Bahaya Mengkretek Anggota Badan

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang adalah mengkretek bagian anggota tubuh saat tubuh merasa kaku dan pegal, ternyata bahaya mengkretek anggota badan sangat besar dan dapat mempengaruhi kesehatan. Namun, sebagian besar orang tidak menyadari akan bahaya mengkretek ini sehingga sebagian besar orang menyepelekan hal ini.

Bahaya Mengkretek Anggota Badan

Inilah Bahaya Mengkretek Anggota Badan Secara Rutin
Apakah kamu sering mengkretek anggata badanmu? Mengkretek anggota badan merupakan hal yang telah biasa dan banyak dilakukan orang untuk meregangkan sendi-sendi yang kaku dan pegal. Kegiatan ini mampu memberikan sensasi relaksasi dan kepuasan tersendiri saat terdengar bunyi kretek-kretek. Secara medis melakukan relaksasi dengan cara mengkretek anggota tubuh tidaklah berbahaya, namun jika dilakukan secara rutin dan sering maka dapat mengganggu kesehatan.

Menurut dokter ahli chiropractic dari AS yaitu Dr Christopher Anselmi menyatakan bahwa mengkretek otot bukanlah hal yang berhaya tetapi jika dilakukan secara rutin dan terlalu sering maka dapat menyebabkan kerusakan pada struktur sendi. Kerusakan struktur sendi ini dapat berupa ausnya struktur persendian dan juga posisi persendian yang tidak sesuai sehingga dapat menyebabkan kerusakan secara prematur, jadi kebiasaan mengkretek anggota tubuh ternyata berbahaya.

Saat melakukan peregangan pada sendi yaitu dengan mengkretek sering terdengar bunyi ‘kretek’ yang terdengar cukup menakutkan seperti adanya tulang yang patah, ternyata suara ‘kretek’ yang timbul disebabkan oleh cairan dan gas yang terdapat dalam persendian, ketika persendian itu mendapat tekanan maka gas yang terdapat dalam persendian itu otomatis keluar dan mengeluarkan bunyi ‘kretek’.

Melakukan pengkretekan untuk mnghilangkan rasa pegal dan kaku boleh dilakukan tetapi sebaiknya jangan sering dilakukan. Dr Christopher Anselmi menyarankan untuk mengatasi rasa pegal dan kaku sebaiknya dengan melakukan peregangan ringan yang tidak membahayakan tubuh, yaitu dengan berdiri tegak dan regangkan bagian punggung, setelah 5 menit berlalu maka lenturkan punggung ke arah samping kiri dan kanan, serta ke arah depan dan belakang.

Dr Christopher Anselmi juga menyatakan jika seseorang selalu ingin meregangkan persendian dengan cara mengkretek maka ada kemungkinan ada masalah pada bagian punggungnya. Pernyataan ini juga hampir sama dengan pernyataan dokter lainnya yaitu Dr Michael Triangto, SpKO yang merupakan dokter pakar kesehatan di Kemayoran. Dr Michael Triangto menyatakan bahwa seseorang boleh melakukan peregangan persendian dengan mengkretek tetapi hal itu tidak boleh dilakukan terlalu sering. Jika sering melakukan hal ini maka persendian akan cepat mengalami aus dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan osteoarthritis atau peradangan pada persendian. Inilah bahaya dibalik mengkretek sendi tulang secara teratur. Dr Michael Triangto juga menyarankan agar mengkretek persendian sebaiknya dilakukan sendiri jangan meminta bantuan orang lain untuk mengkretek, hal ini disebabkan karena setiap orang mengetahui bagaimana kondisi badan masing-masing dan kekuatan kretek yang mampu diterima tubuhnya sendiri.

Tidak hanya Dr Michael Triangto saja yang berpendapat demikian, dr. Benedictus Megaputera, MSi, SpOT yang merupakan dokter spesialis bedah ortopedi dari Surabaya juga menyatakan hal yang sama. Menurutnya tindakan mengkretek anggota tubuh dapat menyebabkan pergeseran bantalan sendi pada antar tulang belakang sehingga dapat menganggu kesehatan sendi. Jika tubuh mengalami pegal dan kaku maka sebaiknya duduk dan istirahat sejenak dengan melakukan stretching.

Jadi sebagai orang yang peduli masalah kesehatan maka hindari kebiasaan mengkretek badan untuk meredakan rasa pegal dan kaku karena semakin sering kita melakukan tindakan ini maka dapat menyebabkan gangguan pada persendian tubuh.

Itulah beberapa informasi seputar bahaya mengkretek anggota badan yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang dan bahkan telah menjadi kebiasaan untuk mengatasi rasa pegal dan kaku.
0 Komentar untuk "Bahaya Mengkretek Anggota Badan"

Back To Top