15 Penyakit yang Disebabkan Oleh Rokok

Rokok merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia dan ada 15 penyakit yang disebabkan oleh rokok karena kandungan rokok yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebagai perokok aktif sebaiknya Anda mengetahui ke-15 jenis penyakit yang disebabkan oleh rokok, meskipun rokok tampak kecil tetapi dampaknya sangat besar bagi kesehatan Anda.

15 Penyakit yang Disebabkan Oleh Rokok

Inilah 15 Penyakit yang Disebabkan Oleh Rokok
Produksi rokok saat ini semakin meningkat tajam seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna rokok padahal banyak orang yang telah mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan manusia. Dalam sebatang rokok mengandung 4000 bahan kimia dan 40 diantaranya mengandung racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah 15 penyakit akibat rokok:

1. Kanker paru
Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan ternyata 90% penyebab kanker paru disebabkan oleh rokok. Asap rokok secara inhalasi masuk kedalam paru-paru dan zat dari asap rokok ini telah merangsang sel-sel dalam paru-paru untuk tumbuh menjadi abnormal.

2. Kanker kandung kemih
Rokok mengandung senyawa 2-naphthylamine dalam kadar yang tinggi dan senyawa ini mampu berubah menjadi karsinogen yang dapat menyebabkan penyakit kanker kandung kemih.

3. Kanker payudara
Berdasarkan survey ternyata perempuan yang mulai merokok saat usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum mereka hamil pertama memiliki resiko sangat besar terkena kanker payudara.

4. Kanker serviks
Salah satu penyakit-penyakit yang disebabkan rokok adalah kanker serviks. Berdasarkan hasil survey ditunjukkan bahwa 30% kematian kanker serviks disebabkan oleh kebiasaan merokok karena seorang perempuan lebih rentan terhadap penyakit seksual yang menular.

5. Kanker kerongkongan
80% dari penyebab kanker kerongkongan adalah kebiasaan merokok. Asap rokok ternyata mampu merusak DNA dari sel kerongkongan atau esophagus.

6. Kanker pencernaan
Selain masuk ke dalam paru-paru, asap rokok juga masuk ke dalam system pencernaan sehingga dapat memicu terjadinya kanker pencernaan.

7. Kanker ginjal
Zat berbahaya yang terkandung dalam asap rokok seperti nikotin, tar dan karbonmonoksida dapat merusak DNA dari sel ginjal yang dapat menyebabkan penyakit kanker ginjal.

8. Kanker mulut
Tembakau merupakan faktor utama penyebab kanker mulut, orang yang merokok berisiko 6 kali lebih besar terkena kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok bahkan orang yang merokok dengan tembakau malah berisiko 50 kali lebih besar.

9. Kanker tenggorokan
Asap rokok juga akan masuk melewati tenggorokan sehingga juga dapat memicu timbulnya penyakit akibat merokok yaitu kanker tenggorokan.

10. Serangan jantung
Kandungan nikotin dalam rokok menyebabkan kerja jantung lebih cepat dan dapat meingkatkan tekanan darah, sedangkan karbonmonoksida bekerja mengambil oksigen dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung.

11. Jantung koroner
Penyakit jantung koroner mayoritas disebabkan oleh rokok.

12. Aterosklerosis
Kandungan nikotin dalam asap rokok mampu mendorong penumpukan lemak sehingga terjadi penyumbatan pada arteri, hal ini dapat menyebabkan jaringan parut dan juga penebalan arteri yang memicu timbulnya arterosklerosis.

13. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
80% kasus PPOK disebabkan oleh rokok dan kondisi ini menyebabkan seseorang sulit untuk bernafas karena aliran darah terhalangi.

14. Impotensi
Rokok dapat menyebabkan meningkatnya resiko impotensi sekitar 50% bagi pria berusia 30-40 tahun. Hal ini disebabkan karena nikotin dapat mempersempit arteri sehingga lairan darah dan juga tekanan darah ke penis semakin berkurang.

15. Gangguan kesehatan lainnya
Ada beberapa gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh rokok yaitu hipertensi, radang saluran napas, memperparah asma, katarak, noda pada gigi dan gusi, sariawan di usus, dan juga dapat meningkatkan gangguan pada kesuburan seseorang.

Itulah beberapa informasi seputar 15 penyakit yang disebabkan oleh rokok karena kandungan zat racun pada rokok seperti nikotin, tar, dan karbonmonoksida. 
0 Komentar untuk "15 Penyakit yang Disebabkan Oleh Rokok"

Back To Top