Manfaat Medis Dari Penyakit Demam Untuk Tubuh

Saat Anda sakit demam, tentunya akan membuat panik dan ingin cepat-cepat disembuhkan, namun sebenarnya sakit demam tidak perlu terlalu dirisaukan karena sesungguhnya ada manfaat medis dari penyakit demam. Mungkin hal ini terlihat aneh dan tidak masuk akal karena penyakit demam selama ini menjadi momok yang sangat menakutkan bagi sebagian besar orang. Namun jika sakit demam tersebut tidak terlalu parah dan hanya sakit demam biasa saja, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir karena ternyata kita bisa mengambil beberapa manfaat dari penyakit ini. Terlebih jika Anda tahu bahwa penderita termasuk yang memiliki tubuh sehat dan kuat sehingga dapat menghadapi penyakit ini dengan normal.

Manfaat Medis Dari Penyakit Demam Untuk Tubuh

Manfaat Sakit Demam dari Sisi Medis
Sesungguhnya sudah dilakukan penelitian tentang beberapa manfaat dari sakit demam yang terjadi di tubuh. Penelitian ini dilakukan oleh seorang dokter bernama Ari Brown yang merupakan juru bicara dari APP yang menyatakan bahwa sesungguhnya sakit demam diperlukan oleh tubuh saat sedang melawan infeksi sebagai manfaat medis dari penyakit demam. Seperti Anda ketahui banyak penyakit yang berasal dari penyebaran mikroba yang kemudian berkembang biak di dalam tubuh Anda. Proses perkembangbiakan dari mikroba tersebut akan terjadi di dalam tubuh saat penderita dalam kondisi tubuh normal yaitu pada suhu 37 derajat celsius. 

Namun pada saat Anda sedang menderita sakit demam, maka suhu tubuh akan terus meningkat. Dan saat suhu tubuh sudah melebihi 38,33 derajat Celsius maka mikroba tadi tidak dapat berkembangbiak lagi dan kemudian akan mati. Terlebih lagi saat suhu tubuh sudah melebihi 38,88 derajat Celsius maka virus yang sangat berbahaya tidak akan dapat menduplikasi dirinya dan kemudian mati. Terlebih lagi manfaat medis dari penyakit demam adalah pada saat kondisi tubuh meningkat, maka tubuh akan mengeluarkan lendir yang digunakan untuk mengikat bakteri. Aktifitas dari bakteri baik yang terdapat di dalam tubuh juga akan semakin meningkat sehingga bakteri baik tersebut dapat memakan bakteri asing yang menimbulkan penyakit. 

Selain itu tubuh juga akan bekerja lebih baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan fungsi endotoksiknya yang terpicu secara alami saat suhu tubuh meningkat. Manfaat medis dari penyakit demam lainnya adalah suhu tubuh yang meningkat tersebut justru dapat melancarkan peredaran darah sekaligus merontokkan segala bentuk penyumbatan yang ada di dalamnya. Hal ini sangat baik terutama untuk penderita penyakit jantung dimana terdapat beberapa penyumbatan yang dapat dihilangkan saat sedang demam. 

Namun tetap saja kita harus berhati-hati saat sedang deman, jika suhu terus meningkat bahkan sampai pada 39 derajat celcius maka Anda harus segera pergi berobat. Terlebih jika penyakit masih terus tidak berubah pada hari keempat bahkan disertai kejang ataupun sesak napas.

Manfaat Sakit Demam dalam Al-Quran
Sebenarnya kita tidak perlu melihat terlalu jauh, karena sesungguhnya dalam Al-Quran sendiri sudah diceritakan tentang manfaat medis dari penyakit demam tersebut. Bahkan Nabi Muhammad juga pernah sakit demam kemudian Ia menyatakan bahwa penyakit itu baik adanya karena dapat menghilangkan dosa, bahkan kita akan mendapatkan banyak sekali pahala saat sedang sakit demam. Sudah jelas bukan bahwa banyak sekali hal yang kita dapatkan dari sakit demam baik dari sisi medis maupun dari sisi rohani. Karena itulah sebaiknya tidak mencela penyakit ini dan Anda bisa jadi lebih ikhlas saat sedang menderita penyakit karena bisa jadi keadaan ini ada untuk membantu.
0 Komentar untuk "Manfaat Medis Dari Penyakit Demam Untuk Tubuh"

Back To Top