Fenomena Midnight Sun, Matahari di Tengah Malam

Fenomena Midnight Sun atau matahari di tengah malam memang tidak terjadi di seluruh belahan dunia, karena hanya beberapa negara tertentu saja yang mengalami fenomena yang indah ini. Hal ini pun rupanya juga tidak selalu terjadi alias setiap hari karena ada musim tertentu di mana fenomena ini akan muncul. Tidak salah lagi, fenomena ini menjadi daya tarik bagi banyak turis yang penasaran dengan adanya matahari saat malam sudah tiba. Untuk mengenal fenomena alam yang merupakan satu dari sekian banyaknya kebesaran Tuhan, simak penjelasannya berikut ini.

Fenomena Midnight Sun, Matahari di Tengah Malam

Fenomena Midnight Sun, Matahari di Tengah Malam di Norwegia dan Kutub Utara
Fenomena alam yang luar biasa bila mendengar soal matahari yang muncul di tengah malam, namun diketahui bahwa fenomena tersebut hanya terjadi di lintang utara dekat Lingkaran Arktik atau Kutub Utara serta di Norwegia dan hanya pada musim panas saja di mana waktu malam sudah larut pun masih ada matahari saat cuaca cerah di waktu lokal. Itulah alasannya mengapa ada banyak turis yang berbondong-bondong datang di bulan Mei ke Nordkapp, Hammerfest, Bodo, dan Tromso untuk menikmati pemandangan langka tersebut. Rata-rata turis dari Eropa Tengah dan Asia-lah yang datang berkunjung berwisata ke daerah-daerah tersebut.

• Tromso termasuk di daerah lingkaran Kutub Utara dan merupakan sebuah kota besar terakhir yang letaknya ada di 69 derajat 40’ lintang utara di mana matahari terbenam dang akan terbit di cakrawala kota ini setiap bulan kelima.

• Midnight sun di Norwegia nyatanya juga populer, apalagi tepatnya di daerah Svalbard. Saat matahari terbit atau sunrise waktu kita bangun pagi di sana, langit masih gelap dan hal ini biasanya terjadi mulai dari tanggal 19 April dan terus berlanjut sampai 23 Agustus.

• Selain dari kedua wilayah tersebut, negara lain yang diketahui bisa merasakan fenomena ajaib ini adalah Islandia, Rusia, Finlandia, Swedia, Denmark, Amerika Serikat, dan Kanada. Bagian utara lingkaran Arktik memiliki seperempat kawasan Finlandia.

Ada beberapa informasi yang perlu kita ketahui bagaimana bisa malam hari pun matahari selalu ada dan di beberapa wilayah malah tidak bisa melihat matahari terbit di pagi hari selama beberapa lama.

• Fenomena matahari di malam hari sebenarnya adalah matahari yang muncul selama 24 jam dan intinya tidak pernah tenggelam sehingga pada saat malam tiba, masih bisa melihat matahari yang sangat terang itu, apalagi kalau di horizontal.

• Matahari di tengah malam bisa dinikmati kalau malamnya cuaca cerah alias tidak berawan.

• Di daerah Kutub Utara fenomena ini bertahan selama enam bulan, jadi bisa dibayangkan bahwa selama itu tidak ada pergantian malam dan siang.

Dampak Fenomena Midnight Sun
Keadaan matahari tengah malam tampaknya ajaib, luar biasa, dan menyenangkan untuk menikmatinya, tapi ada dampak yang perlu diketahui dari fenomena alam satu ini, yaitu midnight sun dapat membuat orang dengan mudah kehilangan mood dan menyebabkan cepat marah. Hal ini cukup wajar karena bisa dibayangkan betapa matahari terus bersinar selama sehari penuh 24 jam sehingga temperamen seseorang bisa meningkat.

Bagi orang-orang Islam di sana mungkin harus bersabar lebih lama, terutama saat tengah berpuasa karena sudah bisa dipastikan kalau waktu siang di sana memang lebih lama daripada di Indonesia. Mungkin hal ini yang ditunggu-tunggu para turis, tapi sebenarnya bagi orang-orang yang tinggal di daerah yang bisa merasakan midnight sun, bukanlah hal yang menyenangkan ketika mengalami fenomena Midnight Sun, matahari di tengah malam.
0 Komentar untuk "Fenomena Midnight Sun, Matahari di Tengah Malam"

Back To Top