Merugilah Jika Anda Tidak Menyukai Ikan Lele

Siapa yang tidak tau dengan ikan lele, meskipun banyak yang mengatakan bahwa ikan lele itu menjijikkan namun tidak sedikit yang menyukai bahkan menggilai ikan lele dan berbagai variasi olahan ikan lele. Berbagai alasan dikemukakan mengenai betapa menjijikkannya ikan lele diantaranya lele hidup di lingkungan yang kotor dan lele mengkonsumsi limbah. Seiring meningkatnya daya konsumsi ikan lele, para peternak lele mulai membudi dayakan ikan lele secara modern. Dengan menggunakan kolam terpal dan airnya yang diganti setiap beberapa bulan sekali dan makanannya berupa pelet dan cacing sutera. Sehingga alasan ikan lele menjijikkan karena hidup ditempat yang kotor dan mengkonsumsi limbah dapat dibantah. Mungkin itu dulu tapi tidak sekarang.

Merugilah Jika Anda Tidak Menyukai Ikan Lele

Ikan lele memang banyak yang menggemarinya, sehingga tidak mengherankan bila banyak ditemui di restoran ataupun tempat makan lainnya yang menyajikan olahan ikan lele dengan berbagai variasi. Tidak hanya di Asia, ikan lele jua banyak dikonsumsi di Afrika, Amerika Timur dan Eropa. Meski rasa dan kualitas ikan lele dari berbagai negara bisa berbeda, namun ikan ini sebenarnya memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dibandingkan ikan jenis lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian, ikan lele memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dimana dalam 500 gram ikan lele dumbo sekitar 4-5 ekor, mengandung 8,4 gram lemak, 12 gram protein, 6,4 gram karbohidrat dan energi sebesar 149 kalori. Bahkan saat di olah, ikan lele liar mempunyai 0,333 gram asam lemak omega-3 sedangkan untuk ikan lele yang di budidayakan mempunyai kandungan 0,259 gram omega-3. 

Ikan lele yang dihasilkan dari budidaya, memiliki kandungan merkuri yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan ikan lele liar dikarenakan asupan makanannya khusus. Dikatakan bahwa ikan lele hasil budi daya memiliki kandungan asam amino 3 yang lebih sedikit namun tinggi asam amino 6. Asam lemak ini bila dikonsumsi diduga mampu mengurangi resiko kanker tertentu, radang sendi serta menjaga kesehatan mental.

Dari hasil penelitian selanjutnya, ditemukan bahwa manfaat dari omega-3 adalah dapat menurunkan tekanan darah, membantu merawat kulit dari ekzema dan dermatis dan berperan dalam pembentukan cerebral cortese otak. Hal ini sangat berguna bagi yang suka melakukan aktivitas olalahraga berat ataupun aktivitas yang membutuhkan energi yang besar. Dampak dari kekurangan asam omega 3 yaitu menurunnya penglihatan dan kecerdasan. 

Selain itu, ikan lele juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, magnesium, natrium dan zinc. Dan ikan lele juga kaya vitamin D.

Keunggulan ikan lele jika dibandingkan dengan sumber hewani lainnya yaitu kaya akan lisin dan leusin. Lisin merupakan salah satu sumber asam amino esensial yang dibutuhkan untuk penyerapan kalsium dan pertumbuhan serta perkembangan tulang pada anak, selain itu lisin juga dapat menghasilkan hormon, enzim, menghasilkan anti-body, pembentukan kolagen serta perbaikan jaringan yang rusak. Sedangkan leusin yang memiliki rumus kimia C6H13NO2 merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan menjaga keseimbangan nitrogen. Selain itu leusin juga berfungsi dalam pembentukan dan perombakan protein otot.

Namun terlalu banyak mengkonsumsi ikan lele juga tidak baik, meskipun memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Asam amino 6 atau omega 6 yang terdapat pada ikan lele rentan terhadap proses oksidasi dan dapat mempengaruhi proses pembekuan darah. Sehingga dapat meningkatkan resiko penggumpalan darah, kanker dan penyakit radang usus besar. 

Untuk dapat mengambil manfaat dari ikan lele serta mengurangi resikonya, sebaiknya batasi tingkat konsumsinya. Selain itu, variasikan olahan ikan dari jenis lain yang juga kaya kandungan gizi. Konsumsi ikan disarankan minimal dua kali seminggu. Untuk mengolah ikan lele, lebih baik dibakar atau dipanggang bila dibandingkan dengan cara menggoreng. Kandungan gizi ikan lele merupakan asupan protein hewani yang baik bagi tubuh. Pilihlah cara mengolah dan variasi olahan sehat sesuai selera agar dapat memaksimalkan manfaat ikan lele.
0 Komentar untuk "Merugilah Jika Anda Tidak Menyukai Ikan Lele"

Back To Top