Jangan Makan Apapun Ketika Sangat Kelaparan

Makan merupakan kebutuhan pokok yang harus kita penuhi. Dengan makan, kita mendapatkan energi untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, makanan juga menjadi bahan metabolisme dalam tubuh. Tapi, terdapat larangan makan pada waktu tertentu. Jangan makan apapun ketika sangat kelaparan!

Jangan Makan Apapun Ketika Sangat Kelaparan

Jangan Makan Apapun Ketika Sangat Kelaparan! Ini penjelasannya
Lapar adalah faktor utama kita untuk makan. Namun, tak baik juga untuk kesehatan jika kita makan di keadaan yang lapar. Hal ini dikarenakan ketika kita merasakan lapar akan kita akan cenderung makan banyak makanan untuk memuaskan hingga kenyang. Sehingga menyebabkan berat badan yang terus bertambah bahkan sampai mengalami obesitas. Dan pada akhirnya kita akan menyesali hal tersebut.

Beberapa penyebab lapar adalah lelah karena terlalu banyak aktivitas atau pekerjaan yang harus dilakukan. Sehingga energi dalam tubuh menjadi berkurang dan hilang. Selain itu, jadwal makan yang dilupakan juga menjadi penyebab rasa lapar berlebih. Ketika kita melewatkan jadwal makan maka lapar akan muncul berkali lipat pada jadwal makan selanjutnya.

Dibutuhkan beberapa cara mengatur pola makan yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini, yakni:

1. Mungkin haus
Ketika kita merasa lapar, jangan langsung memutuskan untuk makan. Karna rasa tersebut bisa saja muncul bukan karena lapar, tetapi haus. Ketika tubuh kekurangan cairan maka otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh agar kita mengisinya dengan cairan. Jadi, sebelum makan, cobalah untuk minum terlebih dahulu. Apabila dengan minum rasa tersebut sudah hilang maka jangan teruskan dengan makan. Selain itu, dengan minum perut kita akan terisi sebelum makan. Sehingga kita tidak makan berlebih.

2. Jadwal makan
Setiap orang mempunyai aktivitasnya masing-masing. Bagi Anda yang bekerja atau masih sekolah maka tidak ada waktu lama untuk mencari makan diluar. Sehingga banyak di antara mereka yang melewatkan jadwal makan ini. Lalu kapan saatnya makan? Solusi terbaiknya adalah dengan membawa bekal. Jadi kita masih bisa mengisi perut dan menghilangkan rasa lapar. Namun, alangkah lebih baik jika kita makan sebelum terasa lapar. Karena kelaparan dan kekenyangan tidak baik untuk kesehatan.

3. Jenis makan
Tidak sembarang makanan dapat kita makan. Karena jika kita hanya mengganjal perut dengan makanan ringan, mungkin rasa lapar akan hilang pada waktu itu. Namun, hal ini tidak bertahan lama. Bahkan rasa lapar akan semakin besar. Oleh karenanya, kita harus memperhatikan jenis makanan yang kita makan. Sebaiknya makanan yang dipilih adalah makanan yang bergizi dan bernutrisi banyak agar terhindar dari rasa lapar. Nutrisi yang seimbang harus menjadi perhatian tersendiri dalam memilih makanan. Karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin harus terpenuhi sesuai dengan kebutuhan.

4. Sarapan
Ketika kita tidur, bukan berarti otak kita juga ikut tidur. Bahkan bisa saja otak menjadi lebih aktif. Hal ini dapat menyebabkan energi tubuh menjadi berkurang. Oleh karena itu, ketika kita bangun di pagi hari, rasa lapar akan semakin terasa. Maka sebaiknya kita memenuhinya dengan sarapan sebagai tips menghindari kelaparan. Jika kita tidak sarapan, maka pada siang hari, akan muncul rasa lapar yang berlebih.

5. Pilih makanan
Tidak sembarang makanan dapat kita pilih menjadi menu sehat. Terlebih yang dapat digunakan untuk mengganjal perut lebih lama. Salah satu makanan tersebut adalah makanan yang mengandung kadar gula, seperti nasi.

Demikian inilah larangan jangan makan apapun ketika sangat kelaparan karena dapat menyebabkan kita makan yang berlebih. Jadi usahakan kita makan sebelum benar-benar lapar dan sudah berhenti sesaat sebelum merasa kenyang.
0 Komentar untuk "Jangan Makan Apapun Ketika Sangat Kelaparan"

Back To Top