Makan Telur Menyebabkan Bisul Ternyata Hanya Mitos

Kita sering mendengar bahwa jika terlalu banyak makan telur bisa menyebabkan bisul, tapi benarkah hal tersebut? Makan telur menyebabkan bisul ternyata hanya mitos! Padahal sejak kecil kita diberitahu untuk tidak makan telur terlalu banyak, paling tidak sehari satu saja. Meski begitu memang lebih baik tidak memakan apapun secara berlebihan, meski ternyata telur bisa menyebabkan bisul itu ketahuan hanya mitos.

Makan Telur Menyebabkan Bisul Ternyata Hanya Mitos

Makan Telur Menyebabkan Bisul Ternyata Hanya Mitos, Benarkah?
Makan telur sebabkan bisul adalah salah satu mitos jaman dahulu alias jadul. Sampai sekarang masih banyak orang yang mempercayai hal tersebut apalagi para orang tua. Padahal sampai sekarang belum ada penelitian atau studi yang betul-betul membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi telur dapat menimbulkan bisul di tubuh. Lalu bagaimana sebenarnya bisul itu bisa muncul?

Bisul di tubuh bisa muncul karena terjadi “pertempuran” sengit antara bakteri penyebab bisul dengan sel darah putih. Bisul sendiri merupakan peradangan kulit yang terlokalisasi dan biasanya muncul di folikel rambut. Penyebab paling sering timbulnya bisul bukanlah karena makan telur, melainkan pori-pori tersumbat misal akibat keringat yang mengering atau bisa jadi ada benda asing yang masuk ke kulit. Nah, itulah sebabnya jangan takut dulu dengan mitos telur dan bisul yang selama ini Anda dengar.

Lebih lanjut, seseorang yang diketahui memiliki alergi pada telur pun tidak mendapati dirinya timbul bisul ketika memakan telur. Menurut Journal and Agricultural Food Chemistry dalam buku “Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan" karangan Nutrifood Research Center, biasanya orang yang alergi telur memiliki gejala-gejala seperti mual, sakit kepala, dan muncul ruam-ruam kemerahan di kulit mereka dan bukannya bisul.

Ciri-ciri bisul yang muncul di kulit kita adalah timbulnya benjolan berwarna kemerahan yang kemudian membesar dan ada mata nanah berwarna putih di tengah-tengah. Bisul ini sering muncul di tempat yang berbulu misal pantat, ketiak, selangkangan, paha, bahu, tengkuk, dan tempat lainnya. Bisul mungkin dapat meninggalkan bekas luka di kulit, dan untuk mengatasi bisul bisa dengan pemberian obat.

Apa Saja Manfaat Makan Telur?
Daripada percaya dengan mitos yang belum terbukti benar, apakah Anda tahu apa saja manfaat jika makan telur yang kaya akan protein?

1. Selain sebagai sumber protein, telur ternyata menjadi sumber mineral seperti fosfor, zat besi, magnesium, kalium, kalsium, seng, dan tembaga yang sudah pasti baik bagi tubuh.

2. Putih telur juga baik sebagai sumber vitamin B dan folat. Folat sangat baik dikonsumsi bagi wanita yang sedang hamil sebab bagus untuk perkembangan otak janin.

3. Putih telur yang tinggi protein juga dapat dijadikan menu dalam diet sehat Anda karena manfaat protein dapat menggantikan fungsi karbohidrat sebagai sumber energi bagi tubuh.

4. Telur mengandung kolin yang berguna untuk mencegah resiko penyakit kanker payudara bagi wanita.

5. Telur merupakan nutrisi untuk kesehatan organ mata karena terdapat kandungan vitamin A.

Nah, itulah beberapa manfaat atau khasiat yang bisa didapat dari mengonsumsi telur. Kalau Anda takut dengan kolesterolnya yang tinggi, maka Anda bisa menghindari untuk memakan bagian kuningnya karena kandungan kolesterol yang tinggi terdapat pada bagian tersebut.

Tapi harus diingat pula bahwa tidak baik mengkonsumsi telur berlebihan, usahakan sekali saja dalam sehari, apalagi jika Anda tetap ingin memakan bagian kuningnya. Nah, makan telur menyebabkan bisul ternyata hanya mitos dan justru ada banyak manfaat dari makan telur.
3 Komentar untuk "Makan Telur Menyebabkan Bisul Ternyata Hanya Mitos"

dulu waktu kecil saya banyak makan telur (berangkat sekolah makan sama telur, pulang makan sama telur lagi malemnya juga, sampai sekian lama) bisul -___-

paling parah itu, waktu SD kena bisul tepat di hidung,malu banget rasanya apalagi depan gebetan, wkwkwkwkwk.
yang kepengen internetan murah meriah, suka download film terbaru menggunakan modem, tapi kebentur biaya data yang mahal, ane punya solusi nya nih, penasaran kan cek aja di ANTENA MODEM

Saya kmren mkn telor ..hari ini mta sya bisuln..awalnya sih ak gk pcya ....trus saya coba lg mkn telor tumbuh lg

Back To Top