Inilah Manfaat Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Kalau Anda adalah pecinta makanan pedas dan rasanya tidak “afdol” jika tidak makan pakai sambal maka ada 5 manfaat makan makanan pedas yang bisa Anda rasakan, loh! Nah, lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan?

Manfaat Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan
Makan makanan pedas memang bisa menggugah selera, tapi juga jangan terlalu banyak mengkonsumsinya, nanti bisa mules. Pada cabai sendiri terdapat kandungan yang disebut capsaicin yang menyebabkan lidah Anda serasa terbakar saat makan sambal atau cabai. Dan rupanya kandungan tersebut tidak hanya membuat lidah terbakar, tetapi juga bagus untuk kesehatan. Berikut 5 manfaat mengonsumsi makanan pedas bagi kesehatan:

Inilah Manfaat Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan

1. Menurunkan berat badan
Ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa makanan pedas sanggup membakar kalori di tubuh sebab mampu meningkatkan metabolisme sampai delapan persen. Selain itu, kalori akan dibakar 20 menit kemudian setelah Anda makan makanan yang pedas. Nah, bagi Anda yang mungkin sedang menjalankan program diet sehat, bisa loh coba cara ini, asal dibatasi ya.

2. Menurunkan tekanan darah
Kandungan capsaicin yang ada di cabai dapat meningkatkan nitric oxide dimana berguna untuk menurunkan tekanan darah serta melindungi peradangan. Dan cabai rawit diyakini banyak orang paling efektif dalam menurunkan tekanan darah dibandingkan jenis cabai yang lain.

3. Mencegah sakit kanker
Beberapa makanan pedas mempunyai sifat anti kanker dan hal ini juga dikemukakan oleh American Cancer Society. Kandungan capsaicin terbukti sanggup memperlambat tumbuhnya sel-sel kanker prostat. Selain itu, makanan atau rempah-rempah pedas yang kaya akan curcumin antioksidan aktif juga dipercaya dapat mencegah kanker.

4. Membuat jantung lebih sehat
Kandungan capsaicin yang membakar dan menimbulkan rasa panas di lidah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat. Menurut studi yang dilakukan oleh American Chemical Society, kandungan tersebut mampu meningkatkan aliran darah dengan menghambat gen yang dapat menyebabkan penyempitan arteri di jandung sekaligus menurunkan penumpukan kolesterol.

5. Menyegarkan pernapasan
Kalau Anda memiliki masalah bau mulut tidak sedap, maka coba konsumsi makanan pedas karena cabai yang dimasak mengandung rempah-rempah dengan bahan alami yang dapat melindungi paru-paru dari polutan dan iritasi yang berasal dari asap rokok. Kesimpulannya, makanan pedas dapat membantu menyehatkan sistem pernapasan.

Itulah khasiat makan makanan pedas yang dapat dirasakan bagi kesehatan tubuh Anda, sebetulnya masih ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh, contohnya seperti:

- Melegakan hidung tersumbat, banyak orang beranggapan bahwa saat mereka sedang flu atau pilek dengan mengonsumsi makanan pedas dapat melegakan hidung dan menghilangkan ingus. Makanan pedas dipercaya juga dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga efektif mengatasi demam.

- Menyegarkan pikiran, rupanya tidak hanya kesehatan fisik tapi makanan pedas baik untuk kesehatan mental. Contohnya, ketika sedang kantuk dan sumpek, makanan pedas dapat membuat Anda kembali fokus dalam pekerjaan. Selain itu, makanan pedas yang terdapat bahan yang mengandung rempah-rempah tertentu semacam spearmint dan rosemary sanggup mengurangi gejala penyakit Alzheimer serta penyakit lainnya yang berhubungan dengan pikiran.

Dampak Buruk Mengkonsumsi Makanan Pedas
Rupanya selain baik bagi kesehatan, jika berlebihan memakan makanan pedas ada dampak buruknya, loh, seperti:

1. Dapat menyebabkan sariawan.
2. Bisa menyebabkan sakit perut.
3. Menyebabkan insomnia.
4. Tidak baik untuk kesehatan kulit.
5. Memicu maag dan menaikkan asam lambung.

Itulah 5 manfaat makan makanan pedas serta dampak buruknya jika berlebihan mengonsumsi yang bisa diperhatikan.
0 Komentar untuk "Inilah Manfaat Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan"

Back To Top