Robert Budi Hartono, Orang Terkaya Nomor 1 di Indonesia

Indonesia termasuk negara berkembang yang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Meskipun masih berkembang, negara Indonesia juga memiliki warga yang mempunyai harta melimpah. Namun, terdapat seseorang yang memiliki kekayaan tertinggi di Indonesia. Inilah Robert Budi Hartono, orang terkaya nomor 1 di Indonesia.

Robert Budi Hartono, Orang Terkaya Nomor 1 di Indonesia

Mari Mengenal Robert Budi Hartono, Orang Terkaya Nomor 1 Di Indonesia
Banyak masyarakat dunia terutama bagi negara maju yang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi. Namun, meskipun negara Indonesia termasuk negara berkembang, terdapat satu orang yang mempunyai tingkat kekayaan yang tidak jauh berbeda dengan warga asing lainnya. Bahkan, orang ini sering disebut-sebut sebagai orang paling kaya di Indonesia. Dia adalah R. Budi Hartono. Budi Hartono ini merupakan pemilik dari Grup Djarum. Ia lahir di kota Semarang pada tanggal 28 April 1941. Ayahnya merupakan pemilik dari usaha Djarum Gramophon yang sekarang lebih dikenal dengan Djarum, perusahaan rokok terbesar di dunia. Beliau bernama Oei Wie G. Ia merupakan keturunan Tionghoa dengan nama Oei Hwie T. Sebuah majalah yakni Forbes mencatat bahwa kekayaan yang dimiliki oleh orang ini adalah 8,5 Miliar Dollar atau setara dengan 82,5 Trilyun Rupiah. Kekayaan ini menjadikan dirinya sebagai orang nomor satu dengan tingkat kekayaan yang paling tinggi selama bertahun-tahun. Bahkan ia juga menempati peringkat 131 orang terkaya di dunia. Kekayaan yang ia miliki ini bermula dari ayahnya yang membeli suatu usaha kecil di bidang kretek dengan nama Djarum Gramophon di tahun 1951. Kemudian ia mengubah namanya jadi Djarum. Pada saat inilah ia mulai memasarkan rokok dengan merek Djarum yang mendapat sambutan baik dari para konsumen.

Suatu hari pada tahun 1963, perusahaannya mengalami kebakaran yang hampir menghanguskan seluruh usahanya. Namun, tak butuh waktu lama untuk perusahaan ini kembali bangkit dari keterpurukan pabriknya. Robert beserta kakaknya, Michael mendapatkan harta warisan setelah ayahnya meninggal dunia. Setelah terjadi kebakaran tersebut, membuat kondisi perusahaan semakin tidak stabil. Namun, berkat kedua saudara ini, perusahaan Djarum kembali bangkit bahkan membuat kisah sukses Budi Hartono.

Kemudian kedua saudara ini bangkit dan membuat perusahaan mereka terus berkembang secara modern. Perusahaan ini mulai untuk mengekspor produknya hingga keluar negeri pada tahun 1963. Pada tiga tahun berikutnya, perusahaan ini mengeluarkan produk pertamanya yang menggunakan mesin dengan nama Djarum Filter, dilanjutkan dengan produk Djarum Super yang dikenalkan pada tahun 1981. Di Amerika pun, perusahaan ini cukup diperhitungkan untuk dapat menguasai pasar rokok. Usaha ini terus berkembang pesat dan melebarkan jangkauannya hingga ke perbankan, agrobisnis, properti, dan multimedia. Hal ini semakin mengokohkan usaha yang telah dijalankan oleh Robert dan keluarganya ini.

Sebuah majalah Asia menyatakan bahwa Robert dinobatkan sebagai orang terkaya nomor satu di Indonesia dengan jumlah kekayaan yang mencapai 4,2 Miliar atau setara dengan 37, 8 Trilyun rupiah. Selain perusahaan Djarum yang sangat terkenal di dunia, keluarga ini juga memiliki usaha di bidang elektronik yang tidak kalah terkenalnya. Nama merek yang diperdagangkan adalah Polytron yang mengeluarkan berbagai produk elektronik, seperti lemari es, TV, AC, VCD, dipenser ataupun berbagai alat elektronik lainnya. Maka tidak mengherankan jika kekayaannya sangat melimpah.

Demikian kisah sukses Robert Budi Hartono, orang terkaya nomor 1 di Indonesia. Semua pencapaian yang telah ia miliki tidak lepas dari usaha yang telah ia lakukan selama ini. apabila usaha dan doa kita sungguh-sungguh maka akan memudahkan jalan kita untuk menuju kesuksesan.
0 Komentar untuk "Robert Budi Hartono, Orang Terkaya Nomor 1 di Indonesia"

Back To Top