Hikmah dan Keutamaan Bau Mulut Orang yang Berpuasa

Mengapa bau mulut saat berpuasa lebih menyengat daripada orang yang tidak berpuasa? Tetapi dibalik semua itu, Apakah anda tahu bahwa terdapat hikmah dan keutamaan yang baik dari bau mulutnya orang yang berpuasa, yaitu disaat akhirat nanti akan diganti dengan bau mulut yang  lebih wangi dan sangat harum dari pada wanginya bau mulut sebelumnya.

Hikmah dan Keutamaan Bau Mulut Orang yang Berpuasa

Rasulullah SAW sudah menjelaskan bahwa:
“Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah SWT daripada bau minyak misk.” (HR. Bukhari no. 1894 dan Muslim no. 1151)

Hikmah Bau Mulut Orang yang lagi Berpuasa
Hikmah Bau Mulut Orang yang lagi Berpuasa yang sudah di jelaskan dari hadits tentang bau mulut orang yang berpuasa diatas dapat kita jelasakan bahwa ternyata bau mulutnya orang yang berpuasa itu jauh lebih harum disisi Allah SWT dan diakhirat nanti bau mulut tersebut akan dibalas dengan bau minyak misk yang begitu harum dan wangi.

Ternyata ada dua alasan mengapa bau mulut orang yang lagi berpuasa bisa dibalas dengan bau yang lebih wangi dan harum daripada minyak misk. Berikut ini penjelasannya:

Amalan berpuasa  adalah sebuah rahasia antara hamba dengan Allah SWT. Karena itu rahasia yang ia sembunyikan,dan Allah pun membalasnya dengan cara menampakkan orang yang di akhirat dengan bau mulut yang  harum di antara manusia di hari kiamat.

Dari ketaatan yang berakibat tidak enak bagi jiwa di dunia, ketaatan seperti itu akan dibalas oleh Allah SWT dengan sesuatu yang menyenangkan pada hari kiamat. Artinya, bau mulut seseorang yang berpuasa atau bau mulut yang tidak enak akan dibalas dengan bau mulut yang wangi karena hal itu sudah di tetapkan pada amalan ketaatan pada Allah SWT di dunia. (Lihat Lathoiful Ma’arif, hal. 286-288).

Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah menjelaskan bahwa:
 “Segala sesuatu yang dianggap kurang di dunia menurut pandangan manusia namun jika itu didapati karena melakukan ketaatan pada Allah SWT dan mencari ridho - Nya, maka hakekatnya kekurangan tersebut adalah sebuah kesempurnaan (di sisi Allah).” (Lathoiful Ma’arif, hal. 288).

Bau mulut seseorang yang harum di hari kiamat timbul dari ketaatannya yang dilakukan disaat hidup di dunia. Bau mulut harum tersebut akan membuat orang lain makin menyukainya di akhirat kelak nanti. Itulah yang dijelasakan  dalam ayat QS. Maryam: 96 yang berbunyi:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang. ” (QS. Maryam: 96).

Jadi Itulah Keutamaan dan Hikmah Bau Mulut Seseorang yang Berpuasa, yang artinya sesungguhnya kelak diakhirat nanti seseorang yang sedang berpuasa dengan bau mulut yang tidak enak akan dibalas dengan bau yang lebih wangi dan harum daripada minyak misk. Meskipun dari pada itu, kita harus tetap dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan mulut karena kebersihan itu sebagian dari iman dan agar disaat kita berpuasa tidak terkena penyakit sehingga puasa pun berjalan dengan lancar. Demikian penjelasan dari Hikmah dan Keutamaan Bau Mulut Sesorang yang Berpuasa, mudah-mudahan apa yang sudah di jelaskan tadi  dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Terima Kasih.
0 Komentar untuk "Hikmah dan Keutamaan Bau Mulut Orang yang Berpuasa"

Back To Top