9 Cara Agar Kentut Tidak Bau

Artikel ini akan mengupas tips dan trik sebagai 9 cara agar kentut tidak bau. Kentut yang bau tentu bisa mengurangi rasa percaya diri, apalagi saat Anda memiliki banyak gas dalam perut. Sebelum mengeluarkannya, Anda perlu berhati-hati agar tidak mengganggu orang-orang di sekitar. Simak cara-cara yang bisa dilakukan di bawah ini untuk mengurangi bau kentut.

9 Cara Agar Kentut Tidak Bau

9 Cara Agar Kentut Tidak Bau yang Bisa Dicoba

1. Olahraga dengan teratur
Salah satu dari 9 tips mengatasi agar kentut tidak bau adalah dengan teratur berolahraga. Menurut para ahli, olahraga secara teratur dapat mengurangi produksi gas kronis dalam usus yang umumnya menghasilkan bau kentut yang tidak enak atau busuk. Jika Anda bukan orang yang terbiasa berolahraga, mulailah dengan olahraga ringan seperti jogging, yoga, atau jalan kaki di sekitar perumahan. Olahraga ringan sekalipun dapat memperbaiki sistem kerja pencernaan sehingga gas yang dihasilkan dalam bentuk kentut pun berkurang.

2. Minum teh herbal
Teh herbal setelah makan dapat mengurangi produksi gas di dalam usus. Jenis teh yang disarankan oleh para ahli pada umunya adalah teh peppermint dan chamomile. Kedua jenis teh ini dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh sehingga didapatkan pencernaan yang baik. Hasilnya, bau kentut Anda akan berkurang drastis.

3. Mengubah kebiasaan saat makan
Salah satu cara efektif dalam 9 tips mengatasi bau kentut yang meledak adalah dengan mengubah kebiasaan makan yang buruk. Kunyahlah makanan Anda dengan perlahan-lahan dan mulut tertutup serta sebaiknya Anda tidak berbicara sama sekali saat mengunyah. Kurangi pula penggunaan sedotan untuk minum karena kebiasaan ini dapat meningkatkan konsumsi udara ke dalam perut. Akibatnya, Anda bisa kentut lebih banyak dari biasanya dan berbau tidak sedap.

4. Perhatikan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung susu
Bagi Anda yang mengidap intoleransi terhadap laktosa, kurangi konsumsi makanan maupun minuman mengandung susu seperti keju, milkshake, dan yogurt. Ciri-ciri pengidap intoleransi terhadap laktosa adalah peningkatan gas di dalam perut setelah mengonsumsi produk olahan susu terlalu banyak. Tingkat toleransi ini berbeda-beda untuk tiap orang sehingga beberapa orang tidak akan mengeluarkan kentut bau busuk sekalipun mengonsumsi banyak produk olahan susu.

5. Kurangi makanan yang merang*ang produksi gas
Tips lainnya sebagai salah satu dari 9 trik agar kentut tidak bau adalah dengan mengurangi makanan yang meningkatkan produksi gas yaitu kembang kol, kubis, brokoli, dan tauge. Kurangi konsumsi ini apalagi saat Anda sedang menderita perut kembung. Minuman yang merangsang produksi gas seperti soda dan minuman alkohol sebaiknya dibatasi juga konsumsinya.

6. Kurangi konsumsi lemak
Lemak yang berlebihan akan menghasilkan sejumlah karbon dioksida di dalam perut sehingga Anda akan menghasilkan kentut lebih banyak. Substitusikan lemak yang Anda makan dengan makanan kaya serat seperi sayur dan buah.

7. Batasi jumlah minuman mengandung asam
Jika Anda sangat suka kopi dan teh, mulailah mengurangi dua jenis minuman ini karena asam yang dikandung dapat meningkatkan produksi gas dalam perut. Hal ini disebabkan iritasi yang mungkin ditimbulkan pada saluran lambung usus sehingga gas harus diproduksi dalam tubuh untuk meringankannya.

8. Batasi konsumsi makanan pedas
Makanan pedas yang berlebihan dapat meningkatkan asam lambung sehingga terjadi iritasi lambung. Efeknya, gas dalam perut lebih banyak diproduksi dan baunya pun tak sedap.

9. Jangan mengkonsumsi karbohidrat berlebihan
Konsumsi karbohidrat berlebih dapat meningkatkan produksi gas dalam usus.

Tips dan trik di atas dapat Anda lakukan untuk mengurangi produksi gas dalam sistem pencernaan. Semoga 9 cara agar kentut tidak bau di atas dapat membantu Anda.
0 Komentar untuk "9 Cara Agar Kentut Tidak Bau"

Back To Top