Subhanallah, Inilah Keagungan Allah dalam Penciptaan Cicak

Setiap orang pastilah pernah melihat binatang cicak. Bahkan ada juga yang takut dengan cicak. Subhanallah, inilah keagungan Allah dalam penciptaan cicak. Siapa yang sangka ternyata dalam penciptaannya cicak memiliki keunikan tersendiri. Lalu apa yang menyebabkan ekor cicak itu menjadi ciptaan yang istimewa. Inilah artikel mengenai keunikan Cicak.

Subhanallah, Inilah Keagungan Allah dalam Penciptaan Cicak

Kita dapat melihat cicak di dinding atau sedang menempel di atas atap. Hal ini cukup menarik perhatian karena bagaimana bisa cicak melekatkan dirinya pada dinding atau atap. Banyak anak yang tertarik melihat keunikan cicak ini. Inilah keagungan Allah saat menciptakan cicak.

Cicak merupakan salah satu jenis hewan reptil atau melata. Hewan ini tergolong cukup mudah untuk dijumpai di berbagai tempat karena hampir di seluruh Indonesia terdapat hewan yang satu ini. Cicak berkembang biak dengan cara bertelur. Ia memiliki cakar dan suhu tubuh yang dingin. Seluruh tubuhnya diselaputi dengan sisik meskipun terasa halus ketika dipegang.

Hal yang menjadikan cicak cukup istimewa adalah yang dapat menempel di dinding atau di langit-langit tanpa harus takut jatuh. Ciptaan Allah yang satu ini memanglah menakjubkan. Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui mengapa seekor cicak bisa menempel di dinding atau atap. Apakah kakinya terdapat lem yang membuatnya bisa menempel di dinding. Tapi hal ini salah. Terdapat penjelasan lebih lanjut mengenai keagungan Allah di penciptaan cicak.

Kemudian misteri tentang hal ini diungkapkan oleh sekelompok peneliti yang berasal dari Universitas California. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mereka percaya bahwa kekuatan pada telapak kaki tersebut disebabkan oleh tenaga Van der Waals. Di dalam kaki cicak terkandung kumpulan bulu-bulu halus yang berjumlah sekitar 500 ribu. Bulu ini sangat kuat pada telapak kaki dan mengandung senyawa keratin seperti halnya pada rambut manusia. Bulu halus ini memiliki panjang beragam sekitar 30 sampai 130 mikrometer. Tebalnya juga cukup beragam sekitar sepersepuluh dari rambut manusia. Selain itu ada hal lain yang membuat istimewa yakni pada ujung bulu halus tersebut masih terbagi lagi menjadi bagian-bagian dengan bentuk seperti penyedot WC. Jadi tidaklah heran jika cicak dapat menempel di dinding atau atap.

Ketika cicak berjalan di dinding atau atap, maka bulu-bulu halus di telapak kaki cicak akan menempel dengan sempurna di mana ia hinggap. Telapak kaki tersebut juga dapat menahan tubuh cicak sehingga tidak dapat digoyahkan pada kondisi apapun. Hal ini sangatlah menakjubkan, kita tahu bahwa di kaki jika terdapat 500 ribu bulu halus, dimana bulu halus tersebut masih terbagi lagi dan terdapat banyak mangkuk penghisap di ujung kaki cicak.

Hal ini membuktikan betapa besar hikmah Allah dari terciptanya cicak. Allah telah menciptakan apa yang ada di Bumi, langit dan di antaranya. Dia menciptakan manusia, tumbuhan, hewan dan makhluk lain dengan begitu sempurna karena Allah adalah sebaik-baik pencipta. Allah selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi setiap ciptaan-Nya, termasuk hewan. Di sini banyak orang yang mengabaikan akan adanya cicak bahkan ada yang menghindarinya karena merasa takut. Tapi siapa sangka seekor cicak yang dianggap menggelikan mempunyai daya tarik tersendiri sebagai ciptaan Allah.

Subhanallah, inilah keagungan Allah dalam penciptaan cicak. Sebagai seorang muslim hendaknya kita semakin menambah keimanan terhadap Allah. Hanya kepada Allah lah kita patut untuk bersyukur dan menyembah karena Dia lah yang menciptakan segala di alam semesta ini.
0 Komentar untuk "Subhanallah, Inilah Keagungan Allah dalam Penciptaan Cicak"

Back To Top