Suhu Bumi Naik 3 Derajat Celcius Tahun 2050

Mungkin beberapa dari Anda sudah mulai merasakan bahwa akhir-akhir ini suhu udara sudah semakin panas saja. Meskipun pada musim penghujan, namun suhu panas tersebut tidak turun juga terlebih pada saat siang hari dengan matahari yang terik. Ternyata hal ini juga diteliti oleh beberapa peneliti yang menyimpulkan bahwa suhu bumi naik 3 derajat celcius tahun 2050. Hal ini bukannya tidak mungkin mengingat bahwa Anda pun sudah merasakan adanya temperature yang semakin memanas di sepanjang tahun, yang berbeda dengan apa yang dapat Anda rasakan sepuluh tahun yang lalu. Bagaimanakah penelitian yang dilakukan tersebut, mari kita telaah lebih lanjut.

Suhu Bumi Naik 3 Derajat Celcius Tahun 2050

Ditemukan Bahwa Suhu Bumi Naik 3 Derajat Celcius Tahun 2050
Sebuah jurnal sudah diterbikan di Nature Geoscience pada tahun 2012 di bulan ke-empat mengenai penelitian yang dilakukan melalui website climateprediction.net oleh para ahli perubahan cuaca dari BBC. Penelitian tersebut dilakukan melalui banyak sekali simulasi yang melibatkan sekitar 10.000 jenis simulasi yang berbeda dengan unsur tersendiri dalam setiap pemodelan yang digunakan. Melalui penelitian tersebut para ahli menemukan bahwa ada peningkatan dari temperatur ke suhu lebih tinggi bila dibandingkan dari model lain yang digunakan sebelumnya. 

Tujuan dari peneliti untuk menemukan bahwa suhu bumi naik 3 derajat celcius tahun 2050 adalah agar bisa mengetahui kira-kira bagaimanakah prediksi dari iklim yang ada di masa depan. Dengan demikian penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk manusia berusaha melakukan sesuatu sebagai persiapan seandainya prediksi tersebut benar-benar terjadi sehingga manusia memerlukan strategi khusus untuk menghadapinya. Penelitian ini dikepalai oleh seorang peneliti bernama Myles Allen yang berasal dari Oxford. Menurut beliau saat ini terdapat banyak sekali penelitian lain yang dilakukan namun mereka kurang dapat memasukkan faktor ketidakpastian dalam pemodelan yang mereka buat. Karena itulah beliau membuat penelitiannya sendiri yang dianggap sangat menjanjikan oleh Le Quere yang adalah direktur dari Tyndall Centre pada penelitian perubahan cuaca di universitas Anglia timur. 

Beliau juga mengatakan pada BBC bahwa proyeksi dalam pemodelan yang dibuat menggunakan iklim dengan simulasi yang lebih baik sangatlah diperlukan karena dapat membantu dalam pengadaptasian menjadi lebih luas di kemudian hari jika memang diperlukan suatu strategi khusus untuk mengatasi prediksi suhu bumi naik 3 derajat celcius tahun 2050 tersebut. Dengan demikian pertahanan laut dapat ditingkatkan serta dapat dibuat area konservasi khusus, dan kapasitas dari penyimpanan air yang ada saat ini juga perlu ditambah lagi menjadi lebih besar. Dengan demikian manusia akan dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi segala perubahan yang terjadi pada iklim di masa depan dengan usaha yang dilakukan sedini mungkin.

Sementara itu perubahan suhu yang terjadi dengan ekstrem belakangan ini ternyata terjadi sebagai akibat dari pemanasan global. Namun pemanasan global tersebut juga terjadi karena pengaruh buruk yang dihasilkan dari perbuatan manusia. Jika manusia tidak melakukan perbuatan tersebut maka pengaruh buruk tersebut tidak akan ada dengan demikian pemanasan global pun tidak akan terjadi. Karena pengaruh pemanasan global tersebut maka sempat tercatat bahwa tahun dengan suhu yang terpanas sepanjang masa di urutan ke-11 terjadi pada tahu 2011. Ada kemungkinan bahwa pemanasan global ini juga berpengaruh di masa depan jika terus dibiarkan bahkan akan menyebabkan suhu bumi naik 3 derajat celcius tahun 2050 seperti yang sudah diteliti oleh beberapa ahli tadi.
0 Komentar untuk "Suhu Bumi Naik 3 Derajat Celcius Tahun 2050"

Back To Top