Menangislah, Air Matamu Dapat Memadamkan Api Neraka

Apakah Anda pernah mendengar pernyataan menangislah karena air matamu dapat memadamkan api neraka? Artikel ini akan membahas pernyataan bersangkutan baik dari sisi agama maupun sisi ilmu pengetahuan mengenai penemuan terhadap jenis air mata. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini.

Menangislah, Air Matamu Dapat Memadamkan Api Neraka

Menangislah Karena Air Matamu dapat Memadamkan Api Neraka
Perlu diketahui bahwa peneliti menyatakan ada dua jenis air mata, yaitu air mata yang mengandung racun maupun yang tidak mengandung racun. Air mata yang tidak mengandung racun merupakan air mata yang tumpah bukan karena kesedihan, melainkan karena terpercik bahan makanan pedas seperti bawang atau cabai dan karena menguap saat mengantuk. Tentu saja bukan air mata ini yang dimaksud air mata yang dapat memadamkan api neraka. Sebaliknya, air mata yang mengandung racun merupakan air mata yang muncul diakibatkan kekecewaan maupun kesedihan. Menurut peneliti pula air mata jenis ini harus dikeluarkan karena mungkin berdampak tidak baik bagi kesehatan lambung serta psikologis orang yang menangis. Secara psikologis, menangis itu dianggap indah serta merupakan simbol kejujuran. Menangis juga harus dinikmati sebab tidak selamanya seseorang bisa menangis.

Walaupun banyak orang yang kerap menangis dicap cengeng, tentu saja menangis terhadap Tuhan berupa air mata penyesalan bukan hal cengeng. Justru yang cengeng itu menangis karena seorang manusia atau makhluk lainnya. Hal ini justru diharapkan dari seorang Muslim yang telah melakukan perbuatan tidak berkenan di hati Allah. Jika seseorang menangis karena merindukan atau mengingat Tuhannya, maka air mata akan melancarkan jalan orang tersebut ke surga. Terlebih lagi tangisan seseorang yang telah merasa bersalah dan ingat akan dosa-dosanya. Dosa dibasuh oleh air mata tersebut sehingga air mata inilah yang disebut-sebut mampu memadamkan api di neraka.

Nabi Muhammad SAW bahkan pernah menyatakan bahwa air mata yang haram untuk masuk ke neraka merupakan air mata seseorang yang tak tidur semalaman karena perjuangan fisabilillah dan yang menangis sebab takut Allah SWT akan mendapatkan tempat di surga. Tuhan pun dikisahkan memuji orang-orang yang menangis karena-Nya. Beberapa sufi diceritakan memiliki kebiasaan menangis sehingga wajah dan mata mereka cacat karena terlalu sering menjatuhkan air mata. Saat menangis, mereka ini menyungkurkan wajah dan sholat mereka pun menjadi bertambah khusyuk. Hal inilah salah satu dampak positif dari menangis karena Allah SWT. Nabi Muhammad SAW juga pada akhirnya menegaskan, jika seseorang ingin menikmati surga di akhirat, jagalah lidah serta tangisilah dosa-dosa yang telah diperbuat.

Secara psikologis menangis juga akan membuat seseorang mengingat dosa-dosa yang telah diperbuatnya dan orang tersebut cenderung tak akan melakukan hal bersangkutan kembali di lain kesempatan. Orang yang menangis karena Allah umumnya menangis saat orang-orang sekitarnya tertawa bahagia. Akan tetapi, ketika seseorang bersangkutan meninggalkan dunia, maka dia tersenyum dan justru orang-orang di sekitarnyalah yang menangis menyesali kepergiannya. Hal inilah yang menyebabkan air mata baik adanya, karena air mata bisa mendekatkan seseorang dengan Tuhan-nya dan membuatnya selalu mengingat perbuatan baik Tuhan meskipun ia sering kali tetap melakukan dosa. Ingat, keluarkanlah air mata Anda untuk Allah jika memang Anda ingin menangis.

Berdasarkan informasi di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa air mata baik adanya untuk kesehatan seseorang dan hubungan orang bersangkutan dengan Tuhan. Jika Anda sedang merasa menyesal atau mengingat Tuhan, menangislah karena air matamu dapat memadamkan api neraka.
0 Komentar untuk "Menangislah, Air Matamu Dapat Memadamkan Api Neraka"

Back To Top