Kenapa Allah SWT Merahasiakan Kematian?

Kenapa Allah SWT merahasiakan kematian? Kematian merupakan satu hal yang menjadi rahasia Tuhan dan tidak ada satu makhlukpun yang dapat mengetahui kapan dan dimana ajalnya akan datang. Tetapi Allah telah memberikan tanda-tanda datangnya kematian sehingga seseorang dapat mempelajarinya. Semua makhluk di dunia ini akan mengalami kematian pada waktu yang telah ditetapkan oleh Allah.

Kenapa Allah SWT Merahasiakan Kematian?

Kenapa Allah SWT Merahasiakan Kematian? Inilah Jawabannya
Kematian adalah sesuatu yang menjadi rahasia milik Allah semata. Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa Allah merahasiakan datangnya ajal kepada setiap manusia. Ternyata ada alasan dibalik kerahasiaan kematian ini. Berikut adalah beberapa alasan kematian dirahasiakan Allah:

1. Agar manusia lebih mencintai akhirat dari pada dunia
Dunia hanyalah tempat persinggahan manusia namun meskipun hanyalah sebagai persinggahan sementara, banyak manusia yang terlena dan tergoda dengan kehidupan dunia sehingga mereka sangat mencintai dunia seakan-akan mereka hidup abadi di dunia. Kehidupan yang abadi merupakan kehidupan akhirat dan untuk membawa bekal menuju kehidupan akhirat harus dikumpulkan manusia saat masih di dunia, namun sebagian besar manusia tidak menyadari hal ini sehingga banyak yang mengesampingkan kehidupan akhirat dan berfoya-foya di dunia. Rosulullah telah menjelaskan bahwa dunia merupakan penjara bagi seorang mukmin dan merupakan surga bagi orang yang kafir, sedangkan akhirat merupakan surganya orang mukmin dan penjaranya bagi orang yang kafir. Dengan dirahasiakannya kematian dari manusia bertujuan agar manusia selalu mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian kapan saja dan di mana saja, manusia dapat mempersiapkan diri mereka dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan menjauhi semua larangaa dan menjelankan semua perintah Allah.

2. Agar manusia lebih banyak beramal
Mengapa kematian dirahasiakan oleh Allah? Salah satu alasannya adalah agar manusia lebih banyak beramal. Setiap manusia sebaiknya menyegerakan untuk berbuat baik dan juga beramal seperti sedekah. Dengan mengingat akan datangnya kematian yang bisa datang kapan saja dan di mana saja maka kita tidak akan menunda-nunda pekerjaan baik dan juga segera beramal atau bersedekah dari sebagian rezeki yang telah diperoleh. Hal inilah yang merupakan salah satu alasan mengapa Allah merahasiakan datangnya ajal setiap hambanya dan tidak seorang pun di dunia ini yang mengetahuinya.

3. Mencegah manusia untuk berbuat maksiat
Dengan mengingat akan datangnya ajal maka manusia akan lebih fokus pada kehidupan akhirat yang akan mereka hadapi sehingga manusia akan lebih cenderung berbuat baik dan menghindari perbuatan maksiat agar saat kematian datang maka seseorang dapat mati dengan khusnul khotimah. Orang yang telah berbuat maksiat dan mati dalam keadaan belum bertobat maka Allah telah mempersiapkan neraka jahannam untuk tempatnya kelak. Inilah salah satu alasan kenapa Allah merahasiakan mati.

4. Menjadi manusia yang memiliki pikiran cerdas
Seorang manusia yang cerdas adalah manusia yang mengetahui bahwa kelak dirinya akan menuju kehidupan akhirat yang abadi. Semua amal perbuatannya di dunia ini merupakan bekal untuk kehidupannya di akhirat. Sehingga orang cerdas akan berlomba-lomba untuk mencari bekal akhirat yaitu dengan memperbanyak amal baik dan juga memperbanyak sedekah kepada orang yang membutuhkan karena sejatinya harta di dunia tidak akan berharga kecuali dibelanjakan dalam jalan Allah. Orang yang bodoh adalah orang yang selalu mengikuti hawa nafsunya sehingga dia terjerumus dalam godaan setan.

Itulah beberapa informasi seputar alasan atas jawaban pertanyaan kenapa Allah SWT merahasiakan kematian? Ternyata semua itu bertujuan agar manusia selalu mengingat datangnya ajal sehingga selalu melakukan amal baik dan menjauhi perbuatan maksiat.
1 Komentar untuk "Kenapa Allah SWT Merahasiakan Kematian?"

Singkatnya, kalau kematian manusia(kiamatnya kecil manusia) dipahami dan diketahui oleh manusia, sama saja tidak ada KEHIDUPAN.

Back To Top