Keutamaan Saling Mengunjungi Sesama Muslim

Islam mengajarkan kepada setiap umatnya untuk selalu menjaga hubungan baik sesama manusia dan bahkan harus senantiasa mengunjungi sesama muslim karena terdapat keutamaan saling mengunjungi sesama muslim. Apa sajakah keutamaan mengunjungi sesama muslim?

Keutamaan Saling Mengunjungi Sesama Muslim

Inilah keutamaan saling mengunjungi sesama muslim
Mengunjungi sesama muslim merupakan suatu perbuatan yang dianjurkan oleh Islam, berkunjung sesama muslim ini bukan hanya dalam rangka kepentingan duniawi saja melainkan berkunjung disini merupakan karena ingin menjalankan anjuran agama atau karena Allah. Setiap umat muslim dianjurkan untuk senantiasa berkunjung karena di dalam satu perbuatan ini terdapat keutamaan yang sangat besar. Apakah keutamaan berkunjung ke sesama muslim?

Berikut beberapa keutamaan mengunjungi sesama muslim:

1. Dicintai Allah
Dalam hadist Nabi telah dijelaskan bahwa setiap muslim yang senantiasa berkunjung ke sesama muslim akan dicintai Allah karena perbuatan ini dapat meningkatkan rasa persatuan dan persaudaraan antar sesama muslim sehingga dapat tercipta rasa saling tolong menolong sesama muslim. Namun kunjungan yang dimaksud disini adalah kunjungan yang berdasarkan cinta kepada Allah bukan berdasarkan kepentingan duniawi semata. Sebagian besar umat muslim sering berkunjung ke sesama muslim hanya untuk kepentingan duniawi semata seperti urusan pekerjaan atau urusan usaha. Jadi jika kita ingin termasuk dalam golongan orang-orang yang dicintai Allah maka biasakan untuk mengunjungi sesama muslim karena cinta kepada Allah bukan karena urusan duniawi semata.

2. Mendapat tempat mulia di akhirat kelak
Dalam hadist Nabi juga telah dijelaskan bahwa setiap muslim yang senantiasa mengunjungi sesama muslim, maka Allah telah menyiapkan baginya tempat yang mulia di akhirat kelak sehingga banyak para sahabat Nabi yang iri dengan keutamaan orang yang saling berkunjung ke sesama muslim bukan hanya saling berkunjung di hari raya saja melainkan di hari lainnya juga.

3. Mendapatkan rumah di surga
Nabi telah menjelaskan bahwa kelak orang-orang yang senantiasa menjenguk orang yang sakit dan senantiasa senang mengunjungi sesama muslim maka di surga nanti dia berhak mendapatkan rumah yang indah. Maka beruntunglah orang-orang yang gemar mengunjungi sesama muslim karena Allah SWT.

4. Meningkatkan tali persaudaraan
Keutamaan silaturrahmi ke sesama muslim selanjutnya adalah meningkatkan tali persaudaraan. Saling berkunjung sesama muslim dapat meningkatkan tali persaudaraan antar sesama muslim. Selain itu juga dapat meningkatkan rasa saling tolong-menolong sesama muslim, sehingga jika terdapat saudara semuslim yang sedang kesusahan maka muslim lainnya akan senantiasa membantunya dengan ikhlas karena Allah.

5. Sunnah Rosulullah
Mengunjungi teman, kerabat, atau saudara sesama muslim merupakan suatu hal yang anjurkan oleh Rosulullah dan hal ini juga telah dicontohkan oleh Rosulullah karena silaturahmi dapat membawa banyak manfaat bagi kita dan juga bagi orang yang telah dikunjungi. Sehingga berkunjung kesesama muslim merupakan sunnah Rosulullah.

Kunjungan seperti apakah yang dianjurkan oleh Islam? Apakah kunjungan yang berisi senda gurau juga termasuk dalam hal ini? Kunjungan yang dimaksud dalam jaran Islam adalah kunjungan yang berisi hal-hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat Islam, sehingga kunjungan yang hanya berisi hal-hal yang tidak manfaat tidaklah masuk dalam kategori kunjungan yang dianjurkan oleh Rosulullah.

Lalu siapakah orang yang harus dikunjungi? Berkunjung yang dianjurkan oleh Rosulullah bukan hanya berkunjung kepada saudara dalam keluarga saja, melainkan juga teman, kerabat, dan juga saudara sesama muslim karena hal ini dapat mempererat tali silaturahmi dan juga dapat meningkatkan rasa persaudaraan antar sesama muslim.

Itulah beberapa informasi seputar beberapa keutamaan saling mengunjungi sesama muslim yang telah dijelaskan dalam hadist Nabi Muhammad SAW.
0 Komentar untuk "Keutamaan Saling Mengunjungi Sesama Muslim"

Back To Top