Wahai Anak Lelaki, Lakukanlah Ini Ketika Orang Tua mu Meninggal

Kematian adalah rahasia Allah yang tidak diketahui oleh satu pun ciptaan-Nya. Umur muda tidak menjamin kita untuk dapat hidup lebih panjang daripada orang tua. Pada suatu saat bisa jadi kita yang mengalami kematian terlebih dahulu. Namun, bisa juga orang tua yang akan pergi mendahului kita. Wahai anak lelaki, lakukanlah ini ketika orang tua mu meninggal.

Wahai Anak Lelaki, Lakukanlah Ini Ketika Orang Tua mu Meninggal

Orang tua adalah orang yang sangat berjasa bagi kita. Ibu yang rela mengorbankan nyawanya ketika melahirkan kita. Dan seorang ayah rela banting tulang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Namun, tidak sampai di situ pengorbanan mereka. Masih banyak lagi hal-hal yang harus dilakukan oleh anak laki-laki ketika orang tuanya meninggal. Sebagai anak yang baik kita harus senantiasa berbakti kepada mereka. Meskipun hal itu tidak dapat membalas segala kebaikannya, tapi itulah yang bisa kita lakukan. Sedikit kebaikan yang kita berikan kepada mereka, sudah merupakan suatu kebahagiaan luar biasa yang mereka harapkan.

Namun, orang tua tidak dapat menemani kita sepanjang hidup karena pada akhirnya semua orang akan mengalami mati. Begitu juga dengan orang tua kita. Apabila orang tua kita telah tiada maka kita harus melakukan hal-hal tertentu sebagai bukti cinta kita kepada mereka. Ketika orang tua kita sudah tiada, maka kita harus mengantarnya sampai tempat peristirahatan terakhirnya. Namun tidak hanya itu, jika kamu adalah seorang laki-laki maka ada hal yang harus dilakukan anak lelaki saat orang tua meninggal. Turunlah langsung ke dalam liang lahat dan bukalah keranda yang menutupi jenazah orang tuamu. Setelah itu, terimalah orang tua dan letakkan dengan pelan-pelan dan halus. Kemudian, miringkan orang tuamu ke arah kiblat dan beri setumpukan tanah yang diletakkan di belakang lehernya agar tidak membalik. Peganglah dia dan bayangkan ketika mereka pertama kali menyentuh tanganmu, ketika mereka mengurusimu, memandikanmu, dan mendidikmu selama ini. Hal tersebut wajib dilakukan anak lelaki saat orang tua tiada.

Kuatkan hati untuk melafalkan adzan di samping telinga orang tuamu. Pada saat itu akan terlintas bahwa kita sebagai anak tidak dapat memberikan suatu benda atau harta apapun untuk menemani mereka di sana. Bahkan kita pun tidak dapat menemaninya. Hanya amal mereka dan doa anak sholeh dan sholehah yang dapat mengangantarkannya ke surga Allah. Jangan mengeluh atau meratapi kejadian itu. Bersedih boleh, tapi jangan sampai menyalahkan takdir dan sedih berlarut-larut karena hal tersebut tidak akan berguna. Berdoalah setelah sholat tiap hari. Mohonkan ampun pada Allah atas dosa-dosa mereka selama masih hidup. Doakan agar dilapangkan jalannya menuju surga Allah.

Pada awalnya, kita akan merasa berat untuk melepaskan orang tua kita. Karena hampir setiap hari kita bertemu dengannya, bercanda, tertawa dan sedih bersama. Mereka selalu mendoakan untuk kebaikan kita. Namun, hal ini tidak dapat dijadikan sebuah alasan untuk mengeluh atau menyalahkan takdir. Hanya berdoalah yang dapat kita lakukan untuk membantu mereka dalam akhirat. Buktikan kepada mereka bahwa mereka adalah sebaik-baik orang tua karena dapat mendidik anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Demikianlah wahai anak lelaki, lakukanlah ini ketika orang tua mu meninggal. Selama orang tua masih hidup, jangan pernah membantah ataupun menyakiti hati orang tua. Karena banyak hal yang telah mereka korbankan demi anak tercintanya. Berbuat baik dan menurut atas apa yang ia katakan sudah menjadikan kita anak yang berbakti pada orang tua. Jangan sampai kita merasakan penyesalan karena penyesalan akan datang terlambat. 
0 Komentar untuk "Wahai Anak Lelaki, Lakukanlah Ini Ketika Orang Tua mu Meninggal"

Back To Top