Inilah yang Tersembunyi di Balik Bayangan Bulan

Bulan yang merupakan satelit bumi kerap terlihat indah di malam hari terutama bayangannya, inilah yang tersembunyi di balik bayangan bulan. Apakah Anda selama ini selalu penasaran mengenai apa yang ada di balik sisi gelap bulan? Artikel ini bisa menjawab sebagian rasa penasaran Anda.

Inilah yang Tersembunyi di Balik Bayangan Bulan

Inilah yang Tersembunyi di Balik Bayangan Bulan: Fakta-Fakta

1. Peneliti dan para ahli selalu penasaran mengenai apa yang tersembunyi di sisi gelap bulan yang permanen. Pasalnya, bagian ini sama sekali tak pernah memancarkan cahaya matahari yang diterima oleh bulan secara keseluruhan. Awalnya pernah digunakan satelit dan teleskop untuk melihat apa yang sesungguhnya berada di sana. Sayangnya, cara tersebut memberikan hasil nihil karena cahaya biasa tak bisa memberikan informasi apapun mengenai apa yang ada di balik bayangan bulan.

2. Untungnya, di masa sekarang ini para peneliti dan ahli telah menemukan cara yang efektif untuk mengetahui misteri di balik wilayah bayangan permanen bulan. Cara ini menghasilkan beberapa informasi, informasi pertama adalah wilayah yang gelap permanen tersebut terletak di kutub bulan dan berada jauh di dalam kawahnya. Hasilnya, cahaya matahari pun tidak mampu menerangi bagian ini. Kedua, para ahli dan peneliti meyakini bahwa terdapat kemungkinan adanya air beku di kawasan tersebut.

3. Berikut merupakan deskripsi singkat dari teknik yang dilakukan para peneliti untuk melihat apa yang sesungguhnya berada di bulan tersebut. Mereka menggunakan cahaya yang dipantulkan oleh atom hidrogen. Atom hidrogen tersebar di wilayah jagat raya sekitar bulan, bahkan sampai ke kawah di bulan yang sangat dalam tersebut. Kurt Retherford yang merupakan peneliti senior dari Southwest Research Institute San Antonio menyatakan bahwa bagian bulan yang gelap tersebut mempunyai lyman alpha emission yang lebih gelap juga dibanding daerah lainnya. Lanjutnya lagi, permukaan daerah bersangkutan yang lebih gembur dan pulen menyebabkan perbedaan pantulan terhadap cahaya yang teridentifikasi. Inilah yang menyebabkan para peneliti dan ahli berspekulasi bahwa terdapat air beku di kawasan gelap bulan itu. Partikel kecil air beku mampu bergerak masuk dan keluar ke dan dari butiran lumpur. Jejak masuk dan keluar mereka meninggalkan pori-pori pada lumpur sehingga dihasilkan tekstur lahan yang gembur. Dengan kata lain, tekstur lahan ini juga memiliki karakteristik seperti tepung atau bubuk.

4. Dari penelitian lebih lanjut dapat ditarik hasil berupa proporsi air pada lumpur di daerah gelap bulan adalah sekitar dua persen. Sementara itu, kawasan yang terkena sinar matahari dari wilayah bersangkutan hanya sekitar setengah persen. Banyak orang yang meyakini bahwa bayangan bulan menyembunyikan beberapa hal yang lebih menakjubkan dibanding air beku. Penelitian juga tidak berhenti sampai di sini karena peneliti beserta para ahli yang masih penasaran terus-terusan membuktikan dugaan mereka untuk menarik kesimpulan pasti. Satu hal yang bisa diyakinkan oleh mereka adalah, para astronot di masa datang tidak akan kesulitan mengakses air dari bulan. Untuk saat ini dibutuhkan indra yang sangat tajam dari astronot yang melakukan penelitian agar bisa merasakan apa yang mereka lihat dengan lebih jelas. Niscaya, pengetahuan mengenai bayangan gelap bulan tidak akan berhenti sampai di sini dan hasilnya bisa saja membantu umat manusia generasi selanjutnya.

Jika Anda penasaran dengan luar angkasa terutama terhadap bulan, membaca artikel seperti ini tentu akan memuaskan sedikit rasa ingin tahu Anda. Inilah yang tersembunyi di balik bayangan bulan.
0 Komentar untuk "Inilah yang Tersembunyi di Balik Bayangan Bulan"

Back To Top