Rahasia Keistimewaan Shalat Ashar

Sebagai seorang muslim, kita mempunyai kewajiban untuk shalat fardhu yakni shalat lima kali sehari. Shalat tersebut merupakan tiang agama yang memiliki banyak keutamanan pada masing-masingnya, termasuk shalat ashar. Padahal beberapa orang justru meninggalkan shalat ashar karena aktivitas lainnya. Inilah rahasia keistimewaan shalat ashar yang harus anda ketahui.

Rahasia Keistimewaan Shalat Ashar

Sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk menunaikan ibadah shalat lima waktu. Setiap sholat sudah ditentukan waktu dan rekaatnya masing-masing. Salah satunya adalah shalat ashar. Tak sedikit orang yang menganggap remeh sholat ini dan belum mengetahui rahasia di balik waktu sholat ashar. Hal ini dikarenakan aktivitas yang belum selesai sehingga mereka akan menunda-nundanya. Bahkan ada juga yang meninggalkan shalat ini.

Dalam suatu hadist dijelaskan bahwa setiap ibadah shalat memiliki keutamaan, terutama shalat wustha. Para ulama mengatakan jika yang dimaksud dengan sholat wustha adalah shalat ashar. Ketika kita menunaikan shalat ashar dengan tepat waktu maka kita akan mendapatkan pahala dua kali lipat. Selain itu kita akan dihindarkan dari api neraka. Namun, tak sedikit yang suka menunda-nunda shalat ashar dengan alasan sedang sibuk. Orang yang seperti ini dianggap telah lalai dengan sholat. Allah telah memberikan ancaman bagi mereka yang lalai terhadap sholat atau bahkan meninggalkannya, yakni dengan menghapuskan segala amalan baik pada hari itu.

Rasulullah pernah menjelaskan bahwa seseorang yang dapat menunaikan shalat ashar meskipun itu hanya 1 rakaat dan kemudian masuk pada shalat berikutnya, maka sudah diterima shalat tersebut namun dengan 1 pahala saja. Tapi hal ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang sedang dalam keadaan darurat. Yang menjadi masalah di sini, banyak orang yang dengan sengaja menunda waktu shalat karena merasa masih ada waktu untuk menunaikannya. Padahal Allah sudah dengan menjelaskan rahasia keistimewaan sholat Ashar.

Ketika kita dengan sengaja meninggalkan shalat ashar ataupun tidak melaksanakan shalat secara sempurna yakni lima kali, maka kita akan kehilangan keluarga dan harta. Yang dimaksudkan keluarga dan harta di sini adalah amalan baik kita pada hari itu. Jadi perbuatan baik kita tidak akan dihitung. Hal ini sangatlah merugikan kita. Kita hanyalah manusia biasa yang tak luput dengan dosa. Bahkan kita selalu merasa kurang dengan perbuatan baik atau pahala. Terlebih jika kita meninggalkan shalat maka pahala kita akan semakin berkurang.

Sebagai orang yang beriman hendaknya kita tidak mengkhususkan salah satu waktu shalat karena semua itu sama-sama kewajiban yang harus dilakukan. Selain untuk memperberat timabangan amal baik kita, menunaikan shalat secara sempurna dapat menjauhkan kita dari panasnya api neraka. Bahkan hal ini dijamin oleh Allah jika kita akan dihindarkan dari neraka.

Manfaat dan rahasia di balik shalat Ashar ini perlu diperhatikan karena masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Setelah kita tahu, maka haram bagi kita untuk melalaikannya lagi. Karena orang yang beruntung adalah orang yang bisa menjadi lebih baik dari kemarin. Selain shalat wajib, masih banyak ibadah lainnya yang dapat kita lakukan, seperti melaksanakan shalat sunnah, puasa, sedekah, zakat dan masih banyak lagi. Allah telah memberikan banyak peluang bagi kita untuk menabung amal baik untuk bekal di hari akhir. Maka perbanyaklah untuk melakukan amalan baik di dunia selagi masih hidup.

Demikian inilah rahasia keistimewaan shalat ashar yang dapat menjadikan kita lebih baik dari kemarin. Shalat dilakukan bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban. Rugi bagi kita jika hanya melakukannya karena diwajibkan. Karena banyak ladang pahala yang bisa kita dapatkan dari ibadah shalat tersebut.
0 Komentar untuk "Rahasia Keistimewaan Shalat Ashar"

Back To Top