Ini Bahaya Bila Keseringan Mengupil

Mengupil adalah salah satu kegiatan yang pastinya dilakukan oleh semua orang. Beberapa orang menganggap bahwa hal ini adalah menjijikan. Namun, ada juga yang melakukannya rutin setiap hari. Bahkan ia sering mengupil dalam sehari. Padahal, sering mengupil memberikan bahaya. Ini bahaya bila keseringan mengupil.

Ini Bahaya Bila Keseringan Mengupil

Ini Bahaya Bila Keseringan Mengupil yang Harus Diketahui
Mengupil merupakan kegiatan yang tidak bisa dijelaskan oleh ilmiah. Namun, sampai sekarang kegiatan ini masih saja dilakukan. Bahkan ada beberapa orang yang menganggapnya sebagai suatu kenikmatan. Sehingga membuatnya sering mengupil. Bagi Anda yang suka mengupil, berikut bahaya keseringan ngupil:

1. Merontokkan bulu hidung
Dalam hidung mempunyai bulu-bulu halus yang berfungsi untuk menyaring udara luar yang kotor, seperti polusi udara. Udara mengandung berbagai kotoran kecil seperti debu yang ketika kita hidup, udara itu tersaring oleh bulu hidung dan itulah yang menyebabkan adanya upil. Jadi upil adalah kotoran yag dihasilkan dari proses penyaringan bulu hidung. Jika kita membersihkannya, maka hidung dapat bersih dari kotoran. Namun, jangan melakukan hal ini dengan keseringan. Terkadang ketika kita mengupil, ada satu atau lebih bulu hidung yang akan rontok. Semakin sering kita mengupil maka semakin banyak bulu hidung rontok. Sehingga proses penyaringan udara tidak dapat bekerja secara maksimal.

2. Gangguan pernapasan
Mengupil dilakukan dengan cara memasukkan satu jari ke dalam lubang hidung. Padahal, bisa saja jari tersebut tidak bersih, yakni mengandung beberapa kuman atauvirus yang dapat masuk ke dalam sistem pernapasan. Bahaya terlalu sering ngupil dapat menyebabkan beberapa gangguan pernapasan, seperti bersin-bersin, tenggorokan menjadi gatal, dan flu. Oleh karenanya, sebelum memasukkan jari ke dalam lubang hidung, pastikan terlebih dahulu jika jari kita dalam keadaaan bersih. Jika perlu cuci tanganlah dahulu.

3. Iritasi dan mimisan
Tidak hanya gangguan pernapasan. Dampak negatif lain yang didapatkan dari keseringan mengupil adalah iritasi dan mimisan. Bahkan jika mengupil dilakukan dengan keras. Apabila hal itu dilakukan maka lapisan dalam hidung dapat rusak sehingga membuatnya iritasi hingga mimisan. Oleh karenanya, jangan terlalu keras ketika mengupil.

4. Kematian
Meskipun mengupil adalah kegiatan yang cukup ringan bahkan sepela. Bahaya kebiasaan mengupil dapat menyebabkan kematian. Mungkin terdengar lucu, ketika kita mendengar bahwa mengupil dapat membuat orang mati. Tapi, dampak ini telah diteliti secara medis akan kebenarannya. Hidung mempunyai tulang yang bernama ethmoid. Tulang ethmoid berfungsi untuk memisahkan antara otak dan hidung. Jika kita mengupil terlalu sering dan dilakukan dengan cukup keras maka secara tidak sengaja kita dapat menusuk tulang tersebut. Akibatnya, tulang mengalami kebocoran sehingga cairan di dalam otak akan keluar. Parahnya, hal ini ternyata dapat menyebabkan seseorang terkena meningitis, salah satu penyakit berbahaya.

5. Membuat malu sendiri
Beberapa dampak di atas berkaitan dengan dunia medis dan kesehatan. Berbeda halnya dengan dampak yang satu ini. Keseringan mengupil tidak hanya membuat kesehatan kita terganggu tapi juga dapat membuat diri kita menjadi malu. Mengupil sering dilakukan dengan cara sembunyi-sembunyi. Jika hal ini diketahui atau dilihat orang lain, maka kita akan merasa sangat malu. Oleh karenya, ketika kita sudah ingin mengupil, maka kita harus mencari tempat yang sepi untuk melakukan hal ini untuk menjaga image dari orang lain.

Demikian ini bahaya bila keseringan mengupil. Meskipun kegiatan ini terlihat sepele, namun dampak terparahnya dapat membuat seseorang mati. Dampak ini pun bukanlah omong kosong belaka, tapi terdapat bukti medis yang mendukungnya. Oleh karena itu, perhatikanlah beberapa hal di atas sebelum kita mengupil.
0 Komentar untuk "Ini Bahaya Bila Keseringan Mengupil"

Back To Top