Apakah Hewan Juga Bermimpi Saat Tidur?

Apakah hewan juga bermimpi saat tidur? Ini dia penjelasan yang bisa didapat karena beberapa orang pasti penasaran dengan hal ini, apakah hewan pun bisa bermimpi seperti manusia saat mereka tidur. Seorang peneliti bernama Jason G. sudah mencoba untuk menjelajah ke alam pikiran beberapa hewan, seperti burung-burung dan kucing-kucing saat mereka tengah tidur. Ternyata fase tidur tidak hanya dialami oleh manusia, tapi juga hampir segala jenis hewan di dunia, entah itu yang hidupnya di darat, udara, atau air seperti yang dikemukakan di “On Sleep and Sleeplessness” karya Aristoteles.

Apakah Hewan Juga Bermimpi Saat Tidur?

Apakah Hewan Juga Bermimpi Saat Tidur? Ini Penjelasannya
Ada beberapa jenis hewan yang disebutkan memiliki fase tidur dan bisa bermimpi layaknya manusia, yaitu domba, aye, lembu jantan, anjing, dan kuda serta segala hewan yang memiliki empat kaki dan melahirkan anak seperti yang tertulis di “The History of Animals”. Di situ juga dijelaskan bahwa dalam tidur mereka, anjing akan menggonggong ketika sedang bermimpi. Teori yang dinyatakan oleh Aristotle tidaklah sepenuhnya salah meski memang teknik riset masih belum terlalu canggih.

Ternyata para ahli sains melakukan dua cara dalam mendapatkan bukti bahwa dalam fase tidurnya, hewan-hewan pun bisa bermimpi, yaitu:

• Mengamati hewan tertentu ketika mereka tengah tidur bisa menguak misteri mimpi hewan ketika mereka tidur. Setiap hewan memiliki perilaku fisik yang berbeda dalam proses siklus tidur mereka dan hal inilah yang perlu diobservasi.

• Melihat apakah otak hewan saat tidur tetap bekerja seperti otak manusia.
Seorang peneliti yang berasal dari Perancis di tahun 1965 pernah menemukan bahwa seekor kucing bisa dicegah menjadi lumpuh saat kondisi REM jika selaput yang merupakan bagian dari batang otaknya dipindahkan. Kucing yang tadinya dikira bakal diam berbaring ternyata malah agresif perilakunya dan terus berjalan. Kepala mereka pun melakukan gerakan yang diduga tengah mengikuti stimulus. Intinya adalah aktivitas saat mereka bangun dimimpikan oleh kucing dan bahkan juga anjing.

Apakah hewan bermimpi ketika tidur? Masih ada lagi yang diteliti oleh para ahli sains selain dari gerakan fisik pada kucing tersebut, yaitu dengan metode manusiawi di mana saat hewan sedang tidur, maka peneliti berjelajah ke aktivitas kimia dan elektronika dari sel otak mereka untuk mendapatkan jawabannya. Setelah kucing, ada burung-burung juga yang diteliti pada fase tidurnya dan ahli sains bernama Dave serta Margoliash mengamati dan mendapatkan hasil bahwa tidaklah acak seluruhnya pada rangsangan dari sel-sel itu. Seekor burung pipit zebra finch bahkan diketahui melatih lagu waktu mereka tengah tidur karena ada nada-nada yang dinyanyikan.

Otak burung pipit tersebut diteliti dan dipantau. Faktanya, burung-burung tersebut tidaklah dilahirkan dengan otak yang penuh dengan melodi lagi, tapi anehnya mereka seperti tengah melatih melodi atau nada lagu yang dinyanyikan oleh mereka. Untuk bisa mendapatkan hasil lagu lengkap dari awal hingga akhir, potongan dari pola elektronika dicoba untuk disatukan.

Apakah hewan bisa bermimpi? Bahkan melihat beberapa penelitian di atas, belum bisa dipastikan apakah memang hasil riset ilmiah tersebut bisa dikategorikan sebagai mimpi. Pertanyaan-pertanyaan tentang apakah hewan bermimpi dan kira-kira apa mimpinya sungguh sangat sulit mendapatkan jawabannya karena hal tersebut hampir sama dengan pertanyaan tentang kesadaran.

Mau seberapa banyak dan seberapa sering penelitian dilakukan terhadap hewan apapun, tampaknya masih tidak membantu meski sudah ada hasil perilaku yang didapatkan. Namun, untuk menjawab pertanyaan apa hewan juga bisa mimpi layaknya manusia masih menjadi misteri. Menurut Anda, apakah hewan juga bermimpi saat tidur?
0 Komentar untuk "Apakah Hewan Juga Bermimpi Saat Tidur?"

Back To Top