Keutamaan Dibalik Puasa Senin dan Kamis

Banyak umat Islam yang belum tahu tentang keutamaan dibalik puasa Senin dan Kamis yang padahal juga sama berartinya dengan puasa saat bulan Ramadhan. Nabi Muhammad sendirilah yang mengamalkan jenis puasa Senin-Kamis ini serta para pengikut dan sahabatnya dan amalan ini termasuk dalam kategori sunnah adanya. Meski orang-orang tahu bahwa puasa jenis ini sunnah, tidak banyak yang telah mengerti akan keajaiban dibaliknya. Ada baiknya kita mempelajari lebih dalam tentang puasa Senin-Kamis ini dan mengetahui lebih banyak akan keutamaan serta keajaiban yang dikatakan.

Keutamaan Dibalik Puasa Senin dan Kamis

Kira-kira Seperti Apa Keutamaan Dibalik Puasa Senin dan Kamis?
Di dalam sebuah hadits, di sana dikisahkan bahwa kehadiran hari Senin dan Kamis menjadi dua hari yang selalu ditunggu-tunggu oleh Nabi Muhammad SAW karena pada hari-hari tersebut beliau akan melakukan puasa.

- Dalam HR. An-Nasa ‘I dari Hafsah ra juga disebutkan bahwa Rasulullah SAW sering berpuasa tiap bulan pada minggu pertama khususnya hari Senin dan Kamis dan hari Senin saja ketika menginjak minggu kedua.

Percaya atau tidak, kenyataannya puasa Senin-Kamis bukan hanya masalah menahan lapar dan haus serta hawa nafsu, tapi ada kebaikan yang bakal terjadi pada si pelaku puasa apabila puasa ini dilakukan dengan rajin. Ada kondisi manusia yang bisa diubah dengan puasa jenis ini. Kepribadian yang tadinya buruk bisa menjadi lebih cantik dan baik. Dahsyatnya puasa Senin-Kamis bisa membuat kecantikan dari dalam memancar ke luar.

Ada pernah dijelaskan dalam sebuah buku berjudul “Mengapa Harus Puasa Senin-Kamis” yang ditulis oleh Asrar Mabrur Faza tentang keutamaan puasa ini. Di bagian pertamanya, diungkapkan bahwa ada keutamaan yang terdapat pada hari Senin dan Kamis sehingga di sana kita akan lebih mengerti mengapa Senin dan Kamis yang dipilih untuk berpuasa, mengapa bukannya hari Senin dan Selasa, atau Kamis dan Jumat atau dua hari selain Senin dan Kamis. Hikmah dalam memilih hari-hari tersebut pun misalnya ada hubungannya dengan hari lahir dan wafatnya Muhammad SAW, hari di mana Allah memberkahi, hari pembukaan pintu gerbang surga, dan hari pelaporan amal ibadah.

Ada kehebatan dibalik puasa Senin-Kamis? karena memang seperti yang kita tahu bahwa ada waktu-waktu tertentu yang diberi keistimewaan oleh Allah. Seperti hari Jumat, hari tersebut diberi keistimewaan untuk umat Islam melakukan shalat Jumat. Jadi, hari Senin dipilih karena Senin merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang mendapat tempat spesial di hati banyak umat manusia karena menjadi panutan yang telah memberikan rahmat. Disebutkan juga bahwa hari Senin merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan hari di mana beliau diutus oleh Allah.

Lalu, bagaimana dengan hari Kamis dan apa manfaat dan faedah puasa Senin Kamis dengan melakukannya di dua hari tersebut? Hari Kamis ini dipercaya memberi keberkahan karena juga telah didukung dengan Nabi yang sudah mendoakannya sehingga hari Kamis menjadi hari khusus, seperti pada riwayat Ibnu Majah, di sana ada permohonan Nabi supaya Allah memberkahi umatnya di hari Kamis di pagi hari.

Manfaat puasa Senin-Kamis, antara lain adalah menjadi perisai dari segala maksiat, membuat sikap empati sosial tumbuh dalam hati kita, membuat kita lebih rendah hati, membuat pribadi kita jadi semakin terlatih dalam hal kedisplinan, kejujuran, serta keikhlasan, diri kita pun akan dibuat menjadi lebih sabar, mengendalikan ketakwaan kita, bahkan bisa membuat kita menjadi kekasih Allah dan Rasulullah, serta puasa Senin-Kamis akan meningkatkan kesehatan kita. Ternyata, ada segudang keistimewaan dibalik puasa Senin dan Kamis yang selama ini tidak kita tahu.
0 Komentar untuk "Keutamaan Dibalik Puasa Senin dan Kamis"

Back To Top