? kenapa ada yang bilang tidak ada lilinnya???

padahal ku tuh suka mkan breng teman²

Gak tau lah mau bilang apa,padahal suka bnget mkn mie instan,dibilng bahaya ya udah la,,nanti pabrik mie instan tak bakar aja,biar gak bisa jualan mie instan lgi,toko2 yg jualan mie ya ku bkar jga nanti,,biar sehat dunia

Back To Top