Keutamaan Memiliki Anak Perempuan

Kebanyakan orang selalu ingin memiliki anak laki-laki, hal ini dikarenakan oleh kepercayaan bahwa anak laki-laki dapat membantu orang tua lebih lagi untuk bekerja. Selain itu dengan memiliki anak laki-laki bisa mendapatkan lebih banyak harta serta biaya untuk menafkahi anak laki-laki juga lebih mudah. Namun pikiran seperti ini sebaiknya dihindarkan karena Islam juga mengajarkan keutamaan memiliki anak perempuan yang ternyata membawa banyak manfaat bagi orang tuanya. Selain itu berbagai ajaran yang diberikan kepada anak perempuan akan dapat jadi bekal untuknya saat kiamat telah tiba nantinya. Karena itulah baik halnya jika orang tua memiliki anak perempuan seperti diajarkan oleh beberapa hadits berikut.

Keutamaan Memiliki Anak Perempuan

Hadits Yang Mengajarkan Bahwa Memiliki Anak Perempuan Sangat Baik
Kisah yang pertama berasal dari A’isyah radhiyallahu‘anha yang menceritakan bahwa ia bertemu dengan seorang ibu yang memiliki dua orang anak perempuan dan mereka meminta sesuatu. Sayangnya pada saat itu A’isyah sedang tidak memiliki apapun selain sebuah kurma saja. Namun saat diberikan kepadanya, ibu itu justru membagi kurma yang hanya sebuah itu menjadi dua yang kemudian diberikan pada anaknya. Ketika hal tersebut diceritakan kepada rasulullah maka dijawab tentang keutamaan memiliki anak perempuan yang akan menjadi tameng bagi orang tuanya untuk di neraka karena itulah baik untuk memiliki anak perempuan.

Selain itu ada pula hadits dari Anas yang mengatakan bahwa orang tua yang merawat serta memberikan nafkah dengan baik kepada dua anaknya yang perempuan sampai saatnya baligh maka hubungan orang tua tersebut dengan rasulullah akan menjadi dekat di hari kiamat seperti jari-jari yang dekat satu dengan yang lainnya. Ada lagi hadits lainnya dari Ibnu Abbas yang menyatakan bahwa siapapun yang memiliki anak perempuan serta merawat dan tidak membunuhnya melalui cara dikuburkan dalam keadaan hidup, serta tidak menghina anak perempuan, ataupun lebih mengunggulkan anak laki-laki daripada anaknya yang perempuan dengan demikian keutamaan memiliki anak perempuan akan membawanya ke surga.

Ada pula Uqbah yang mengatakan hadits dari rasulullah yang menceritakan bahwa orang tua yang merawat 3 anaknya perempuan dengan sabar serta memberinya makan dan minum juga pakaian yang berasal dari keberhasilan usahanya dengan demikian anak-anaknya yang perempuan tersebut yang akan jadi tameng baginya dihari kiamat dari neraka. Hadits yang terakhir berasal dari Anas yang mengatakan bahwa orang tua yang memiliki dua ataupun tiga orang anak perempuan atau bahkan saudara perempuan serta menafkahi mereka sampai saatnya mereka menikah maupun sampai mereka meninggal maka hubungan orang tua tersebut dengan rasulullah akan menjadi dekat di hari kiamat seperti jari-jari yang dekat satu dengan yang lainnya. Demikianlah keutamaan memiliki anak perempuan.

Kita bisa melihat dari berbagai hadits yang telah disebutkan dalam Al-Quran tersebut maka bisa disimpulkan bahwa memiliki anak perempuan merupakan hal yang baik. Hal tersebut karena anak perempuan dapat menyelamatkan orang tua mereka dari siksa api neraka. Selain itu orang tua juga harus memberikan nafkah yang benar kepada anak perempuan mereka sampai mereka akhirnya menikah dengan sabar. Selain itu mereka juga tidak boleh merasa marah serta terhina saat memiliki anak perempuan karena hal tersebut sangatlah buruk. Kita lihat ada banyak keutamaan memiliki anak perempuan yang dijelaskan dalam hadits di Al-Quran yang tentu saja merupakan salah satu hukum yang harus diikuti dengan baik oleh seluruh umat muslim.
0 Komentar untuk "Keutamaan Memiliki Anak Perempuan"

Back To Top