Ini yang Terjadi Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada

Dalam setiap tahap kehidupan, tentu semua hal akan mendapat balasannya, yang menunaikan akan mendapat hadiah sedangkan yang melakukan keburukan akan mendapatkan hukuman. Namun, pernahkah kita bayangkan apa yang terjadi jika surga dan neraka tak pernah ada? Mari kita lanjutkan dan cari tahu jawabannya.

Ini yang Terjadi Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada

Tahukah Anda Apa Yang Terjadi Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada?
Akan ada baiknya jika kita membahas banyak tentang surga dan neraka terlebih dahulu:

1. Tentang surga yang pertama yakni surga firdaus. Surga ini dijanjikan Tuhan pada manusia yang memelihara sholat secara khusuk, suka menepati bila sedang berjanji, sangat menjaga amanah yang diberikan terhadapnya, mampu menjaga kemaluannya dari hal-hal yang dimurkai Tuhan, membayarkan zakat bagi orang yang berhak serta menghindarkan diri dari segala hal yang tidak bermanfaat.

2. Untuk yang selanjutnya dinamai surga adn. Surga ini khusus diperuntukkan Tuhan bagi balasan orang-orang yang yang beriman kepada Allah secara jujur dan menerapkan iman mereka dalam kehidupan sehari-hari.

3. Sedangkan untuk gambaran neraka, yang utama ada yaitu neraka hawiyah, neraka ini diperuntukkan untuk setiap manusia bagi laki-laki maupun perempuan yang dalam hidup mereka begitu terang-terangan melawan syariat islam yang membawa keselamatan bagi umat.

Manfaat Dengan Terciptanya Surga dan Neraka
Setelah selesai dengan beberapa cuplikan tentang gambaran surga yang penuh dengan kenikmatan sebagai balasan untuk orang-orang baik dan neraka untuk balasan orang-orang tak beriman yang dipenuhi segala macam siksaan, tentu kita pernah punya pertanyaan tentang, jika tidak ada surga dan neraka bagaimana? Untuk itu, boleh juga kami berikan uraian tentang manfaat mendasar dengan terciptanya surga dan neraka:

- Dalam kehidupan sehari-hari perwujudan balasan dari tindakan tentulah suatu akibat yang tidak dapat dielakkan lagi, bagi orang yang beramal baik mereka pantas mendapat balasan kebaikan dan bisa juga berupa suatu hadiah, nah jika kita berbicara tentang hadiah yang konsepnya ilahiah tentu tak terlepas dari perwujudan surga. Yakni sebuah tempat yang penuh dengan segala bentuk kenikmatan tak berkesudahan yang merupakan balasan dari Tuhan untuk hambaNya yang bertakwa.

- Ada tindakan baik tentulah juga ada tindakan buruk, dan untuk setiap hadiah yang diberikan pada orang yang berbuat baik, sudah barang tentu ada perwujudan hukuman bagi orang-orang yang berbuat hal-hal buruk. Neraka merupakan hukuman pengadilan Tuhan yang berisi segala macam siksaan tanpa henti yang khusus diadakan untuk orang-orang yang membangkang selama hidup mereka.

Dan marilah kita sekarang lanjutkan ke penguraian selanjutnya pada kemungkinan dampak plus minus andai surga dan neraka tak pernah ada:

1. Untuk dampak positifnya bisa saja pada orang-orang yang begitu tulus ikhlas menyembah Tuhan mereka akan beribadah dengan lebih murni untuk persembahan pada Tuhan semata dan bukan karena mereka mengharap kenikmatan surga maupun ketakutan dengan azab neraka.

2. Namun selalu ada hal minusnya juga, mungkin akan ditemukan pula pada beberapa individu yang berpikir apatis dan tidak mau ambil pusing, toh dia melakukan hal buruk atau baik imbasnya akan sama saja, tak ada bentuk penghargaan maupun hukuman, jadi akan sangat mungkin tatanan dunia pun semakin kacau balau tanpa tau mau diatur seperti apa karena dunia menjadi begitu abu-abu dan tanpa kejelasan lagi.

Nah, penjelasan tentang apa yang terjadi jika surga dan neraka tak pernah ada seperti diatas hendaklah senantiasa bisa mengingatkan kita tentang ikhlas melakukan kebaikan dan menjauhi keburukan. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Ini yang Terjadi Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada"

Back To Top