Bahaya Menunda-Nunda Shalat Sampai Habis Waktunya

Sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat muslim, namun banyak muslim saat ini yang masih menunda-nunda waktu sholat hingga habis waktunya, ternyata bahaya menunda-nunda shalat sampai habis waktunya sangat besar. Bagaimanakah bahayanya menunda-nunda waktu sholat?

Bahaya Menunda-Nunda Shalat Sampai Habis Waktunya

Inilah bahaya menunda-nunda shalat sampai habis waktunya
Setiap umat muslim berkewajiban untuk menunaikan ibadah sholat lima waktu dalam sehari, namun masih banyak diantara umat muslim yang sering menunda-nunda waktu sholat bahkan ada sebagian dari mereka yang malah meninggalkan sholat dengan alasan kepentingan lainnya. Apa bahayanya menunda-nunda sholat? Berikut bahayanya menunda-nunda waktu sholat:

1. Ancaman neraka
Salah satu akibat menunda-nunda waktu shalat adalah ancaman neraka. Allah SWT telah memberikan ancaman kepada setiap hambanya yang sering menunda-nunda waktu sholat dengan memasukkan mereka ke lembah neraka jahannam. Hal ini telah tertulis dengan jelas dalam QS. Maryam ayat 59-60. Dalam surat ini telah dijelaskan bahwa orang-orang yang menyia-nyiakan sholat dan sering menunda-nunda waktu sholat akan dimasukkan kedalam Ghayyu dan Wail yaitu lembah-lembah yang berada dalam neraka jahannam. Kecuali bagi mereka yang telah bertaubat dan kembali ke jalan Allah.

2. Termasuk orang-orang yang tersesat
Orang-orang yang dengan sengaja menunda-nunda waktu sholat untuk kepentingan duniawi termasuk dalam golongan orang-orang yang tersesat dan orang-orang yang mendapat celaka dunia dan akhirat. Menunda-nunda waktu sholat ini merupakan salah satu perbuatan dosa besar. Larangan menunda-nuda shalat wajib telah tertulis dalam Al-Qur’an. Dalam QS. Al-Maun telah dijelaskan bahwa orang-orang yang lalai dalam sholatnya atau orang-orang yang sengaja menunda-nunda sholat merupakan golongan orang-orang yang celaka.

3. Tergolong dalam orang-orang yang munafik
Golongan orang yang suka menunda sholat karena urusan duniawi merupakan golongan orang yang munafik. Munafik merupakan sifat tidak terpuji yang berpura-pura mengikuti ajaran agama tetapi dalam hati mereka tidak mengakuinya. Dalam QS. An-Nisa telah dijelaskan bahwa salah satu golongan orang munafik atau orang yang menipu agama Allah adalah orang yang selalu bermalas-malasan saat diserukan untuk menjalankan ibadah sholat wajib lima waktu. Dalam hadist Nabi juga telah dijelaskan bahwa orang munafik adalah orang yang menunda waktu sholat hingga waktu sholat itu habis, sedangkan hukum menunda-nunda shalat wajib adalah haram dan merupakan dosa besar. 

4. Tidak mendapat syafaat dari Rosulullah
Rosul telah menyampaikan bahwa beliau tidak akan memberikan syafaat kepada umatnya yang sering melalaikan sholat wajib lima waktu karena urusan duniawi semata. Meskipun seseorang rajin bersholawat tetapi masih menunda-nunda waktu sholat maka Rosulullah tidak akan memberikan syafaat kepadanya kelak di akhirat.

5. Merugikan diri sendiri
Orang yang sering menunda-nunda waktu sholat atau bahkan sengaja meninggalkan sholat maka sesungguhnya dia sendiri yang mengalami kerugian. Selain rugi dalam segi agama, ternyata juga rugi dalam segi medis karena menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan ternyata sholat banyak membawa manfaat dalam kesehatan manusia. Pergantian waktu sholat ternyata juga membawa energi positif bagi setiap manusia, jadi jika seseorang sering menunda waktu sholat mereka maka dia tidak mendapatkan manfaat sholat secara medis.

Setiap umat Islam berkewajiban untuk menjalankan sholat lima waktu yang merupakan rukun Islam yang kedua. Selain menjalankan sholat, seorang muslim juga harus mengetahui pergantian waktu sholat sehingga dapat mengerjakan sholat tepat waktu dengan tidak menunda-nundanya hingga kehilangan waktu sholat.

Itulah beberapa informasi seputar bahaya menunda-nunda shalat sampai habis waktunya dan ternyata menunda-nunda waktu sholat merupakan dosa yang sangat besar.
3 Komentar untuk "Bahaya Menunda-Nunda Shalat Sampai Habis Waktunya"

for your information ( Urgent to Muslim nd Muslimah.....

insya allah manfaat......😀👍

Back To Top